11 Destinasi Wisata di Kabupaten Asahan Informasinya Lengkap dengan Alamat

11 Destinasi Wisata di Kabupaten Asahan Informasinya Lengkap dengan Alamat

Informasi Destinasi Wisata Di Asahan Lengkap Dengan Alamat



Kabupaten Asahan, atau Assaban kalau kata orang-orang Eropa dari masa kolonial sih begitu, Assaban. Kabupaten Asahan saat ini beribukota di kota Kisaran, dan jika teman-teman akrab dengan  nama kota Tanjung Balai. Kota Tanjung Balai yang berada di Kabupaten Asahan juga merupakan salah satu ibukota Kabupaten Asahan pada masa lampau.

Kabupaten Asahan sendiri memiliki luas lebih kurang 3.732 km2 dan setidaknya ada 706.283 orang penduduk yang mendiami Kabupaten Asahan saat ini.

Hello teman-teman pembaca SibatakJalanJalan

Kira-kira liburan nanti sudah punya rencana belum mau kemana dan akan melakukan apa saja ? Atau belum punya referensi sama sekali ?

Tenang saja, SibatakJalanJalan kan situs panduan perjalanan terlengkap dan terbaik yang pernah ada. Hehe .

Untuk teman-teman yang sekiranya nanti berkunjung ke Kabupaten Asahan dan kota Kisaran ada beberapa referensi tempat wisata yang mesti teman-teman tahu dan HARUS teman-teman kunjungi versi SibatakJalanJalan.com .

Oh iya, sebelum kita jauh melangkah, alangkah sangat berbahagia bila teman-teman pembaca SibatakJalanJalan melakukan SHARE/BERBAGI dan SUBSCRIBE/LANGGANAN di situs SibatakJalanJalan.com sebagai salah satu cara untuk terus mendukung penulis dan developer dalam berkarya semakin baik ke depannya.

Terimakasih jika sudah SHARE dan SUBSCRIBE J


Oke, tanpa cerita panjang lebar dan berlama-lama SibatakJalanJalan akan bawa teman-teman berjalan-jalan di Kabupaten Asahan.
    

    1.      Air Terjun Simanik-manik


air terjun simanik manik asahan
Sumber gambar : Instagram.com


Kabupaten Asahan sesungguhnya masih sangat kaya akan pesona alam yang belum terjamah atau mungkin belum ditemukan sama sekali. Karena di daftar ini nantinya akan banyak pesona wisata air.
 
Baik pesona wisata air terjun, sungai dan bahkan permainan wisata air buatan. Untuk Air Terjun Simanik-manik yang berada di alamat Desa Loburrapa, Kecamatan Aek Songsongan, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara ini diketahui memiliki gua dangkal di sampingnya, serta ditumbuhi tanaman rambat dan hiasan tetesan air pada dahan juga dedaunan tanaman tersebut. 

Teman-teman dapat berkunjung ke destinasi wisata ini dimana lokasinya berada setidaknya mencapai 2 hingga 3 jam dari kota Kisaran, ibukota Asahan. 

Perlu teman-teman SibatakJalanJalan ketahui bahwa air yang mengalir dari air terjun setinggi 15 meter ini berasal dari sungai-sungai kecil diatasnya, maka airnya sangat dipengaruhi oleh entisitas hujan dan pergantian musim.

    2.      Air Terjun Simonang-monang


air terjun simonang monang asahan
Sumber gambar : Instagram.com


Alamatnya berada tepat di wilayah perbukitan, yaitu di Desa Padang Pulau, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara . Atau sekitar 50 km dari kota Kisaran dengan perjalan 1,5 jam menggunakan kendaraan pribadi seperti motor dan mobil. 

Sebagai informasi tambahan bagi teman-teman pembaca bahwa untuk dapat sampai ke Air Terjun Simonang-monang ini belum ada transportasi publik masal yang dapat mencapai atau menuju daerah wisata Air Terjun Simonang-monang

Jadi SibatakJalanJalan menghimbau agar teman-teman yang sekiranya berkunjung untuk menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil dan motor untuk sampai di tujuan wisata Air Terjun Simonang-monang .

