19 Destinasi Wisata di Kabupaten Batubara Informasi Lengkap dengan Alamat

Informasi Destinasi Wisata Di Batubara Lengkap Dengan Alamat


Kabupaten Batu Bara merupakan salah satu kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Asahan, pada tanggal 15 Juni 2007 Kabupaten Batubara disahkan dan beribukota di Kecamatan Limapuluh.

Mungkin bagi teman-teman traveler/wisatawan atau yang suka ngulik dan jalan-jalan akan sedikit sulit membedakan mana Kabupaten Asahan dan Kabupaten Batu Bara juga tempat-tempat wisatanya.

Namun teman-teman tidak perlu khawatir, karena di situs SibatakJalanJalan.com selalu memberikan informasi yang valid dan merupakan fakta. Jadi teman-teman tidak akan ketinggalan informasi dan bahkan mendapat informasi yang salah. Hehe .

Oke, untuk teman-teman yang di waktu liburan nanti sudah merencakan kunjungan jalan-jalannya ke Sumatera Utara atau sedang berada di Kabupaten Batubara. 

SibatakJalanJalan punya segudang informasi untuk teman-teman pembaca jadikan sebagai referensi jalan-jalan nantinya. Adapun objek wisata ini akan SibatakJalanJalan lengkapi dengan alamat dan informasi valid lain. 

Oh iya jangan lupa dukung terus SibatakJalanJalan.com ya teman-teman dengan cara SHARE/BAGIKAN dan SUBSCRIBE/LANGGANAN untuk mendapat pemberitahuan terbaru dari SibatakJalanJalan.com .


Sebagai informasi tambahan sebelum SibatakJalanJalan membawa teman-teman berjalan-jalan di Kabupaten Batubara ini. SibatakJalanJalan ingin memberitahu bahwa, berbeda dengan Kabupaten Asahan yang didominasi tempat wisata dengan pesona alam air terjun dan sungai. 

Di Kabupaten Batubara yang merupakan hasil pemekaran dari Kabupaten Asahan ini, tempat wisatanya didominasi oleh pesona alam laut dan pantai.

    1.      Benteng Jepang


benteng jepang batubara
Sumber gambar : rihlahsumatera.com


Bangunan ini dapat teman-teman jadikan sebagai referensi apabila teman-teman sedang ingin mengunjungi bangunan bersejarah pada masa-masa Indonesia menuju kemerdekaan. Benteng Jepang ini berada di alamat Desa Perupuk, Kecamatan Lima Puluh, Sumatera Utara . Untuk ukuran bangunan Benteng Jepang ini memiliki ukuran luas 4,8 x 2,6 meter.

    2.      Danau Citra Panupalas


danau citra panupalas batubara
Sumber gambar : william mandala


Danau ini berada di alamat Panupalas, Lalang, Medang  Deras, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara . Di danau yang luas ini tersedia juga tempat rekreasi keluarga dan cocok untuk jadikan sebagai referensi piknik bersama seluruh anggota keluarga.

    3.      Danau Lau Tador

danau laut tador batubara
Sumber gambar : instagram.com


Jika Benteng Jepang di Kabupaten Batubara yang sebelumnya teman-teman baca, sarat akan  makna sejarah. 

Maka Danau Lau Tador memiliki cerita yang menarik juga. Setidaknya ada 3 (tiga) jenis legenda yang SibatakJalanJalan ketahui menceritakan bagaimana terjadinya Danau Lau Tador, dan tentu cerita ini berasal dari cerita rakyat yang mengisahkan putri raja, anak semata wayang dan kompilasi keduanya sebagai cerita ketiga. 

Diceritakan bahwa Tador (pemeran utama) ditinggal pergi oleh keluarga dan atau raja(ayah dari putri tersebut) sehingga menangis sejadi-jadinya dan menenggelamkan seluruh permukiman Tador.
Keindahan Danau Lau Tador dapat teman-teman jadikan sebagai referensi pilihan apabila tidak dapat sesegera mungkin menikmati keindahan Danau Toba dan jika kebetulan juga berada di Kabupaten Batubara. 
Teman-teman dapat mengunjungi danau ini di alamat Desa Laut Tador, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara .

