Besaran Gaji TKI di Jepang: Pengalaman Seorang Youtuber Indonesia

Besaran Gaji TKI di Jepang

Mengenal Jepang

Jepang merupakan negara kepulauan yang terletak di Asia Timur dan dikenal sebagai negara maju dengan teknologi yang berkembang pesat. Pulau-pulau utama Jepang adalah Pulau Hokkaido, Pulau Honshu, Pulau Shikoku dan Pulau Kyushu. Jepang juga menawarkan banyak peluang kerja bagi TKI dari berbagai sektor industri seperti sektor pabrik dan pertanian : Download Aplikasi Cek Daftar Gaji - GajiMu.

besaran gaji tki di jepang

Peluang Kerja dan Biaya Hidup di Jepang

Jepang merupakan salah satu negara yang baik bagi TKI untuk mencari nafkah. Selain itu, sebagai pekerja migran Indonesia (PMI), perlu memperhitungkan biaya hidup selama bekerja seperti tempat tinggal, makan dan minum, transportasi, komunikasi, belanja bulanan, kesehatan dan perawatan diri, dan hiburan/rekreasi. Setidaknya untuk memenuhi kebutuhan hidup di Jepang, Anda perlu mengeluarkan sebagian penghasilan Anda yang kurang lebih sebesar ¥202.245 per bulannya atau jika dirupiahkan setara dengan Rp22.000.000.

Gaji TKI di Jepang

Perhitungan gaji di Jepang berbeda dengan di Indonesia, dimana mereka memberlakukan perhitungan gaji berdasarkan jam kerja. Sebagai contoh, TKI yang bekerja di sektor pabrik diberi gaji ¥1.013 atau setara Rp110.000 setiap satu jamnya.

Keuntungan Menjadi TKI di Jepang

Menjadi TKI di Jepang memiliki banyak keuntungan seperti penghasilan yang tinggi dan suasana kota yang damai. Jepang mampu memberikan gaji rata-rata yang lebih tinggi dibanding negara lain. Hal ini menjadi alasan mengapa banyak TKI Indonesia yang tertarik bekerja di Jepang. 
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url