11 Tanggal Penting Sejarah dan Pergolakan Melawan Penjajah Di Indonesia

Penjajahan dan Pendudukan yang pernah ada di Indonesia


Menurut catatan sejarah penulis sibatakjalanjalan.com , tanggal-tanggal penting sejarah akan pergolakan melawan penjajah yang pernah ada di Indonesia sangat penting untuk kita ketahui bersama. 
Selain menjadi bagian informasi penting perjuangan bangsa ini, Indonesia. 11 Tanggal-tanggal penting tersebut menjadi hari-hari penting sebagai bentuk penghargaan pada pahlawan-pahlawan Negara yang pernah berjuang untuk bangsa ini, Indonesia. Merdeka.

11 tanggal penting sejarah dan pergolakan melawan penjajah di indonesia


    1. Bandung Lautan Api, di Bandung tanggal 23 Maret 1945. Tentara Keamanan Rakyat (TKR) melawan Sekutu yang diboncengi Belanda. Dalam peristiwa ini Sekutu membakar kota Bandung.
    2. Peristiwa Bojong Kokosan, di Sukabumi tahun 1945. Tentara Rakyat Indonesia (TRI) melawan Sekutu.
    3. Insiden Bendera di Hotel Yamato, Surabaya tanggal 19 September 1945. Pemuda-pemuda Indonesia menurunkan bendera Belanda diganti dengan bendera Sang Merah Putih.
    4. Pertempuran Lima Hari di Semarang, tanggal 14-20 Oktober 1945. TKR melawan Jepang, Dr. Kariadi gugur dalam peristiwa ini.
    5. Pertempuran 10 November di Surabaya, tanggal 10 November 1945. TKR di bawah pimpinan Bung Tomo melawan Sekutu yang datang dengan membawa Belanda. Dalam peristiwa ini pimpinan Sekutu Jenderal Mallaby dinyatakan hilang.
    6. Pertempuran Medan Area di Medan, tanggal 10 Desember 1945. TKR di bawah pimpinan Achmad Tahir melawan Sekutu.
    7. Pertempuran Ambarawa, di Ambarawa tanggal 12 Desember 1945. TKR di bawah pimpinan Kolonel Sudirman melawan Sekutu.
    8. Puputan Margarana di Denpasar (Bali), tanggal 18 November 1946. TRI di bawah pimpinan 1 Gusti Ngurah Rai melawan Belanda. I Gusti Ngurah Rai gugur dalam peristiwa ini.
    9. Peristiwa Westerling di Sulawesi Selatan, tahun 1949. TRI di bawah pimpinan Wolter Monginsidi melawan NICA. Dalam peristiwa ini terjadi pembunuhan massal sekitar 40.000 penduduk oleh Westerling.
    10. Pertempuran Laut di Teluk Cirebon, tanggal 5 Januari 1947. Angkatan Laut Republik Indonesia (ALRI) melawan Belanda. Dalam peristiwa ini Letnan Samadikun gugur dan KRI Gajah Mada tenggelam.
    11. Serangan Umum di Yogyakarta, tanggal 1 Maret 1947. TNI dibawah pimpinan Kolonel Seoharto (mantan Presiden RI) melawan Belanda.

Baca juga tentang :

Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1