Cerita Rakyat "Raja Patuat Gaja"

Analisis Sosiologi Sastra Terhadap Cerita Rakyat "Raja Patuat Gaja" Di Desa Lumban Sianipar David C R Sianipar


Cerita rakyat Raja Patuat Gaja menjelaskan secara khusus kisah perjalanan Raja Patuat Gaja menemukan kekasih hatinya sampai berjuang untuk melewati berbagai tantangan dan rintangan saat mulai melamar Margidol.

Dalam cerita rakyat Raja Patuat Gaja memaparkan bahwa Raja Patuat Gaja merupakan seorang pemuda yang sangat setia kepada wanita yang dicintainya. Raja patuat gaja juga memiliki niat yang luar biasa, dimana Raja Patuat Gaja dapat memenuhi permintaan dari Ompu Tuan Namora.
 
Karena ketulusan hati dan dengan kesaktian Raja Sosunggulon, ia menemukan dan menjinakkan seekor gajah hingga membawa gajah tersebut dari hutan Pangaribuan menuju rumah Margidol untuk diberikan kepada ayah Margidol.

cerita rakyat raja patuat gaja

Dari cerita Raja Patuat Gaja menjadi awal mula hubungan antara Marga Sianipar dan Simanungkalit menjadi sangat erat, dan makam dari Raja Patuat Gaja yang menjadi sebagai bukti nyata dari akhir perjalanan Raja patuat gaja.

Dari hasil analisis yang dilakukan penulis dalam membahas cerita Raja Patuat Gaja, maka penulis mengambil beberapa kesimpulan sebagai berikut: Sosiologi dan sastra mempunyai hubungan yang erat, karena lahir dari masyarakat dan untuk masyarakat.

Sosiologi sastra mempelajari tentang kehidupan bermasyarakat khusunya budaya, salah satunya cerita rakyat, dimana cerita rakyat masih sangat berkaitan dengan kehidupan sosial masyarakat.

Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Bottom Ads