    4.      Danau Palas Asri

danau palas asri batubara
Sumber gambar : instagram.com


Berada di alamat Lalang, Medang Deras, Kabupaten Batu Bara, Sumatera Utara . Di Danau Palas Asri ini beberapa waktu yang lalu sering dijadikan tempat perlombaan, dan memang Danau Palas Asri selalu ramai dikunjungi pengunjung. 

Jadi jika teman-teman hendak berkunjung setidaknya sudah memperhitungkan apabila menemui keramaian saat jalan-jalan ke Danau Palas Asri terutama di akhir tahun dan libur nasional.

    5.      Dogi Park Waterboom Indrapura

dogi park waterboom indrapura batubara
Sumber gambar : sawentiaic.blogspot.com


Di taman wisata bermain ini teman-teman pembaca akan dapat mencoba beberapa hal-hal baru dan unik yang mungkin belum teman-teman temui di taman bermain wisata air lainnya. Seperti kolam ombak, spot selfie rumah terbalik, taman miniatur dunia, lukisan 3D, kolam renang, dusun salju dan lain sebagainya. 

Untuk teman-teman pembaca yang tertarik ingin mengunjungi Dogi Park Waterboom Indrapura dapat berkunjung langsung ke alamat Jalan H. Barus Siregar, Desa Tanjung Kubah, Air Putih, Kecamatan Indrapura, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara .

    6.      Istana Indrapura

istana indrapura batubara
Sumber gambar : instagram.com


Penduduk awal daerah Indrapura pada awalnya adalah suku Melayu, dan tentunya seperti yang kita ketahui bersama bahwa suku Melayu memiliki bentuk pemerintahan kerajaan yang dipimpin oleh seorang Sultan, bahkan jauh sebelum Indonesia merdeka. 

Suku Melayu ini kemudian memiliki banyak peninggalan di Kabupaten Batubara, contohnya adalah Istana Indrapura. Adapun pemerintah Kabupaten Batubara juga memerhatikan nilai-nilai sejarah dan peninggalan nenek-moyang suku Melayu ini. 

Maka SibatakJalanJalan menyarankan bagi teman-teman yang kiranya berkunjung ke daerah Batubara untuk juga berkunjung ke destinasi wisata yang penuh cerita peninggalan sejarah ini, yaitu Istana Indrapura. Teman-teman dapat langsung menuju alamat Dusun Satu, Kelurahan Tanah Merah, Kecamatan Air Putih Indrapura, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara .

    7.      Istana Niat Lima Laras

istana niat lima laras batubara
Sumber gambar : instagram.com


Istana ini menjadi unik karena memiliki perpaduan bangunan ciri khas dari suku Melayu, Eropa dan China. Dahulu Istana Niat Lima Laras menjadi pusat ekonomi, pemerintahan dan sosial pada masa kerajaan yang dipimpin oleh Sultan masih berlaku. 

Dan penting untuk teman-teman ketahui bahwa Istana Niat Lima Laras ini memiliki 4 lantai dimana dalam Istana Niat Lima Laras terdapat 28 pintu dan 66 pasang jendela. 

Jika teman-teman tertarik untuk mengunjungi Istana Niat Lima Laras, maka teman-teman dapat langsung menuju alamat Desa Lima Laras, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara .

    8.      Kubah Datuk Batubara

kubah datuk batubara
Sumber gambar : instagram.com


Masih berkisah mengenai kerajaan dengan sitem kesultanan yang berada di Kabupaten Batubara. Di Kubah Datuk Batubara ini sering dijadikan para wisatawan lokal dan luar daerah lainnya sebagai destinasi wisata rohani, adapula yang bernazar untuk datang ke tempat yang menurut warga sekitar adalah tempat keramat. 

Jadi jika teman-teman kebetulan sedang ingin mengetahui tentang informasi sejarah kesultanan Melayu dan tempat-tempat bersejarah yang memiliki hubungan dengan kerajaan Melayu. 

Maka SibatakJalanJalan menyarankan untuk teman-teman berkunjung ke Kubah Datuk Batubara yang berada di alamat Desa Kuala Gunung, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara .

    9.      Meriam Nenas Siam

meriam nenas siam batubara
Sumber gambar : bappeda.kabupatenbatubara.id


Setelah sebelumnya membahas mengenai bangunan bersejarah dari kerajaan Melayu yang dipimpin oleh seorang Sultan pada masa kejayaannya. 

