Sejarah Durian sebagai King Of Fruit dan bukti pada Candi Borobudur

Sejarah Durian sebagai King Of Fruit dan bukti pada Candi Borobudur

DURIAN


durian matang dan nikmat


Durian, atau buah durian.  Identik dengan buahnya dikelilingi dengan duri, lalu kemudian oleh aromanya yang begitu khas. Sangat sungguh menggoda penikmatnya, terutama pada saat musim durian tiba.  

Khusus pada daerah-daerah sekitar tempat tinggal penulis sibatakjalanjalan.com, durian sangat identik dengan acara Tahun Baru, atau khususnya sangat sering ditemukan pada masa bulan Desember hingga Januari. 

Bahkan jika teman-teman berkunjung ke rumah penulis, selepas masuk dan keluar komplek akan bertemu pedagang durian yang senantiasa hadir pada bulan Desember hingga Januari.


King Of Fruits


lanscape candi borobudur


Durian sendiri memiliki sejarah yang begitu panjang sehingga dijuluki oleh King Of Fruits atau raja dari buah-buahan. 

Dan perjalanan panjang penamaan buah ini tertulis dalam fakta, yaitu hal ini jelas tercatat baik dalam catatan sejarah penelitian dan buku, dan pada bukti yang paling tertua hingga kemudian ditemukan ukiran durian pada relief-relief ukiran tembok candi. 

Fakta ini kemudian yang semakin menegaskan bahwa tidak hanya aroma buah durian saja yang begitu kuat, namun juga dengan kisah sejarah dan asal-usul durian ini, dari waktu lampau hingga begitu lama, dan sampai pada hari ini. 

Sehingga durian tetap ada dan dapat teman-teman sibatakjalanjalan.com nikmati.


    1.       Sejarah Durian sebagai Raja Buah


kumpulan buah durian


Dalam catatan perjalanan Alfred Russel Wallace ke Nusantara dan tempat-tempat wisata pada tahun 1856. 

Alfred yang juga merupakan seorang Botani ( Botani/ilmu Botani adalah ilmu yang mempelajari tentang tumbuh-tumbuhan.  Seperti jamur, alga, mikologi dan fikologi) . 

Dalam jurnal berjudul On the Bamboo and Durian of Borneo ,  Alfred Russel Wallace menyematkan kata King of Fruit pertama kali teruntuk buah durian Nusantara, buah yang diketahui memiliki aroma yang sangat menyengat juga khas dari hutan tropis Nusantara. 

Tidak hanya Alfred Russel Wallace saja, dalam relief di permukaan candi Borobudur, jika teman-teman sibatakjalanjalan hendak berkunjung dalam perjalanan wisata candi Borobudur akan menemukan relief pohon durian bersama 11 wanita kerajaan, hal ini semakin mengindikasikan bahwa informasi dan fakta durian Nusantara memang terkenal dan layak dijuluki dengan King Of Fruit

Sekarang teman-teman sibatakjalanjalan sudah ketahui tentang kedudukan durian Nusantara pada masa lampau memiliki sejarah yang begitu penting . 

Untuk candi Borobudur sendiri, diperkirakan sejarah candi Borobudur dibangun pada tahun 775-820 Masehi. 

Dan jika kita coba kembali pada tahun jurnal Alfred Russel Wallace, hal itu berarti sekitar 1300 tahun yang lalu, masyarakat Nusantara telah mengenal durian. Jauh sebelum Alfred Russel Wallace menulis jurnalnya.


    2.      Jenis dan Tempat Durian


buah durian yang matang


Untuk durian sendiri, yang kemudian dijuluki Raja Buah Dunia ini diketahui oleh penulis sibatakjalanjalan.com setidaknya ada sekitar 29 spesies/jenis. 

Yang dimana teman-teman sibatakjalanjalan.com dapat menemukan 20 dari 29 jenis tersebut di Indonesia. 

Spesies/jenis King of Fruit ini dapat ditemukan di Jawa, Bali, Sulawesi, Maluku, Papua dan paling banyak terdapat di Sumatera dan Kalimantan

Dan jika berkunjung ke Kalimantan, buah durian ini dapat teman-teman temukan tumbuh secara liar hanya teruntuk daerah Kalimantan saja. 

Namun dari 29 jenis buah 3durian yang dapat tumbuh di Nusantara, hanya 9 jenis/spesies durian saja yang dapat dimakan yang berada dan dapat tumbuh di Indonesia.


Berikut spesies/jenis durian yang dapat dimakan dari informasi Herbanium Bogorniese, Bidang Botani, Pusat Penelitian Biologi LIPI :

    1. Durio Dulcis (termasuk di dalamnya Durian Marangang/merangang, durian merah, durian lahong)
    2. Durio Exelcus (Apun)
    3. Durio Grandiflorus (Sukang)
    4. Durio Graveolens (Tuwala)
    5. Durio Kutejensis (Lai dan nyekak atau pekawai)
    6. Durio Lowianus (Teruntung)
    7. Durio Oxleyanus (Durian sukang, Durian Beludu, Kerantungan)
    8. Durio Testudinarum (Sekura)
    9. Durio Zibethinus (Durian)

    3.      Berbagai Olahan Durian


pedagang durian


Zaman yang serba modern kini, membawa banyak pengaruh kepada teman-teman konsumen makanan menginginkan hal-hal unik. 

Dan tidak ditemukan hanya pada barang atau kemudian pernak-pernik saja, hal unik sudah merambah hingga makanan dan minuman, contohnya saja seperti olahan durian yang kini dapat kita temui dalam berbagai variasi dan rasa unik. 

Yaitu olahan durian yang dapat ditemui seperti pancake durian, ketan durian, sop durian, es krim durian, bolu durian, pudding durian hingga olahan tempoyak durian. 

Hmmm sangat beragam dan bervariasi, dan tentunya sangat menggugah lidah untuk turut mencoba dan menikmati King of Fruit atau Raja Buah ini. 

Sekian artikel sibatakjalanjalan tentang King Of Fruit Nusantara tentang Durian, semoga bermanfaat dan menambah wawasan teman-teman sibatakjalanjalan sekalian. 

Horass.

Posting Komentar

0 Komentar