    3.      Alun-Alun kota Kisaran


alun alun kota kisaran asahan
Sumber gambar : Instagram.com


Warga masyarakat kota mana yang tidak bangga apabila wajah dari ibukota Kabupatennya memiliki daya tarik sendiri bagi para pelancong domestik dan luar negeri untuk sekedar berkunjung dan menikmati indahnya kota Kisaran. 

Untuk berkunjung ke Alun-Alun kota Kisaran SibatakJalanJalan sarankan agar teman-teman datang di kala sore hari, sambil menikmati senja atau lebih awal untuk sekedar berolah raga seperti jogging dan kegiatan olahraga lainnya.

Di Alun-Alun kota Kisaran ini juga terdapat kolam yang indah dan spot-spot foto jembatan di tengah taman alun-alun. Instagramable banget ya teman-teman. Hehe. 

Untuk lokasi tepatnya agar teman-teman dapat berkunjung berada di alamat Jalan Jendral Ahmad Yani, Sidomukti, Kecamatan Kisaran, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara .

    4.      Bedeng


bedeng asahan
Sumber gambar : Instagram.com


Apa yang paling menyenangkan bila berlibur di suatu tempat terutama destinasi wisata air selain apabila kita dapat melihat tempat wisata dan orang-orang yang menikmatinya dari atas kita menjejakkan kaki. ‘Bedeng’ atau jembatan gantung yang berada di alamat Desa Marjanji Aceh, Kecamatan Aek Songsongan , Kabupaten Asahan, Sumatera Utara

Memberikan para wisatawan lokal dan mancanegeri suatu kesempatan pengalaman baru untuk dapat menikmati alam dengan cara melintasi jembatan gantung yang tepat berada di atas air sungai yang bergemuruh kencang, namun pesona Bedeng ini tidak hanya terletak pada air sungainnya saja teman-teman pembaca, dapat teman-teman lihat dikanan maupun di sisi sebelah kiri sungai terdapat pepohonan yang rimbun sehingga tempat ini tampak asri dan nyaman meskipun jika anda sedikit takut berjalan diatas Bedeng.

    5.      Bendungan/Waduk Sigura-gura Asahan


bendungan waduk sigura gura asahan
Sumber gambar : Instagram.com


Waduk Sigura-Gura atau disebut Bendungan Sigura-Gura adalah bendungan yang terletak 23,3 km dari hulu Sungai Asahan, atau 8,8 km dari Bendungan Siruar atau 1 km di hilir Air Terjun Sigura-Gura

Bendungan Sigura-Gura ini merupakan bendungan terbesar di Indonesia setelah Bendungan Sutami, di Malang Jawa Timur. Adapun ketinggian Air Terjun Sigura-Gura dari puncaknya hingga terendah adalah 250 meter (dua ratus lima puluh meter) .

    6.      Danau Teratai


danau teratai asahan
Sumber gambar : Instagram.com


Di Kecamatan Tinggi Raja ada spot selfie loh teman-teman pembaca . Dengan latar danau dan hiasan cantik, namanya Danau Teratai

Danau ini memiliki daya tarik sendiri khususnya bagi pemuda-pemudi, namun tidak menutup kemungkinan bagisegala umur dari para pengunjung Danau Teratai. 

Tepatnya berada di alamat Dusun II Desa Terusan Tengah, Kecamatan Tinggi Raja, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara . Posisi danau Teratai ini dapat anda tempuh dengan kurang dari 30 menit atau berjarak sekitar 19 km dari kota Kisaran, ibukota Kabupaten Asahan.

    7.      Air Terjun Turunan Bolon


air terjun turunan bolon asahan
Sumber gambar : Instagram.com


Turbo, adalah sebutan untuk air terjun ini. Kenapa disebut Turbo ? 
Karena kata Turbo adalah singkatan dari Turunan Bolon, atau lengkapnya Air Terjun Turunan Bolon menjadi Air Terjun Turbo. Haha . 

Unik sekali ya namanya teman-teman. Lokasi Air Terjun Turunan Bolon atau Air Terjun Turbo ini berada di alamat Tomuan Holbung, Bandar Pasir Mandoge, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara .

