Gaji Karyawan Toko Kecil (UMKM): Berapa Besarannya?

Besaran Gaji Karyawan Toko Kecil (UMKM)

Bisnis toko kecil menjadi salah satu pilihan untuk memulai bisnis dengan modal kecil. Meskipun usaha toko kecil tidak membutuhkan modal besar, namun biasanya para pengusaha UMKM akan mempekerjakan karyawan untuk membantu mengelola toko tersebut. Toko kecil dapat berupa toko kelontong, toko sembako, warung, dan lain sebagainya. Posisi pekerjaan dalam mengelola toko kecil tidak banyak, namun setiap karyawan biasanya akan mendapatkan gaji yang nilainya hampir sama : Download Aplikasi Cek Daftar Gaji - GajiMu.

besaran gaji karyawan toko kecil (umkm)

Berapa Besar Gaji Karyawan Toko Kecil?

Gaji karyawan toko kecil biasanya menerapkan sistem gaji perbulan yang nominalnya didasarkan pada kesepakatan antara pemilik toko dan karyawan. Menurut informasi yang kami dapatkan, besaran gaji karyawan toko kecil berkisar antara Rp900.000 hingga Rp1.800.000 dalam satu bulan kerja. Walaupun gaji karyawan toko kecil tidak sebesar gaji karyawan di perusahaan besar, namun gaji tersebut cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari karyawan.
  1. Driver Rp1.300.000
  2. Kasir Rp1.800.000
  3. Office Boy Rp900.000
  4. Penjaga Etalase Rp1.500.000

Sistem Kerja Karyawan Toko Kecil

Karena toko kecil biasanya memiliki skala usaha yang tidak terlalu besar, maka sistem kerja karyawan toko kecil biasanya full time. Pekerjaan dimulai pada jam 8 pagi hingga jam 8 malam, dengan jam kerja yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan pemilik toko. Kebanyakan toko kecil yang masih merintis dari bawah akan membuka tokonya pada pagi hingga awal malam saja, atau jika dibuka hingga tengah malam, maka pemilik toko akan melanjutkan tugas karyawannya. Sesuai dengan perjanjian kerja, karyawan akan bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang dilakukan.
Contohnya, untuk posisi kasir yang bekerja menjalankan proses penjualan dan pembayaran, jika ada barang dari toko yang hilang maka kasir atau penjaga etalase, wajib mengganti kehilangan tersebut.

Ringkasan

Gaji karyawan toko kecil biasanya menerapkan sistem gaji perbulan yang nominalnya didasarkan pada kesepakatan antara pemilik toko dan karyawan. Besaran gaji karyawan toko kecil berkisar antara Rp900.000 hingga Rp1.800.000 dalam satu bulan kerja. Sistem kerja karyawan toko kecil adalah full time, dimulai pada jam 8 pagi hingga jam 8 malam. Karyawan akan bertanggung jawab terhadap pekerjaan yang dilakukan, dan harus mengganti kerugian jika ada barang yang hilang.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url