Bagaimana Proses Melamar hingga Perekrutan di StartUp dan Pertanyaan Umum seputar dunia Kerja Fulltime, Magang/Internship

Alur Proses dapat Bekerja di StartUP dan Pertanyaan Umum menjadi pekerja Fulltime dan Magang


Bekerja di StartUP merupakan impian dari semua Tekno antusias atau para penggemar teknologi. Ada yang menjadikannya sebagai tren, dan banyak juga yang mengidolakan bekerja di StartUP merupakan cita-cita. Namun apapun yang teman-teman sibatakjalanjalan jadikan alasan untuk segera bekerja di startup, semoga itu merupakan pekerjaan yang mulia.

bagaimana proses melamar hingga perekrutan di startup dan pertanyaan umum seputar dunia kerja fulltime magang internship


Lalu bagaimana sebenarnya alur dan proses seseorang dapat bekerja di StartUP ? tentu penasaran bukan. Namun sebelum penulis membagikan tulisan ini, ada baiknya teman-teman juga ketahui tidak selalu persis seperti apa yang akan penulis bagikan. Bisa lebih lama atau bahkan leboh cepat.

Proses Perekrutan Bekerja di StartUP

Pada dasarnya proses perekrutan untuk dapat bekerja di StartUP sama seperti proses perekrutan pada umumnya, yaitu :
1. Melamar posisi yang sesuai dengan yang teman-teman harapkan
2. Melakukan Wawancara baik secara langsung dan melalui telepon
3. Melakukan Tes Online (disesuaikan)
4. Wawancaa tatap muka dengan HR
5. Melakukan kesepakatan bekerja
Sama seperti proses melamar pekerjaan pada umumnya.


Pertanyaan Umum lowongan kerja Fulltime/Penuh Waktu di StartUP

1. Dapatkah saya melamar lebih dari satu lowongan pekerjaan pasa sebuah StartUP ?
Jawabannya adalah, bisa jadi Ya dan bisa jadi Tidak. Disesuaikan dengan kebutuhan StartUP itu sendiri. Pada umumnya StartUp besar dan memiliki lowongan ratusan pada umumnya dapat menerima lebih dari satu lowongan posisi kerja yang teman-teman sibatakjalanjalan.com daftarkan, namun pada startup ukuran kecil dan berkembang lebih sering penulis temui untuk teman-teman hanya boleh mendaftarkan 1 lowongan posisi pekerjaan saja.

2. Apabila saya ditolak pada satu posisi, dapatkah saya mendaftarkan ulang pada posisi tersebut ?
Ya tentu saja, selama posisi tersebut masih belum terpenuhi maka teman-teman sibatakjalanjalan.com masih dapat terus mencoba dan memperbaiki diri agar sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

3. Bagaimana saya tahu bahwa lamaran pekerjaan yang saya daftarkan ditolak ?
Pada umumnya, perusahaan yang baik tidak hanya pada kalangan StartUP saja akan mengkonfirmasi update dari hasil wawancara kerja yang telah teman-teman sibatakjalanjalan.com lakukan, baik melalui email dan media informasi lainnya.

4. Mengapa ada wawancara tatap muka dan seberapa banyak dilakukan ?
Wawancara tatap muka dilakukan untuk teman-teman sibatakjalanjalan dapat menunjukkan kemampuan dan keterampilan yang teman-teman miliki. Pada wawancara tatap muka juga diajukan pertanyaan seputar perilaku, hipotesis dan atau studi kasus yang sesuai dengan lowongan kerja yang teman-teman lamar. Untuk jumlah tahapan wawancara tatap muka sangatlah bervariasi.

5. Saat hendak melakukan wawancara dengan waktu yang ditentukan, saya mengalami masalah yang tidak terduga sehingga tidak dapat melakukan wawancara, apa yang harus saya lakukan ?
Hal-hal dapat terjadi kapan saja, hal baik dan hal yang kurang baik. Ada baiknya jika teman-teman dapat langsung melakukan konfirmasi ketidakhadiran dan penjadwalan ulang untuk melakukan wawancara ulang kepada perekrut dan koordinator perekrutan.


Pertanyaan Umum lowongan kerja Internship/magang di StartUP

1. Saya tertarik dengan salah satu posisi magang di StartUP terkenal, namun saya telah lulus beberapa bulan yang lalu, apakah saya masih memenuhi persyaratan ?
Penulis sangat menyarankan untuk teman-teman sibatakjalanjalan.com untuk mendaftarkan diri pada lowongan kerja fulltime/penuh waktu saja. Karena dengan posisi fulltime/penuh waktu teman-teman akan penuh leluasa berkarya dan menghasilkan tugas-tugas yang lebih bermakna dengan kesempatan yang lebih luas untuk belajar.

2. Kapan waktu terbaik untuk melamar pekerjaan untuk magang/internship ?
Kapan saja selama kesempatan tersebut masih terbuka

3. Berapa lama saya dapat magang di StartUP dan berapa waktu minimalnya ?
Pada umumnya untuk dapat dikatakan pekerja magang, maka waktu yang dibutuhkan adalah minimal 3 bulan yang termasuk di dalamnya melakukan kerja proyek. Namun untuk beberapa kasus waktu magang dapat lebih lama dan memberikan kesempatan yang lebih baik ke depannya bagi teman-teman sibatakjalanjalan.com nantinya.

Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1