Daftar Saham Syariah Definisi Lengkap serta Karakteristiknya

Mengenal Saham Syariah Beserta Definisi Karakteristiknya

Saham Syariah, saham bentuk syariah adalah efek jenis saham yang di dalam transaksinya tidak melanggar nilai-nilai syariat Islam. Nilai syariat Islam tersebut berfokus pada konsep kegiatan penanaman modal yang tidak ada unsur pemaksaan dan pembagian hasil usaha secara adil. Untuk memahami konsep saham syariah dapat dipahami dengan beberapa karakteristiknya. \
  • Pertama, di dalam konsep syariah kegiatan usaha yang dilakukan harus terhindar dari mekanisme judi, riba dan menimbun.
  • Kedua, karakteristik saham atau usaha syariah harus dilihat dari rasio total keuangan. Maka artinya, bahwa dalam investasi saham syariah, rasio jumlah hutang bunga tidak lebih dari 45% dari jumlah kepemilikan aset. Selain itu, jumlah pendapatan bunga tidak lebih dari 10% dari jumlah pendapatan. List saham syariah banyak sekali di Indonesia yang dapat menjadi pilihan.

daftar lengkap saham syariah

Daftar Saham Syariah Terbaik dan Terpercaya

Di dalam daftar pasar efek saham syariah memiliki kode indeks ISSI, yang mana pada tahun 2022 sudah memiliki 477 jumlah total emiten. Maka dari itu, masyarakat yang ingin berinvestasi syariah tidak khawatir kekurangan produk syariah untuk berinvestasi. Mencari saham syariah di bursa saham sangat mudah, masyarakat juga dapat menggunakan aplikasi seperti Stockbit, Ajaib, Bibit dan lainnya. Berikut rekomendasi 5 list saham syariah yang dapat dipilih oleh calon investor:

1. Bank Syariah Indonesia (BRIS)

Menjadi salah satu bank syariah terpopuler dan terbaik di Indonesia membuat Bank Syariah Indonesia membuka kesempatan bagi investor untuk berinvestasi. Masyarakat yang ingin berinvestasi, dapat memilih kode indeks BRIS dengan harga Rp 1.300/unit. Tentu harga ini terus dinamis. Bank Syariah Indonesia menjadi perusahaan terpercaya dengan kinerja yang solid yang dapat membuat investor percaya kepada keuntungan yang akan didapatnya. BRIS juga memberikan dividen kepada investor dengan harga yang fantastis.

2. PT XL Axiata (EXCL)

Sebagai perusahaan operator terbaik dan terpercaya di Indonesia, PT XL Axiata membuka harga saham sebesar Rp 2.630/unit. Hal ini tentu menjadi kesempatan bagi investor yang ingin berinvestasi dengan menanamkan nilai-nilai syariah. EXCL menawarkan berbagai keuntungan dan strategi pemasaran berbasis syariah. Para investor yang ingin berinvestasi secara syariah dapat mencoba untuk berinvestasi dengan produk dari PT XL Axiata ini.

3. PT Kalbe Farma (KLBF)

Rekomendasi daftar saham syariah berikutnya adalah merupakan perusahaan produksi obat terbesar di Indonesia, yaitu PT Kalbe Farma. Memiliki kode indeks KLBF dengan harga Rp 1.690/unit, membuat perusahaan ini dapat dipertimbangkan untuk menjadi pilihan investasi jangka panjang. PT Kalbe Farma juga menyediakan layanan saham syariah dengan berbagai manfaat yang didapat oleh investor. Strategi pemasaran yang tidak terlepas dari berbagai nilai syariat Islam juga dapat menjadi pertimbangan investor untuk berinvestasi tanpa melanggar syariat Islam.

4. Bukalapak.com (BUKA)

Perusahaan e-commerce Bukalapak juga menyediakan layanan saham syariah dengan harga unit yang terjangkau. Investor dapat membeli saham BUKA dengan harga Rp 264/unit. Hal ini tentu menjadi kesempatan investor pemula untuk mempelajari transaksi pasar saham syariah hanya dengan modal sedikit.

5. PT Erajaya Swasembada (ERAA)

Bergerak pada bidang distributor produk dan layanan elektronik, PT Erajaya Swasembada atau ERAA menawarkan layanan saham syariah yang cukup baik. Investor dapat membeli saham ERAA dengan harga Rp 520/unit. Investor pemula yang ingin belajar saham syariah dapat memilih saham ERAA untuk dicoba.

Baca juga :
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url