Perbedaan Lengkap Hotel Bintang 1 sampai Bintang 5

Perbedaan Hotel Bintang 1 Hingga Bintang 5 Di Dunia


Teman-teman sibatakjalanjalan.com yang sering berjalan-jalan ke luar daerah dan kunjungan wisata pasti sering pernah mendengar penjelasan mengenai bahwa hotel A memiliki status sebagai Hotel Bintang 3 dan hotel B memiliki status sebagai Hotel Berbintang 5.  

Atau mungkin bahwa hotel C memiliki layanan seperti ini dan hotel memiliki fasilitas yang lebih baik dan sebagainya. 

Lalu sebenarnya apa sih perbedaan yang mencolok dari adanya status Bintang pada Hotel ?  

Baca sampai selesai ya teman-teman sibatakjalanjalan.com , Karena penulis akan menjelaskan perbedaan dan keunggulan daripada adanya status bintang pada hotel-hotel tersebut.


Perbedaan Hotel Bintang 1 sampai Bintang 5


tulisan papan hotel


Sebelumnya ada baiknya penulis sibatakjalanjalan menjelaskan apa sih “Hotel” itu sendiri, dan bagaimana sesuatu dapat disebut sebagai hotel . 

Hotel adalah suatu bangunan yang memiliki papan nama hotel, tempat parker, lobby, toilet umum, fasilitas makan dan minum, kamar tidur tamu, dapur, kantor, front office, housekeeping, security, manajemen dan lain sebagainya. 

Dimana hal ini diatur pada Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor PM 53/HM 001/ MPEK/2013 yang dapat teman-teman baca pada link yang diberikan.


Hotel Bintang 1


bantal kamar hotel bintang 1


Pada status Hotel Bintang 1, hotel tersebut diharuskan sudah memiliki plakat dan menampilkannya. 

Plakat merupakan sejenis sertifikat pengakuan mengenai keberadaan bangunan tersebut yang telah dapat disebut/dikategorikan sebagai hotel. 

Dan penempatan plakat ini diharuskan berada pada area yang dapat dilihat oleh tamu dengan jelas.


Fasilitas Hotel Bintang 1

Untuk fasilitas toilet di Hotel Bintang 1 harus sudah tersedia wastafel, sabun, cermin, tempat sampah, dan toilet pria. 

Fasilitas pendukung lainnya yaitu adalah adanya fasilitas kebakaran seperti pemadam kebarakan darurat. 

Untuk fasilitas kamar pada hotel Bintang 1 sudah harus memiliki kamar yang langsung menuju kamar mandi dengan kunci kamar mandi juga jendela yang dalam kondisi baik dan aman. 

Tempat tidur, tempat sampah, tanda/pemberitahuan peraturan hotel, lemari, lampu tidur, internet. 

Untuk layanannya harus juga tersedia wake up service, restaurant, room service dan kasir.


Hotel Bintang 2


outdoor hotel bintang 2


Pada Hotel Bintang 2, sama seperti halnya pada Hotel Bintang 1.  

Dimana adanya tambahan pada fasilitas sebagai berikut : bed side table, cermin panjang, ruang rapat, layanan kesehatan tamu seperti P3K.


Hotel Bintang 3


kolam berenang hotel bintang 3


Sama seperti hotel sebelumnya, yaitu Hotel Bintang 2. Namun ada beberapa tambahan fasilitas pada Hotel Bintang 3 seperti petunjuk arah kamar hotel dan ruangan lainnya, ada pula tambahan seperti taman dan tanaman penghias, baik di luar maupun di dalam hotel. 


Fasilitas Hotel Bintang 3 

Pada Hotel Bintang 3 ini, teman-teman sibatakjalanjalan.com juga akan menemukan telah tersedianya tempat parkir yang cukup luas, akses jalur untuk tamu hotel berkebutuhan khusus seperti penyandang disabilitas juga penyandang cacat, tersedianya buku panduan berupa penjelasan hotel, fasilitas area santai di hotel, juga telah tersedianya fasilitas pengering tangan pada toilet, baik akses khusus kepada penyandang cacat dan disabilitas untuk toilet. 

Pada Hotel Bintang 3 fasilitas yang diberikan akan tampak lebih mencolok lebih banyak fasilitas dan servicenya  seperti teman-teman dapat temukan pada ukuran tempat tidur yang lebih luas dan adanya meja di samping tempat tidur, kursi, telpon, alat pembuat kopi, dan fasilitas penunjang kamar lainnya. 

