Apa Itu Apara dalam Bahasa Batak? Penjelasan dan Contoh Penggunaan Apara

Apa Itu Apara dalam Bahasa Batak?

Penjelasan Apara

Apara adalah istilah dalam bahasa Batak yang menunjukkan hubungan dekat antara orang Batak yang memiliki marga yang sama atau masih dalam lingkup pomparan dongan tubu. Apara memiliki arti 'Dongan Tubu', yang secara harfiah berarti 'darah yang sama'. Istilah ini digunakan ketika dua orang yang memiliki marga yang sama bertemu dan belum mengetahui silsilah mereka, sehingga mereka menggunakan istilah Apara/Ampara.

apa itu apara dalam bahasa batak penjelasan dan contoh penggunaan apara

Contoh Penggunaan Apara

Apara biasanya digunakan ketika dua orang yang memiliki marga yang sama bertemu di perantauan atau di luar daerah asal mereka. Misalnya, ketika Si A yang bermarga Siadari bertemu dengan Si B yang juga bermarga Siadari, mereka akan menggunakan istilah Apara karena mereka belum mengetahui silsilah antara satu dengan yang lain. Namun, setelah mereka saling martarombo, mereka akan mengetahui silsilah mereka dan dapat menggunakan panggilan yang sesuai, seperti anggi partubu atau opung.

Penggunaan Apara pada Marga Lain

Meskipun istilah Apara lebih tepat digunakan hanya untuk sesame marga, banyak orang Batak yang menggunakan istilah ini kepada marga yang masih dalam lingkup pomparan dongan tubu mereka. Beberapa alasan penggunaan istilah Apara pada marga lain termasuk factor umur atau rasa sungkan dalam memanggil panggilan yang lebih sesuai.

Deskripsi Penelusuran

Apa itu Apara dalam bahasa Batak? Penjelasan dan contoh penggunaan Apara dalam kehidupan sehari-hari orang Batak. Pelajari makna dan cara penggunaan istilah Apara dalam pomparan dongan tubu orang Batak.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url