Sekarang teman-teman pembaca SibatakJalanJalan.com akan penulis bawa untuk melihat peninggalan-peninggalan senjata atau alat yang digunakan pada masa lampau. Salah satunya adalah Meriam Nenas Siam yang berada di alamat Nenas Siam, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara .

    10.  Meriam Simpang Dolok

meriam simpang dolok batubara
Sumber gambar : bappeda.kabupatenbatubara.id


Selain Meriam Nenas Siam yang berada di Nenas Siam, Medang Deras maka ada satu lagi sisa-sisa peninggalan kerajaan Melayu di tanah Batubara. 

Sebagai informasi tambahan yang perlu SibatakJalanJalan beritahu kepada teman-teman pembaca, bahwa pada masa lampau penduduk awal Batubara yang bersuku Melayu kebanyakan akhirnya bertransmigrasi ke Penang, Malaysia. 

Maka banyak penduduk Batubara yang kemudian di dominasi oleh suku-suku Jawa dan tentunya suku Bangsa Batak. Teman-teman dapat berkunjung ke alamat Simpang Dolok, Kecamatan Lima Puluh, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara .Untuk melihat Meriam Simpang Dolok yang masih terjaga sebagai warisan sejarah kerajaan Melayu silam.

    11.  Pantai Bogak

pantai bogak batubara
Sumber gambar : instagram.com


Lokasinya ada di alamat Bogak, Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara . Atau lokasi tepat pantai ini menghadap langsung dengan Selat Malaka. 

Hal ini juga menjadikan pantai ini kurang cocok bagi teman-teman untuk melakukan snorkling atau dikenal juga sebagai suatu teknik menyelam dari permukaan air untuk melihat flora dan fauna di dalam air laut.
 
Beberapa kemungkinan lainnya adalah bahwa teman-teman tidak SibatakJalanJalan anjurkan untuk berenang di Pantai Bogak karena tekstur dalam airnya berlumpur dan sedikit jarang ditumbuhi terumbu karang. Namun bukan berarti teman-teman tidak harus berkunjung ke Pantai Bogak

Karena hal uniknya adalah bahwa di pantai ini terdapat pasir putih di bibir pantainya yang lembut jika terkena kulit. Teman-teman SibatakJalanJalan dapat mengunjungi Pantai Bogak yang beralamat di Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara .

    12.  Pantai Bunga

pantai bunga batubara
Sumber gambar : instagram.com


Pantai Bunga yang tidak banyak bunganya. Jika teman-teman berfikir bahwa pantai ini banyak bunganya, maka maaf SibatakJalanJalan katakan bahwa itu tidak seperti namanya. 

Terus kenapa dong disebut dengan pantai bunga ? Mungkin kalau pendapat orang-orang disebut pantai bunga karena pada umumnya bunga itu terlihat mempesona dan menentramkan hati. 

Begitu pula dengan pantai bunga ini, dapat mempesona dan membuat nyaman para pengunjungnya. Dan teman-teman pembaca perlu tahu nih bahwa pengunjung pantai bunga tidak hanya dari Sumatera Utara saja pada umumnya. 

Bahkan wisatawan mancanegara yang berasal dari negara tetangga Malaysia juga sering berwisata ke Pantai Bunga ini loh teman-teman. Dan pada hari-hari besar maupun libur nasional Pantai Bunga biasanya ramai akan pengunjung. 

Teman-teman dapat berkunjung dan menikmati wisata yang mempesonan nan nyaman di alamat Jalan Pariwisata, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara .

    13.  Pantai Jono

pantai sujono batubara
Sumber gambar : instagram.com


SibatakJalanJalan mungkin bisa mengatakan bahwa pantai yang terluas di Sumatera Utara salah satunya mungkin adalah Pantai Jono/Sujono

Selain dari ukuran pantai dengan permukiman penduduk juga dapat dilihat dari daya tampung pantai ini yang bisa menampung lebih dari 2.000 (idua ribu) orang disaat akhir pekan. Sama seperti sebelumnya, Pantai Bunga. 

Bahwa tidak hanya wisatawan lokal saja yang sering mengunjungi destinasi wisata Pantai Jono/Sujono ini, namun juga wisatawan mancanegara yang berasal dari Malaysia.
Kelebihan Pantai Jono/Sujono lainnya adalah sudah banyak fasilitas yang mendukung wisatawan di pantai ini, sehingga membuat wisatawan betah dan nyaman di pantai Jono/Sujono. 

