10 Cara Kunci Sukses Ujian Toefl Dengan Hasil Ujian Memuaskan

Kunci Sukses Ujian TOEFL


Untuk dapat lulus dan mendapatkan nilai ujian memuaskan, setidaknya ada dua jenis kunci agar lulus ujian bahasa inggris dengan baik. Yaitu Kunci Umum dan Kunci Khusus ujian TOEFL. Hal inipun sempat dijalani penulis sibatakjalanjalan dan kami harap juga bermanfaat nantinya bagi teman-teman yang akan dan sedang ujian TOEFL.

kunci sukses ujian toefl
Kunci Sukses Ujian TOEFL

KUNCI UMUM

Kunci Sukses Ujian Toefl 1: Jangan terlalu lama membaca teks bacaan

Harus diingat bahwa anda tidak memiliki cukup waktu untuk membaca teks bacaan secara mendalam. Pertanyaan yang muncul dalam tes reading ini umumnya dpat dijawab secara tepat dengan tanpa langsung membaca bacaan secara rinci. Anda dapat mengalokasikan satu atau dua menit untuk membaca main idea pada masing-masing paragrap dari sebuah bacaan sebelum mulai membaca pertanyaan. Dengan demikian anda sudah mendapatkan gambaran sekilas tentang informasi yang disampaikan oleh bacaan.

Kunci Sukses Ujian Toefl 2 : Perhatikan semua pertanyaan yang terdapat pada sebuah bacaaan dan ingat-ingat kata kuncinya

Setelah membaca sekilas main idea masing-masing paragraph, selanjutnya anda harus segera membaca pertanyaan pada soal-soal yang terdapat pada bacaan tersebut. Rekamlah kata-kata kunci pada masing-masing pertanyaan pada pikiran anda sehingga anda dapat mencari jawabannya pada bacaan dengan sekali tempo untuk beberapa pertanyaan. Anda juga dapat memeberi tanda pada kata kunci di lembar soal, karena anda tidak dilarang memberikan coretan. Cara ini sangat efektif untuk menghemat waktu, sehingga pandangan anda tidak bolak-balik antara teks bacaan dengan pertanyaaan.

Kunci Sukses Ujian Toefl 3 : Jangan panic apabila tema bacaan bukan merupakan disiplin yang anda kuasai

Ujian TOEFL sudah didisai sedemikian rupa sehingga peserta ujian tidak dipersyaratkan untuk menguasai tema-tema dari disiplin ilmu tertentu. Semua informasi yang ditanyakan dalam soal section 3 sudah tersedia dalam teks bacaan. Sehingga apapun latar belakang keilmuan yang anda kuasai anda akan tetap dapat menjawab soal-soal pada bacaan yang sama sekali berbeda dari disiplin anda.

KUNCI KHUSUS

Materi yang diujikan dalam tes reading biasanya memiliki pola-pola dan standar tertentu. Biasanya anda diminta untuk mengetahui tema bacaaan, menentukan main idea, mengetahui arti dari kosakata tertentu, mengetahui informasi tertentu, melakukan penyimpulan, melakukan identifikasi ats pengecualian-pengecualian dan mengetahui rujukan dari pronoun tertentu.

Untuk membekali diri anda dalam mengahadapi are apersoalan yang diujikan dalam reading tes, perhatikan kunci-kunci berikut ini :

Kunci Sukses Ujian Toefl 4 : Lakukan previewing untuk mengetahui topic bacaan

Topik merupakan salah satu item yang hampir dapat dipastikan keluar pada setiap tes TOEFL. Untuk mengetahui topic sebuah bacaan, anda tidak perlu membaca secara detail dan mendalam. Anda cukup membaca kalimat pertama dan terakhir pada tiap-tiap paragraph bacaan. Anda tidak dituntut untuk memahami bacaan secara rinci melainkan hanya untuk menentukan topic, oleh karena nya anda harus membaca secepat mungkin.

Kunci Sukses Ujian Toefl 5 : Perhatikan kalimat pertama dari sebuah paragraph untuk mengetahui main ide

Tes reading sering kali mengujikan pertanyaan-pertanyaan yang berkaitan dengan main idea. Main idea biasanya terdapat pada kalimat pertama dari sebuah paragraph. Dengan mengetahuinya, anda dapat memahami pesan apa yang ingin disampaikan oleh penulis. Main Idea dari sebuah bacaan biasanya terdapat pada dua kalimat pertama.

