Adat Mangain Marga Batak: Pentingnya Mempertahankan Budaya dan Biaya yang Harus Diketahui

Adat Mangain Marga Batak: Pentingnya Mempertahankan Budaya

Biaya Mangain: Apa yang Harus Anda Ketahui Sebelum Melakukan Adat Mangain

adat mangain marga batak pentingnya mempertahankan budaya dan biaya yang harus diketahui

Pentingnya Mangain Marga

Adat Mangain Marga Batak adalah adat yang sangat penting dan kompleks. Adat ini dilakukan untuk mengangkat seseorang menjadi anak/boru atau memberi marga/boru kepada seseorang dari suku lain. Pentingnya melestarikan adat Batak dan menjalankan adat Batak hanya oleh orang Batak membuat adat mangain sangat penting dilakukan.

Prosesi Adat Mangain Marga

Prosesi adat mangain marga dilakukan dengan menghadiri unsur Dalihan Natolu yaitu Dongan Tubu, Boru, Hula-hula, ditambah satu lagi yaitu Dongan Sahuta (orang sekampung). Selain itu, prosesi mangain marga juga melalui pembicaraan serta kesepakatan oleh kedua belah pihak. Sehingga, adat mangain bukan hanya formalitas semata, tetapi harus dilakukan dengan benar dan tepat.

Biaya Mangain

Sebelum melaksanakan adat mangain, hal yang harus diketahui adalah tentang biaya mangain. Biaya mangain adalah biaya yang dikeluarkan oleh keluarga yang melakukan adat mangain. Biaya ini meliputi biaya makanan khas Pinahan Lobu (daging babi) dan uang atau piso-piso atau pasituak natonggi yang akan dibagikan kepada pihak hula-hula. Selain itu, biaya mangain juga meliputi biaya-biaya lain yang terkait dengan adat mangain.

Kesimpulan

Adat Mangain Marga Batak adalah adat yang sangat penting dan harus dilakukan dengan benar. Pentingnya menjalankan adat Batak hanya oleh orang Batak membuat adat mangain menjadi sangat penting. Sebelum melaksanakan adat mangain, hal yang harus diketahui adalah tentang biaya mangain. Biaya mangain meliputi biaya makanan khas Pinahan Lobu (daging babi), uang atau piso-piso atau pasituak natonggi dan biaya-biaya lain yang terkait dengan adat mangain.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url