TIPS Mengatur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil

Cara Atur Keuangan Rumah Tangga dengan Gaji Kecil

Mengatur Keuangan Rumah Tangga, Pemasukan atau penghasilan tiap-tiap orang diseluruh dunia tentunya berbeda, baik dari segi nilai atau keuntungan yang didapat. Namun baik besar maupun kecil, pemasukan yang kita dapatkan tetaplah harus dijaga dan dipergunakan sebaik mungkin. Jangan sampai bilamana sudah penghasilan kita tidak terlalu besar, namun sudah habis sebelum akhir bulan. Tentunya akan sangat mengenaskan. Dan diartikel berikut ini, sibatakjalanjalan.com akan membagikan tips dan cara agar kamu dengan penghasilan rumah tangga yang tidak terlalu besar dapat tetap bertahan dan mempergunakan sebaik mungkin. Berikut tipsnya :

cara mengatur keuangan keluarga meski gaji kecil

Trik Agar Keuangan Rumah Tangga Tetap Stabil Meski Gaji Kecil

1. Lakukan Evaluasi Cicilan/Biaya Rumah

Jika memiliki rumah sendiri, Anda dapat menyisihkan sebagian dari gaji untuk membuat tabungan atau berinvestasi. Jika masih lajang, Anda dapat menyewakan kamar di rumah untuk 1 atau 2 orang teman. Uang hasil menyewakan kamar tersebut bisa membantu Anda membayar cicilan menjadi lebih murah dan merupakan cara berinvestasi yang baik. Dengan cara seperti ini, Anda dapat mencicil rumah dan menyisihkan sebagian uang untuk investasi lainnya seperti: tabungan dan dana darurat.

2. Rencanakan Belanja Bulanan dengan Matang

Merencanakan daftar belanjaan sangat efisien karena dengan belanja dalam jumlah grosir, harga akan jauh lebih murah, sehingga Anda bisa lebih hemat untuk membeli makanan dan memiliki tabungan yang lebih banyak. Selain membiasakan diri membuat anggaran rencana belanja bulanan, Anda juga harus membiasakan diri untuk mematuhi anggaran keuangan yang sudah dibuat.

3. Membeli Barang yang Masih Layak

Sebaiknya belilah barang bekas yang masih bagus di toko barang bekas, pasar loak, maupun toko online, namun jangan lupa untuk menawar. Dengan sedikit polesan cat semprot, meja dan kursi bekas akan terlihat seperti baru.

Baca juga : 

4. Mempunyai Pengatur Suhu Otomatis

Meskipun sudah diprogram secara otomatis, Anda masih dapat mengubah suhu rumah secara manual sesuai keinginan. Pengatur suhu yang canggih dapat merasakan ketika pemilik menjauh dari rumah, sehingga secara otomatis mengecilkan penggunaan energi, ini lebih efisien. Meskipun sedikit mahal, namun lebih hemat energi dan lebih awet. Saat ini sudah banyak AC yang didesain secara otomatis sesuai dengan daya yang dibutuhkan.

5. Gunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Jika Anda tidak bisa mengontrol kartu kredit, sebaiknya lupakan kartu kredit, jika ingin berhemat dan menyimpan uang. Kebiasaan menggunakan kartu kredit sembarangan akan membuat boros dan memberikan konsekuensi keuangan yang serius, jangan sampai rumah tangga ribut karena hutang kartu kredit.

6. Menghemat Pengeluaran untuk Beberapa Aktivitas

Simpan selisih uang ke rekening tabungan secara berkala. Bahkan bila rumah dekat dengan tempat kerja, Anda dapat mengambil makan siang dan kopi di rumah sendiri. Selalu ada cara untuk menghemat uang untuk membuat tabungan, tergantung dari diri Anda sendiri.

7. Kurangi Naik Kendaraan Bermotor

 Anda bisa menghemat uang bbm dan Anda juga akan mendapatkan manfaat tambahan, yaitu badan yang semakin sehat dengan banyak berolahraga.

8. Mencari Penghasilan Tambahan

Manfaatkan waktu yang dimiliki untuk mencari penghasilan tambahan. Ada banyak cara untuk memperoleh tambahan penghasilan seperti: menjual pulsa, menjadi penulis lepas, jualan online, dan sebagainya yang terpenting tidak mengganggu pekerjaan utama. Dengan semakin banyak penghasilan tambahan, maka akan semakin banyak gaji yang dapat disisihkan untuk tabungan.

9. Kurangi Kebiasaan Makan di Luar atau Pesan Makan Online

Jika ingin menghemat uang sebaiknya buat makanan sendiri dirumah. Usahakan untuk makan di restoran atau pesan makan online (Go Food atau Grab Food) hanya sesekali dan tidak setiap hari. Lakukan hal ini dan lihatlah hasilnya berapa uang yang bisa Anda hemat dengan masak sendiri. 

10. Manfaatkan PayLater dengan Bijak 

Pastikan Anda memanfaatkan paylater dengan bijak, bukan untuk kebutuhan yang sifatnya konsumtif atau menggunakan paylater karena ingin belanja bukan karena kebutuhan penting. Anda harus menyadari bahwa paylater sama dengan berutang, Anda tetap harus membayarnya dan usahakan untuk tidak telat melunasi utang. 

11. Pilih Paket dan Gunakan Data Internet dengan Hemat

Tentunya Anda pastinya perlu paket data internet atau koneksi WiFi di rumah. Biar hemat, usahakan untuk memilih paket data internet atau Wi-Fi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dengan harga yang sesuai budget. 

12. Belanja Pakai Diskon, Gratis Ongkir, hingga Cash Back

Belanja makin hemat dengan memanfaatkan diskon, gratis ongkir hingga cash back saat belanja makanan ataupun barang kebutuhan lainnya. Anda jelas bisa menghemat banyak uang, apalagi jika Anda pintar mencari diskon/promo saat belanja online atau offline.

Baca juga :
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url