Kunci Sukses Ujian 6 : Pahamilah konteks yang terdapat pada bacaan untuk mengetahui arti kata tertentu

Konteks dalam bacaan bahasa Inggris adalah kombinasi dari kosakata dan grammar yang digunakan pada sebuah kata. Ia dapat berupa sebuah kalimat, paragraph, atau bacaan. Dengan memahami sebuah konteks anda akan dapat memperkirakan arti sebuah kata. Karena dengan mengetahui arti secara umum dari sebuah kalimat berarti anda juga memahami arti kata-kata yang terdapt pada kalimat tersebut.

Kunci Sukses Ujian 7 : Lakukan scanning untuk menemukan informasi tertentu yang berkaitan dengan permintaan soal

Sebuah teks bacaan dalam ujian TOEFL biasanya diikuti dengan sepuluh pertanyaan, karena batasan waktu yang sangat mendesak sebaiknya ananda membaca kesepuluh pertanyaan tersebut. Ketika membaca semua pertanyaan anda harus menemukan kata kunci dari sebuah pertanyaan dan merekamnya dalam pikiran. Bacalah secara cepat dengan cara scanning untuk menemukan kata-kata tertentu yang menjadi kata kunci dari sebuah pertanyaan. Hal ini sngat berguna dalam melakukan klarifikasi pada teks bacaan untuk menemukan informasi yang ditanyakan. Dengan mengingat semua kata kunci pertanyaan, pandangan, dan fokus anda tidak perlu terpecah untuk mencocokkan pertanyaan dengan teks. Karena biasanya urutan nomor soal tidak menanyakan kalimat atau bagian dari teks secara berurutan. Sehingga bila anda hnaya membaca satu pertanyaan kemudian mencarinya di teks bacaan akan menghabiskan banyak waktu karena anda perlu melakukan hal yang sama berkali-kali.

Kunci Sukses Ujian 8 : Kumpulkan fakta dan data dalam bacaan untuk melakukan inferasi atau penyimpulan

Tidak semua jawaban dari sebuah pertanyaan dalam tes TOEFL dapat ditemukan secara langsung dalam teks bacaan. Hal ini karena informasi yang dimaksud tidak secara eksklusif disebutkan dalam sebuah pernyataan langsung. Sering kali dlam ujian reading anda diminta untuk membuat kesimpulan mengenai informasi tertentu. Untuk itu ketika membaca teks sebaiknya anda memberikan perhatian khusus terhada data atau fakta tertentu yang mengarah pada sebuah kesimpulan yang informative. Lagi-lagi dalam hal ini mengetahui kata kunci dari sebuah pertanyaan terlebih dahulu merupakan sebuah keuntungan tersendiri. Dengan berbekal kata kunci anda akan menentukan data dan fakta apa yang patut and apilih dan kump[ulkan untuk membuat sebuah kesimpulan.

Kunci Sukses Ujian 9: Berkonsentrasi selama membaca teks bacaan

Konsentrasi sangat diperlukan dan merupakan salah satu kunci keberhasilan yang paling menentukan dalam readng test. Sering kali peserta ujian lupa dengan apa yang telah disampaikan oleh kalimat atau paragraph sebelumnya ketika ia mula membaca kalimat atau paragraph baru. Akhirnya ia membaca ulang lagi kalimat tersebut. Apabila ini juga terjadi pada anda, langlah berikut dapat dimanfaatkan untuk meminimalisasi kek\salahan tersebut.
Ketika anada membaca sebuah kalimat, latihlah diri anda untuk menerka atau memperkirakan apa isi atau informasi yang akan disampaikan oleh kalimat selanjutnya.
Perhatikan kesesuaian sebuah teks dengan judul atau main idea yang sudah anda ketahui sebelumnya, dengan cara ini anda tetap dapat menangkap pesan untama yang diasampaikan oleh masing-masing kalimat sekalipun anda sudah beranjak pada kalimat-kalimat berikutnya.

Kunci Sukses Ujian 10 : Tingkatkan kecepatan membaca anda

Dengan keterbatasan waktu ujian yang singkat, maka kemampuan anda untuk membaca secara cepat dan singkat sangat penting dalam ujian TOEFL. Memang kecepatan membaca ini tidaklah sesuatu yang instant. Melainkan ia harus dilatih secara terus menerus apalagi membaca teks yang bukan bahasa asli kita. Salah satu caranya adalah dengan memilih kata-kata yang paling penting dalam sebuah kalimat, yang mana hal ini akan memberikan anda ringkasan atas arti sebuah bacaan.

Demikian artikel sibatakjalanjalan tentang 10 Cara Kunci Sukses Ujian Toefl Dengan Hasil Ujian Memuaskan.
Mari Kita Coba.
Next Post Previous Post