Trik Networking di LinkedIn Terupdate Agar di Lirik HRD

Update LinkedIn Agar Langsung Dilirik HRD

Manfaat Mengupdate LinkedIn, LinkedIn merupakan salah satu situs pencari kerja dan berbagi informasi yang sangat terkenal dikalangan recruiter/pemberi kerja dan job seeker/pencari kerja. Di LinkedIn kamu bisa berbagi informasi tentang pengalaman pekerjaan kamu, status saat ini, riwayat pendidikan dan masih banyak lagi. Hal ini akan memudahkan para pemberi kerja dan juga kamu untuk mendapatkan peluang yang cocok, sesuai dan dapat anda segera lamar.
Lalu kenapa mengupdate profil LinkedIn begitu penting ? berikut sibatakjalanjalan.com bagikan alasannya.

manfaat mengupdate linkedin

Mengapa Update Profil LinkedIn itu Penting

1. Sebagai personal branding

Sebagai media sosial untuk professional, LinkedIn banyak dijadikan sebagai sarana untuk membangun personal branding. Di LinkedIn Anda bisa membangun profil dengan mencantumkan data diri seperti curriculum vitae, resume bahkan portofolio. Tak hanya itu saja, Anda juga bisa menambahkan skill, pengalaman hingga pencapaian selama ini.
Tujuannya jelas, untuk mendapatkan kesan yang baik bagi para professional atau HRD yang ada di LinkedIn. Meski semua data tersebut bisa dicantumkan di CV, tapi melalui LinkedIn informasi tentang diri Anda lebih terkesan santai dan ringkas. Anda juga bisa memberi kemasan berbeda untuk menginformasikan data diri, misal menggunakan gaya penulisan yang menarik.

2. Meningkatkan kesempatan dapat karir baru

Seperti diketahui, LinkedIn bukan hanya sebatas media sosial untuk memperluas networking saja. LinkedIn juga bisa digunakan untuk mencari pekerjaan. LinkedIn memiliki fitur bagi para pencari kerja hanya dengan satu kali klik. Bahkan tak jarang, info seputar lowongan pekerjaan sudah muncul dengan sendirinya yang menyesuaikan dengan profil Anda.
Dalam LinkedIn, Anda bisa langsung melihat berbagai lowongan pekerjaan yang tersedia mulai dari perusahaan besar atau kecil. Tentunya apabila Anda update akun LinkedIn, maka kesempatan untuk mendapatkan karir baru juga meningkat. Bahkan banyak juga perusahaan yang memiliki akun LinkedIn untuk memberikan informasi seputar perusahaan tersebut.

3. Agar lebih mudah ditemukan oleh orang lain

LinkedIn memang sangat dibutuhkan bagi para professional agar lebih mudah ditemukan oleh orang lain. Pasalnya banyak recruiter yang menggunakan LinkedIn untuk merekrut seseorang. Apalagi LinkedIn ibarat sebuah portofolio sehingga para recruiter bisa dengan mudah mencari data professional yang diinginkan.

4. Menambah koneksi

Bagi Anda para fresh graduate, sepertinya akun LinkedIn bisa sangat membantu untuk menemukan pekerjaan. Selain membuat personal branding yang baik agar menarik recruiter, Anda juga memerlukan koneksi atau networking yang luas. Di LinkedIn Anda bisa berinteraksi dengan seluruh orang di dunia.
LinkedIn bisa memberi kemudahan bagi Anda untuk mengenal tanpa harus bertemu. Apalagi salah satu faktor penting agar bisa dilirik oleh HRD selain personal branding tentunya koneksi. LinkedIn dapat membantu Anda untuk menambah koneksi secara online. Siapa tahu, lewat koneksi baru, Anda bisa mendapat tawaran pekerjaan.

5. Membagikan ilmu yang relevan dengan karir

Sebagai sebuah platform pencarian kerja, LinkedIn seringkali dimanfaatkan untuk membagikan ilmu. LinkedIn memiliki fitur berbagi postingan yang bisa digunakan untuk membagikan pengalaman atau ilmu selama Anda berkarir. Bukan hanya berbentuk teks saja, Anda juga bisa memposting foto atau video singkat kepada para koneksi.
Dengan begitu, akun LinkedIn bisa bermanfaat bagi orang lain karena sangat informatif. Ada baiknya jika Anda memiliki akun LinkedIn, hindari menjadi pengguna pasif. Setidaknya buat postingan atau respons unggahan koneksi untuk menunjukan bahwa akun LinkedIn Anda aktif.

6. Meningkatkan kemampuan melalui fitur test

Alasan lain mengapa Anda harus update LinkedIn adalah karena media sosial ini menyediakan fitur test. Fitur yang tersedia di LinkedIn ini bisa meningkatkan value diri. Anda bisa mencoba memanfaatkan fitur assessment atau tes yang tersedia untuk menunjukkan skill yang dimiliki.
Nantinya setelah Anda melakukan test, skor atas latihanmu akan muncul dan bisa dicantumkan dalam profil LinkedIn. Apabila skor Anda bagus, tentunya akan sangat menarik bagi para recruiter. Jadi, dengan fitur test ini, Anda berkesempatan mendapatkan nilai lebih bagi para recruiter.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url