Perbedaan Hotel-Hostel-Motel-Guesthouse-Homestay Dan Villa

Perbedaan Hotel-Hostel-Motel-Guesthouse-Homestay Dan Villa

Perbedaan Hotel, Hostel, Motel, Guestgouse, Homestay Dan Villa


Teman-teman sibatakjalanjalan.com sering mendengar dan melihat papan informasi mengenai HOTEL, HOSTEL, MOTEL, GUESTGOUSE, HOMESTAY DAN VILLA.  

Baik dalam perjalanan kunjungan wisata menuju tempat-tempat wisata. Atau bahkan di daerah sekeliling kota tempat tinggal teman-teman pembaca sekalian. 

Dan sebelum berkunjung ke hotel,hostel, motel, guesthouse, homestay dan villa. Pastikan teman-teman sudah membaca peraturan tempat-tempat penginapan ini sebelumnya.


Hotel, Hostel, Villa dan Losmen

Akan penulis sibatakjalanjalan jelaskan secara jelas dan lengkap di bawah ini, baca sampai habis ya teman-teman.


Hotel


hotel

Kriteria sesuatu dapat disebut “Hotel” sebelumnya sudah pernah penulis sibatakjalanjalan.com bahas dalam artikel Perbedaan Hotel Bintang 1 hingga 5

Dan untuk melengkapi artikel yang akan kita bersama bahas hari ini, ada baiknya penulis jelaskan kembali. Hotel adalah suatu bangunan yang memiliki papan nama hotel, tempat parkir, lobby, toilet umum, fasilitas makan dan minum, kamar tidur tamu, dapur, kantor, front office, housekeeping, security, manajemen dan lain sebagainya. 

Dimana hal ini diatur pada Peraturan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Nomor PM 53/HM 001/ MPEK/2013 yang dapat teman-teman baca pada link yang diberikan oleh sibatakjalanjalan berikut.


Hostel


hostel


Disadur dari penjelasan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), Hostel merupakan suatu bangunan yang memiliki biaya yang relative lebih murah/terjangkau daripada harga hotel biasanya.

Hotel juga dapat berupa bangunan yang mendapat bantuan dari pemerintah untuk kemudian dapat ditinggali oleh mahasiswa, karyawan dalam masa pelatihan dan sebagainya.

Dan penting teman-teman sibatakjalanjalan ketahui bahwa sering juga Hostel dikenali dalam masyarakat sebagai Asrama


Motel


motel

Dari namanya mungkin teman-teman yang sedang dalam perjalanan dan atau sekilas melihat papan bertuliskan Motel akan mulai menebak-nebak tentang kebergunaannya, mungkin juga teman-teman bahkan belum pernah melihat papan bangunan Motel ini.

Jadi apa sebenarnya Motel ini ?

Motel
merupakan singkatan dari “Motor-Hotel” . 

Motel sendiri memang sangat identik dank has bagi teman-teman yang sedang dalam perjalanan panjang namun hendak ingin sejenak beristirahat untuk kemudian melanjutkan perjalanan.

Di Motel ini, teman-teman tidak hanya akan menemukan kendaraan berupa motor saja di tempat parkir, namun juga pengendara roda 4 dan lebih.


Guesthouse


guesthouse

Yang paling mudah dikenali dari tempat bernama Guesthouse merupakan bahwa bangunan ini terdiri dari tidak lebih 20 kamar. 

Yang dimana apabila teman-teman memiliki bangunan dengan 20 kamar yang dapat disewakan maka bangunan tersebut dapat dijadikan tempat bernama “Hotel” dan jika tidak, maka disebut “Guesthouse”.

Guest sendiri berarti “tamu” dan House berarti “rumah” . Meskipun Guesthouse memiliki konsep seperti rumah, namun kelengkapan dan fasilitas di dalamnya belum tentu lengkap seperti layaknya Homestay.


Homestay


homestay

Jika kita bersama mengartikan “Homestay” akan menjadi “Home yang berarti rumah” dan “Stay yang berarti tinggal” .

Dan memang pada dasarnya kebergunaan bangunan Homestay merupakan sebuah rumah yang dapat teman-teman bersama tinggali beramai-ramai bersama rombongan dalam perjalanan menuju destinasi wisata nantinya.


Villa


villa

Untuk teman-teman yang sering berwisata dengan lingkungan alam pegunungan dan bukit, pasti pernah dan sering melihat suatu tempat dengan nama Villa.

Villa memang paling sering di temukan pada daerah dataran tinggi dimana fasilitas yang diberikan biasanya berupa fasilitas privasi satu bangunan utuh dimana teman-teman tidak dapat diganggu oleh pengunjung lain sehingga dapat menikmati liburan berkualitas bersama teman dan keluarga, penulis rekomendasikan untuk tinggal di tipe bangunan ini.

Namun jangan salah ya teman-teman untuk Villa sendiri, juga dapat ditemukan di sekitaran pantai dan destinasi-destinasi wisata.

Lalu tentang Harga.

Tipe bangunan yang lebih murah atau lebih mahal dari Hotel, Hostel, Motel, Guestgouse, Homestay Dan Villa. 

Sebelum jauh membahas mengenai harga sewa tipe bangunan mana yang paling mahal dan paling murah, perlu penulis sibatakjalanjalan jelaskan bahwa harga sewa pada tipe bangunan ini bisa berbeda-beda tergantung lokasi, fasilitas, tempat dan tentu hal-hal pendukung lainnya. 

Dan disini kita bersama akan menempatkan sebagaimana Hotel sebagai acuan harga yang paling tinggi. 

Karena hotel sendiri memiliki tingkatan dan standarisasi yang memang teruji, seperti halnya sebuah hotel dapat disebut sebagai Hotel Bintang 1 hingga Hotel Bintang 6 yang ada saat ini.

    1. Hotel
    2. Hostel dan Motel
    3. GuestHouse dan Homestay


Namun berbeda dengan Villa, Villa sendiri bisa memiliki harga rata-rat 2 x lipat dari harga 1 kamar Hotel Bintang 3 pada umumnya, karena memang pada dasarnya saat menyewa Villa, teman-teman sama halnya menyewa 1 bangunan rumah beserta fasilitas dan isinya.

Baca juga tentang perbedaan penginapan hotel syariah dan hotel pada umumnya di artikel sibatakjalanjalan sebelumnya.

Demikian artikel sibatakjalanjalan.com kali ini tentang "Perbedaan Hotel, Hostel, Motel, Guestgouse, Homestay Dan Villa" .

Semoga bermanfaat dan menambah ilmu pengetahuan.

Horasss.

Posting Komentar

0 Komentar