Fakta Menarik Asal-Usul Nama Pasar Di Jakarta Dengan Nama Hari

Pasar di Jakarta


buah sayur dan bahan lainnya yang ada di pasar


Teman-teman pembaca sibatakjalanjalan.com pasti pernah menengar tentang pasar-pasar yang berada di Jakarta, Ibukota Negara Indonesia ini dengan penambahan nama hari dibelakangnya, seperti Pasar Senen, Pasar Rebo atau mungkin penambahan nama yang unik, seperti Pasar Tanah Abang.

Menjadi pertanyaan, apakah ada pasar-pasar lain yang belum tercatat seperti pasar selasa, kamis, jumat dan sabtu di ibukota, Jakarta. Atau mungkin ada pasar lain bernama pasar tanah adek  ?
Haha.

Hal ini menjadi menarik dan uniknya pasar-pasar ini tidak hanya dibuka pada hari-hari dengan apa yang berikut di belakang nama pasar ini. 

Seperti Pasar Senen dan Rebo yang tidak hanya buka pada hari senin dan rabu saja. Namun faktanya adalah bahwa Pasar Senen dan Rebo memang buka setiap hari.


Lalu mengapa disebut begitu ?

Teman-teman penasaran ? Baca sampai habis ya, karena penulis sibatakjalanjalan.com akan membagikan kisah dan fakta menarik tentang keberadaan pasar di ibukota Negara kita ini, Jakarta.


    1.       Pasar Senen


pasar senen


Pasar Senen merupakan pasar tertua yang ada di Jakarta. Dibangun oleh seorang tuan tanah Belanda bernama Justinus Vinck pada tahun 1730 . 

Dahulu Pasar Senen dikenal dengan nama “Vinckpassser” atau yang berarti Pasar Vinck. Dan Pasar Vinck/Vinckpasser ini hanya dibuka pada hari Senin saja pada awalnya. Maka akrab disebut juga dengan Pasar Senen.


lukisan justinus vinck


Fakta menarik dari Pasar Senen atau dahulu bernama Vinckpasser adalah bahwa pasar ini merupakan pasar yang pertama menerapkan sistem jual-beli dengan menggunakan uang, sebagai alat jual-beli yang sah.


    2.      Pasar Rebo


pasar kramat jati


Seperti namanya, Pasar Rebo . Memang pada awalnya hanya buka pada hari rabu saja, namun kini pasar rebo buka setiap hari. 

Dahulu berada di Jalan Raya Bogor, kini Pasar Rebo dulu telah berganti nama menjadi Pasar Induk Kramat Jati

Adapun fakta perubahan nama ini dilakukan oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin yang sempat memindahkan lokasi pasar tersebut. 

Kini Pasar Rebo telah menjadi salah satu nama kecamatan yang cukup terkenal di daerah Jakarta Timur.


    3.      Pasar Minggu


pasar minggu


Dahulu, nama Pasar Minggu merupakan “Tanjung Oost Passer” , dan sebelumnya dahulu lokasi Pasar Minggu berada di Kampung Lio dipinggir Kali Ciliwung

Lalu pada tahun 1920 Pasar Minggu dipindahkan ke dekat rel kereta api yang bersebrangan langsung dengan terminal bus. 

Dan tahun 1930-1931 dilakukan pembangunan pasar dan fasilitas yang ada termasuk jalan yang menghubungkan Pasar Minggu dengan Manggarai. 

Faktanya tentang Pasar Minggu ini adalah bahwa Pasar Minggu merupakan nama kawasan perkampuan tua yang berada di Jakarta Selatan.


    4.      Pasar Tanah Abang


pasar tanah abang


Adakah yang dimaksud dengan juga dengan Pasar Tanah Adek ? sebenarnya maksud dari tanah Abang bukan merupakan “Abang” yang berarti saudara laki-laki  lebih tua, namun ternyata kata “Abang” dalam Pasar Tanah Abang sendiri berasal dari bahasa Jawa, Abang yang berarti merah

Dan memang dahulu Pasar Tanah Abang berada diatas tanah yang berwarna merah dan dilalui oleh para tentara Mataram

Pasar Tanah Abang dibangun oleh pemilik yang sama dengan Pasar Senen, yaitu adalah Justinus Vinck pada tahun 1735 dengan izin dari Gubernur Jenderal Abraham Patramini

Dimana, izin Pasar Tanah Abang hanya diperbolehkan untuk melakukan penjualan tekstik dan barang kelontong. 

Dan faktanya Pasar Tanah Abang yang sebelumnya hanya buka pada hari sabtu saja menjadi dua kali seminggu pada tahun 1881, dimana penambahan harinya adalah hari rabu.

Penambahan hari buka pada pasar ini dikarenakan Pasar Tanah Abang mampu menyaingi pasar sebelumnya yaitu Pasar Senen dalam penjualan.

Hal inilah yang menjadikan juga Pasar Tanah Abang menjadi salah satu pasar yang legenda di Ibukota, Jakarta. 

Demikian informasi tentang nama-nama pasar di Jakarta dan fakta menarik yang dapat penulis sibatakjalanjalan.com bagikan. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan. 

Horasss.
Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1