Jika teman-teman kebetulan berada di kota Pematang Siantar, teman-teman bisa berkunjung ke lokasi Air Terjun Turunan Bolon atau Air Terjun Turbo ini dengan waktu tempuh 2 jam. Melalui rute Pematang Siantar-Tanah Jawa-Mandoge.

    8.      Paccur Napitu


paccur napitu asahan
Sumber gambar : Instagram.com


Tampak warna air dari Paccur Napitu ini sangat menarik bagi siapapun yang memandang kepadanya, warnanya biru langit cerah. 

Sangat memikat mata. Tentunya destinasi wisata yang berada di alamat Gunung Berkat, Kecamatan Bandar Pulau, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara ini termasuk destinasi wisata yang baru muncul dan langsung menanjak naik ketenarannya . 

Dibuka untuk umum pada 2017 lalu, penemuan dari Paccur Napitu inipun sedikit unik, karena secara tidak sengaja ditemukan oleh para pemuda yang kebetulan sedang berburu burung.

    9.      Pelabuhan Bagan Asahan


pelabuhan bagan asahan
Sumber gambar : edysyahxie.blogspot.com


Siapa yang tidak ingin menikmati hari dengan menutupnya dengan makanan dan minuman yang menggugah selera. Setelah seharian berjuang dan bertemu hal-hal unik dan menghibur tentu hal tersebut benar-benar menguras tenaga kan teman-teman ? 

Jadi SibatakJalanJalan punya referensi juga dong tentang makan dan memakan. Haha. Namanya pelabuhan Bagan, sebenarnya ini adalah pelabuhan kapal namun bukan kapal penumpang. Berada di alamat Desa Bagan Asahan, Kecamatan Tanjung Balai, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara

Dari tempat ini (pelabuhan Bagan) teman-teman dapat menikmati sunset atau sunrise dan dapat sambil melakukan makan malam atau sarapan. Dan tahukah anda teman-teman pembaca ? Bahwa pelabuhan ini menghadap Selat Malaka dan berbatasan langsung dengan negara tetangga, yaitu Malaysia.

    10.  Rafting/Arum Jeram


rafting arum jeram sungai asahan
Sumber gambar : Instagram.com


Pesona air terjun dan wisata air yang berada di Kabupaten Asahan mungkin salah satu yang paling terkenal di seluruh Sumatera Utara untuk dijadikan sebagai tempat olahraga arum jeram/rafting

Dengan aliran sungai mencapai 120 meter kubik perdetik di sungai Asahan yang memiliki panjang setidaknya 20 km akan memberikan pengalaman baru tersendiri bagi teman-teman yang akan mencoba liburan dengan olahraga air ini. 
Rafting/Arum Jeram ini akan dimulai dari titik mulai di Desa Tangga hingga berakhir di Bandar Pulau .

    11.  Waterboom Ragil


waterboom ragil asahan
Sumber gambar : instasave.org


Jika dari daftar sebelumnya membuat teman-teman menjadi sangat ingin berekreasi liburan nanti dengan pesona wisata air namun tidak ingin jauh-jauh dan memakan banyak waktu, maka SibatakJalanJalan punya solusinya untuk teman-teman yang bisa tetap jalan-jalan namun tidak perlu repot. 

Hiburan ini terdapat di alamat Perkebunan Sei Dadap III/IV, Kecamatan Sei Dadap, Kabupaten Asahan, Sumatera Utara . Dan memang jika nanti teman-teman berkunjung ke Waterboom Ragil ini akan banyak keluarga yang membawa anak-anak mereka untuk menikmati wisata permainan air ini.


Seru bangetkan teman-teman 11 Destinasi Wisata di Kabupaten Asahan ini. Dan SibatakJalanJalan yakin teman-teman harus coba salah satu dari daftar yang SibatakJalanJalan.com berikan. 

Terus dukung penulis SibatakJalanJalan.com ya teman-teman dengan cara SHARE/BAGIKAN dan SUBSCRIBE/LANGGANAN untuk mendapatkan pemberitahuan terbaru dari artikel SibatakJalanJalan.com .

Sekian.

HORASSS...!!!


Posting Komentar

0 Komentar