Alamat Pantai Jono/Sujono berada di Desa Lalang, Kecamatan Medang Deras, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara .

    14.  Pantai Wisata Alam Datuk Batubara

pantai wisata alam datuk batubara
Sumber gambar : pariwisatasumut.net


Selain karena tempat wisata yang instagramable hal apa sih yang paling membuat teman-teman ingin mengunjungi suatu tempat destinasi wisata ? Mungkin fasilitasnya kali ya, atau mungkin lebih banyak tempat yang instagramable ? Hehe .
 
Ya memang tentunya tidak salah jika teman-teman lebih memilih tempat yang banyak spot fotonya untuk dikunjungi dan fotonya nanti bisa disebar di media sosial. 

Jika teman-teman kebetulan berada di Kabupaten Batubara dan sekitarnya, SibatakJalanJalan rekomendasiin banget tempat yang namanya Pantai Wisata Alam Datuk Batubara ini utnuk teman-teman kunjungi selama liburan nanti, mengapa ? Baiklah. 

SibatakJalanJalan akan memperjelasnya dengan singkat dan padat juga mudah dimengerti.
 
Yaitu beberapa hal alasan diantaranya adalah bahwa Pantai Wisata Alam Datuk Batubara ini dahulunya adalah hanya sebuah pantai, namun kemudian dirubah dengan konsep yang lebih ‘kekinian’, seperti dibuatnya lebih banyak spot foto seperti Rumah Hobbit yang ada di film Lord Of The Ring, spot foto jam dinding ekstra besar dan lebar, kampung indian, sangkar burung ekstra besar, replika rumah khas suku Papua dan masih banyak lagi tempat-tempat yang cocok dan layak kamu foto dan bagikan nanti di media sosial untuk mengisi hari liburmu.

Kunjungi Pantai Wisata Alam Datuk Batubara di alamat Desa Kwala Indah, Kecamatan Sei Suka, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara  .

    15.  Pulau Pandang


pulau pandang batubara
Sumber gambar : instagram.com


Secara administratif Pulau Pandang masuk ke dalam wilayah Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara . Di Pulau Pandang ini teman-teman pembaca SibatakJalanJalan.com akan menemui hal-hal eksotis dan juga kaya akan keunikan pulau Sumatera yang diapit oleh Selat Malaka dan Samudra Hindia. 

Jika teman-teman kebetulan sedang di Pulau Pandang dan menuju sisi timur Pulau akan menghadap secara langsung ke negeara tetangga Malaysia, dibibir pantai sebelah timur pulau Pandang ini juga teman-teman akan menemui pasir putih yang lembut dan bebatuan granit besar. 

Jika teman-teman kearah selatan dan atau utara Pulau Pandang maka akan teman-teman temui dibibir pantainya terhampar bebatuan yang cukup besar dan disertai dengan gelombang ombak yang cukup besar.  

Sedangkan jika teman-teman berada di sisi barat pulau yang menghadap pada pulau Sumatera, teman-teman akan menemukan pantai dengan pasir putih yang berbentuk melengkuk seperti bentuk teluk, dan di sisi barat ini adalah tempat yang memungkinkan untuk teman-teman berenang,snorkling dan aktifitas memungkinkan lainnya, karena gelombang ombak di pantai di sisi sebelah barat cukup tenang. 

Ada pula tempat-tempat unik sepeerti Batu Belah dan spot-spot foto unik lainnya di Pulau Pandang ini.

    16.  Pulau Salah Nama

pulau salah nama batubara
Sumber gambar : instagram.com


Pulau Salah Nama atau Pulau Salah Namo adalah pulau yang akan anda lewati apabila sedang menuju destinasi wisata Pulau Pandang. Dan Pulau Salah Nama ini juga secara administratif berada satu daerah dengan Pulau Pandang, yaitu berada dalam wilayah Desa Bogak, Kecamatan Tanjung Tiram, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara

Jika teman-teman yang hobi dan suka dengan snorkling namun tidak memungkinkan dilakukan di hampir setiap bagian Pulau Pandang, maka Pulau Salah Nama dapat menjadi pilihan alternatif lain. 