Untuk layanan lain, biasanya pada Hotel Bintang 3 biasanya pihak hotel sudah menyediakan layanan untuk teman-teman sibatakjalanjalan.com dapat menyewa mobil juga layanan pemanggil taxi yang bekerjasama dengan pihak hotel. 

Untuk fasilitas keamanan pada Hotel Bintang 3, pada sudut bangunan  hotel sudah juga harus memiliki CCTV di area-area sudut dan area tertentu, CSR, adanya pelayanan kesehatan untuk para pegawai hotel, penilaian kinerja tiap-tiap pegawai yang bekerja pada hotel, dan terakhir, bahwa pihak hotel sudah harus memiliki perencanaan kualiatas pengembangan SDM/Sumber Daya Manusia kedepannya.


Hotel Bintang 4


bangunan hotel bintang 4 dan kolam berenang


Pada Hotel Bintang 4, tentu sudah memiliki fasilitas yang sama seperti Hotel Bintang 3 sebelumnya, namun ada beberapa tambahan tentunya, seperti fasilitas dan kebutuhan-kebutuhan baik pihak hotel dan teman-teman sibatakjalanjalan.com yang akan menjadi tamu yang akan menginap nantinya. 


Fasilitas dan Penunjang Hotel Bintang 4 

Di Hotel Bintang 4 sudah memiliki apa yang disebut sebagai Duty Manager, Duty Manager yaitu Manajer pelaksana apabila manajer hotel tersebut tidak sedang berada di tempat/on-site

Duty Manager memiliki tugas sama seperti manajer pada umumnya hanya karena hotel yang harus stay 24  jam sehingga terkadang dibutuhkan SDM untuk siap melayani tamu-tamu hotel. 

Untuk karyawannya sendiri sudah memiliki standard SOP/Standar Operasional Prosedur setiap bagian-bagiannya. 

Dimana pada Hotel Bintang 4 ini perlu teman-teman sibatakjalanjalan ketahui sudah harus setidaknya minimal ada 100 karyawan dan mampu berbahasa inggris. 

Pada Hotel Bintang 4 juga sudah dilengkapi dengan pelayan yang siap mengantarkan teman-teman sibatakjalanjalan ke kamar yang dipesan, juga sudah tersedia business center, ruang pertemuan, toilet umum yang terpisah, dimana fasilitas toilet yang lebih lebar dan lengkap, 

Pada kamar di Hotel Bintang 4 juga sudah tersedia smoke detector atau alat pendeteksi asap apabila terjadi kebakaran, deposit box, dan fasilitas disable/penyandang cacat.


Hotel Bintang 5


kolam berenang hotel bintang 5


Pada status hotel yang terakhir, yaitu Hotel Bintang 5 maka fasilitas yang disediakan sudah terbilang sangat lengkap.  

Yang mungkin teman-teman sibatakjalanjalan ketahui bahwa untuk Hotel Bintang 4 saja sudah sangat lengkap, dan ini Hotel Bintang 5.  Pasti sudah lebih dari fasilitas Hotel Bintang 4. 

Seperti sudah tersedianya fasilitas lift/alat pengangkut katrol untuk barang bawaan tamu hotel. 

Dimana lift ini berbeda dengan lift untuk tamu. Fasilitas lainnya adalah bahwa di Hotel Bintang 5 sudah tersedia tidak hanya untuk restaurant hotel namun ragam restaurant telah tersedia di hotel ini. 

Seperti restaurant internasional pada umumnya. Untuk fasilitas bersantai sudah harus juga disediakan public bar di Hotel Bintang 5. 

Sedangkan untuk karyawan pada Hotel Bintang 5, karyawan sudah di fasilitasi locker untuk penyimpanan barang. 

Dan untuk fasilitas lainnya sangat terdapat beragam di Hotel Bintang 5 ini, bisa dikatakan bahwa pada Hotel Bintang 5 sudah harus menyediakan segala kebutuhan yang sekiranya tamu hotel butuhkan nantinya. 

Baik fasilitas maupun layanan dari hotel itu sendiri.


seorang wanita bersantai di kamar hotel


Sekian informasi dari penulis sibatakjalanjalan.com mengenai “Perbedaan Hotel Bintang 1 sampai Bintang 5” namun perlu sibatakjalanjalan jelaskan bahwa bisa saja sebuah Hotel Bintang 3 memiliki fasilitas seperti Hotel Bintang 4 dan beberapa kekurangan maupun kelebihan lain ada pada penjelasan sibatakjalanjalan dan apa yang teman-teman temukan nantinya. 

Horasss.
Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Bottom Ads