Mengapa Minum Tuak Sangat Digemari oleh Orang Batak?

Apa itu Tuak?

Produksi Tuak

mengapa minum tuak sangat digemari oleh orang batak

Tuak dalam Upacara Adat

Suku Batak mempunyai minuman tradisional yang bernama tuak. Namun, tak jarang, masalah-masalah muncul usai meminum tuak karena mengandung alkohol. Bagaimana tuak dalam masyarakat Batak? Berikut adalah faktanya. Apa itu Tuak? Tuak adalah minuman khas masyarakat Batak yang berasal dari enau atau arenga pinnata. Selain dijadikan minuman bagi laki-laki yang berkumpul di kedai pada sore hari, tuak dalam masyarakat Batak juga berguna bagi wanita yang baru melahirkan agar cepat sembuh.

Produksi Tuak

Untuk menghasilkan tuak, terdapat proses yang panjang. Paragat, sebutan penyadap tuak, akan memukul tandan berulang-ulang dengan alat dari kayu yang disebut balbal-balbal selama beberapa minggu. Kemudian, paragat akan memotong mayangnya dan membungkus ujung tandan tersebut dengan obat (kapur sirih atau keladi yang ditumbuk) selama dua hingga tiga hari. Dari sana, kemudian air nira keluar dan ditampung.

Tuak dalam Upacara Adat

Tuak juga memiliki posisi dalam upacara adat Batak. Kepercayaan Batak tradisional membuat tuak sebagai sajian untuk roh-roh nenek moyang atau orang yang sudah meninggal. Awalnya, keberadaan tuak hanya dijadikan minuman pada upacara adat resmi, seperti manuan ompu-ompu dan upacara manulangi hingga pada acara adat mangokkal holi.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url