Di Pulau Salah Nama ini teman-teman akan menemukan pantai dengan air laut yang hijau dan jernih dan tentu dapat dijadikan sebagai tempat melakukan snorkling sepuasnya, dan tidak hanya itu. Di Pulau Salah Nama ini teman-teman dapat memancing juga bermain Jetsky

Hal lain selain wisata air yang dapat anda nikmati di Pulau Salah Nama adalah bahwa di puncak Pulau Salah Nama, teman-teman yang kebetulan liburan di tempat ini nanti dapat menemui berbagai jenis satwa yang umumnya berada di Kabupaten Batubara .

Untuk fasilitas, menurut SibatakJalanJalan fasilitas di pulau ini cukup lengkap untuk mendukung aktivitas liburan teman-teman pembaca sekalian.

    17.  Pantai Sejarah Perupuk

pantai sejarah perupuk batubara
Sumber gambar : instagram.com


Di pantai ini adalah bukti saksi bisu dari kedatangan  tentara Jepang memasuki tanah Sumatera Utara, melalui kecamatan Limapuluh. Atau tepatnya berada di alamat Desa Parupuk, Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara

Ada beberapa peninggalan sejarah di sekitar daerah Pantai Parupuk ini. Namun kondisi Pantai Parupuk saat ini sedikit kurang baik dan SibatakJalanJalan harapkan adanya pemugaran tempat-tempat dan fasilitas di Pantai Parupuk ini.

    18.  Pemandian Air Panas Sumber Padi

pemandian air panas sumber padi batubara
Sumber gambar : metrokampung.com


Tidak hanya destinasi wisata air laut, yang apabila terasa asin jika tidak sengaja tertelan saat berenang. Kabupaten Batubara juga memiliki destinasi wisata pemandian air panas.

Terletak di alamat Desa Sumber Padi, Kecamatan Limapuluh, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara . Pemandian ini cukup ramai dikunjungi oleh wisatawan lokal dan beberapa daerah di Sumatera Utara seperti Pematang Siantar dan bahkan kota Medan. 

Di Pemandian Air Panas Sumber Padi ini terdapat 3 (tiga) tempat pemandian air panas yang dapat digunakan, kabar baiknya adalah bahwa jika ingin mandi di Pemandian Air Panas Sumber Padi tidak dikenakan biaya untuk uang masuk/retribusi pemandian, hanya dikenakan biaya parkir saja. 

Tentu, alasan para pengunjung berbondong-bondong mendatangi Pemandian Air Panas Sumber Padi inipun memiliki alasan sendiri-sendiri dan dapat teman-teman jadikan sebagai referensi, yaitu seperti dapat digunakan sebagai tempat refleksi penderita strok, asam urat, nyeri sendi, jantung, melancarkan darah dan lain sebagainya.

    19.  Singapore Land Park Batubara

singapore land park batubara
Sumber gambar : instagram.com


Berada di alamat Jalan Lintas Sumatera Utara KM 141, Sei Balai, Perkebunan Sei Balai, Kabupaten Batubara, Sumatera Utara . Jika teman-teman ingin berkunjung ke tempat-tempat taman bermain air buatan yang memiliki fasilitas lengkap, mungkin Singapore Land Park Batubara bisa menjadi pilihan anda bersama keluarga. 

Dilengkapi dengan fasilitas wahana air, karoke keluarga, cafe dan resto dan banyak fasilitas lainnya, dimana bila anda sedang berada di Batubara dan menginginkan sesuatu yang lengkap akan terfasilitasi dengan baik.

Salah satu alasan mengapa disematkan nama negara Singapore/Singapura adalah bahwa beberapa tempat dalam taman bermain air ini menyerupai tempat-tempat di negara Singapura/Singapore . 

Dan tentu, ini akan menjadi spot-spot foto yang unik dan keren nantinya untuk teman-teman pembaca jadikan sebagai kiriman di media sosial teman-teman nantinya .


Sekian informasi dari SibatakJalanJalan mengenai artikel berjudul “19 Destinasi Wisata di Kabupaten Batubara Informasi Lengkap dengan Alamat” .

Terus dukung penulis dan developer SibatakJalanJalan dengan cara SHARE/BAGIKAN dan SUBSCRIBE/LANGGANAN untuk mendapatkan informasi terbaru dari SibatakJalanJalan.com.

Sekian.

HORASSS ....!!!

Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Bottom Ads