Istilah Dalam Pernikahan Adat Batak dan Dalihan Na Tolu

Istilah Dalam Pernikahan Adat Batak

istilah dalam pernikahan adat batak dan dalihan na tolu

Suhut, Parboru, dan Paranak

Suhut adalah kedua pihak yang memiliki hajatan dalam acara pernikahan adat Batak. Parboru adalah orang tua pengantin perempuan yang disebut juga Bona ni haushuton, sedangkan Paranak adalah orang tua pengantin pria yang disebut Suhut Bolon. Suhut Bolahan amak adalah suhut yang menjadi tuan rumah di mana acara adat diselenggarakan, sedangkan Suhut naniambangan adalah suhut yang datang.

Hula-hula, Dongan Tubu, dan Boru

Hula-hula adalah saudara laki-laki dari istri masing-masing suhut, sedangkan Dongan Tubu adalah semua saudara laki-laki masing-masing suhut. Boru adalah semua yang isterinya semarga dengan marga kedua suhut.

Dongan Sahuta dan Ale-ale

Dongan sahuta adalah arti harafiah "teman sekampung" semua yang tinggal dalam huta/kampung komunitas (daerah tertentu) yang sama paradaton/solupnya. Ale-ale adalah sahabat yang diundang bukan berdasarkan garis persaudaraan (kekerabatan atau silsilah).

Uduran dan Raja Parhata (RP), Protokol (PR) atau Juru Bicara (JB)

Uduran adalah rombongan masing-masing suhut maupun rombongan masing-masing hula-hulanya. RP, PR, atau JB adalah juru bicara yang ditetapkan masing-masing pihak.

Namargoar, Jambar, dan Dalihan Na Tolu (DNT)

Namargoar adalah tanda makanan adat yang menandakan makanan adat itu berasal dari satu hewan (lembu/kerbau) yang utuh dan dibagikan. Jambar adalah namargoar yang dibagikan kepada yang berhak, sebagai legitimasi dan fungsi keberadaannya dalam acara adat itu. DNT adalah terjemahan harafiah "Tungku Nan Tiga" satu sistem kekerabatan dan way of life masyarakat Adat Batak.

Solup

Solup adalah takaran beras dari bambu yang dipakai sebagai analogi paradaton, yang bermakna dihuta mana acara adat Batak diadakan solup/paradaton dari huta itu lah yang dipakai sebagai rujukan atau disebut dengan hukum tradisi "sidapot solup do na ro". Deskripsi Penelusuran: Pelajari lebih dalam tentang istilah dalam pernikahan adat Batak dan dalihan na tolu, sistem kekerabatan dan way of life masyarakat Adat Batak.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url