Gaji Karyawan Perkebunan Kelapa Sawit: Menjanjikan dengan Fasilitas Menarik

Gaji Karyawan Perkebunan Kelapa Sawit

Usaha di sektor perkebunan kini mulai banyak diminati, utamanya perkebunan kelapa sawit. Mengingat harga minyak goreng yang semakin hari semakin tinggi, menjadi karyawan di salah satu usaha kelapa sawit adalah pilihan yang tepat. Bukan tanpa alasan, gaji karyawan pekerja kelapa sawit dinilai cukup menjanjikan, apalagi di beberapa provinsi yang dikenal dengan produksi kelapa sawitnya seperti Kalimantan, Riau, dan Sumatra : Download Aplikasi Cek Daftar Gaji - GajiMu.

gaji karyawan perkebunan kelapa sawit
 

Mengenal Usaha Perkebunan Kelapa Sawit

Ada banyak usaha perkebunan kelapa sawit yang berdiri di seluruh Indonesia, mulai dari skala kecil, menengah, hingga sekelas perusahaan besar seperti PT. Perkebunan kelapa sawit dapat ditemukan di beberapa tempat, namun yang paling banyak diminati pekerja biasanya yang berada di lokasi Riau dan Kalimantan. Dalam menjalankan usaha ini, ada banyak pekerjaan yang dilakukan, mulai dari proses perawatan, memanen, hingga mengolah kelapa sawit menjadi minyak. Tidak hanya pekerja lapangan, Usaha perkebunan ini juga merekrut karyawan yang ditugaskan bekerja di bagian administrasi dan lain sebagainya.

Berbicara mengenai gaji di sektor kelapa sawit memang cukup menjanjikan. Setiap posisi yang dijalankan memiliki nominal yang berbeda. Sistem penggajian karyawan di perkebunan kelapa sawit menerapkan pemberian gaji bulanan yang nominalnya ditentukan oleh posisi, jam kerja, dan masa kerja. Namun dari hasil penelusuran tim, didapatkan bahwa setidaknya, jumlah gaji karyawan perkebunan kelapa sawit berkisar antara Rp 3.000.000 hingga Rp 5.000.000 setiap bulannya. 
Paling tidak, jumlah total tunjangan dan premi atau gaji lembur di perkebunan kelapa sawit jika digabungkan akan memperoleh hasil tambahan Rp 1.000.000 hingga Rp 1.500.000 di luar gaji pokok.
  1. Mandor Rp. 5.000.000
  2. Pamuat Kelapa Sawit Rp. 3.400.000
  3. Pemanen Kelapa Sawit Rp. 3.200.000
  4. Pembersih Gulma Rp. 3.000.000
  5. Pembuat Parit Kebun Rp. 3.300.000
  6. Pemupukan Sawit Rp. 3.400.000
  7. Penanam Bibit Sawit Rp. 3.000.000
  8. Penimbang Sawit Rp. 3.100.000
  9. Perwatan Jalan Kebun Rp. 3.200.000
  10. Purning Kelapa Sawit Rp. 3.400.000
  11. Staf Admin Rp. 4.000.000
  12. Staf Keuangan Rp. 4.500.000
  13. Staf Logistik Rp. 4.200.000
  14. Supir Truck Rp. 3.000.000

Fasilitas Kerja di Kebun Kelapa Sawit

Menjadi karyawan di kebun kelapa sawit tidak semata-mata hanya mendapatkan gaji pokok saja. Pemilik perkebunan biasanya memberikan fasilitas bagi para karyawannya.

Tunjangan

Selain gaji pokok yang didapatkan setiap bulan, bekerja sebagai buruh kelapa sawit juga akan mendapatkan fasilitas tambahan berupa tunjangan. Ada beberapa tunjangan yang diberikan, meliputi:
  • BPJS Kesehatan 
  • BPJS Ketenagakerjaan
  • Tunjangan Beras
  • Tunjangan Pensiun
  • Tunjangan Keluarga
Selain tunjangan yang sudah disebutkan di atas, masih ada beberapa tunjangan lainnya yang bisa didapatkan oleh karyawan perkebunan kelapa sawit, di antaranya:
Tunjangan Transportasi
Untuk karyawan yang tinggal di luar kawasan perkebunan, biasanya perusahaan memberikan tunjangan transportasi untuk memudahkan para karyawan dalam melakukan perjalanan ke tempat kerja.

Tunjangan Makan

Selain tunjangan beras, beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit juga memberikan tunjangan makan sebagai bentuk penghargaan atas kerja keras para karyawannya.

Tunjangan Kesehatan

Karyawan perkebunan kelapa sawit juga bisa mendapatkan tunjangan kesehatan sebagai fasilitas kesehatan yang diberikan oleh perusahaan. Biasanya, perusahaan memberikan fasilitas BPJS Kesehatan atau asuransi kesehatan lainnya.

Tunjangan Lainnya

Beberapa perusahaan perkebunan kelapa sawit juga memberikan tunjangan lainnya seperti tunjangan hari raya keagamaan, tunjangan hari raya nasional, dan lain sebagainya.

Kesimpulan

Bekerja di sektor perkebunan kelapa sawit memang menjanjikan gaji yang cukup tinggi dan fasilitas kerja yang baik. Namun, pekerjaan di sektor ini juga memiliki risiko yang tidak bisa diabaikan seperti risiko kesehatan dan lingkungan yang buruk.

Oleh karena itu, bagi Anda yang tertarik untuk bekerja di sektor perkebunan kelapa sawit, pastikan untuk mempertimbangkan dengan matang segala risiko dan keuntungan yang ada sebelum memutuskan untuk bergabung. Selalu berusaha untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan agar dapat bekerja secara lebih efektif dan efisien, sehingga dapat memperoleh hasil yang lebih baik dan memperoleh penghasilan yang lebih tinggi.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url