REVIEW 12 Daftar Bus Lintas Sumatera – Jawa Termewah Rekomendasi 2023

Daftar Bus Lintas Sumatera Jawa Termewah 2023


Bus lintas pulau Sumatera ke pulau Jawa banyak ragam dan jenisnya. 12 Bus termewah untuk lintas Sumatera hingga ke Jawa ini akan menjadi pilihan teman-teman sibatakjalanjalan nantinya untuk dapat melakukan perjalanan jarak jauh dengan moda transportasi darat menggunakan bus.

Beberapa bus dibawah ini dapat memiliki kualitas yang lebih baik daripada review yang penulis buat, atau malah sebaliknya. Bus tersebut bisa saja memiliki kualitas kurang baik kala teman-teman sibatakjalanjalan tumpangi.

Penulis harap, teman-teman juga dapat membagikannya nanti pada kolom komentar dibawah, agar teman-teman pengunjung sibatakjalanjalan mendapat review sehingga menjadi informasi berguna.
Tulisan ini juga sangat direkomendasikan kepada teman-teman bus mania dan juga pengelola Perusahaan Otobus (PO) agar menjadi tempat berbagi untuk saling memberikan informasi.

review 12 daftar bus lintas sumatera jawa termewah rekomendasi 2021


*. Review di bawah ini bukan berdasarkan rating, urutan dibawah ini disusun secara acak

1. Omah Mlayu

Review bus Lintas Sumatera – Jawa Termewah pertama adalah PO Bus Omah Melayu, yang merupakan nama dari adopsi bahasa Jawa yang berarti “rumah balap”. Po bus Omah Bus menawarkan interior mewah seperti halnya hotel bintang 5. 

bus mewah lintas jawa sumatera bus omah mlayu


Asal Po Bus Omah Melayu/Nusantara ini berasal dari kota Kudus, provinsi Jawa Tengah. Untuk spesifikasi mesin, Bus Omah Mlayu memiliki mesin Swedish Scania K124IB , untuk kebutuhan hiburan bus Omah Mlayu dilengkapi dengan berbagai fasilitas mewah seperti karoke, TV LCD, kursi pijat, Wifi sehingga terasa seperti Home Theater di rumah.

2. PO Agramas

Perusahaan Otobus Agramas dilengkapi fasilitas mewah seperti halnya teman-teman sibatakjalanjalan terbang dengan pesawat first class/kelas utama. Kabin bus yang telah dirancang agar suara dari kompartemen belakang tidak mengganggu kenyamanan penumpang saat menggunakan fasilitas bus PO Agramas. 

bus mewah lintas jawa sumatera po agramas


Adapun perlengkapan yang disediakan adalah layar LCD 10 inci pada setiap kursi lengkap dengan headrest.

Adapun untuk kekuatan mesin bus PO Agramas menggunakan double decker Scania K410 IB.

3. PO Brilian

Perusahaan bus Brilian juga dikenal sebagai ‘Sleeper Bus’, dan menjadi pelopor sleeper bus regular pertama di Indonesia.

bus mewah lintas jawa sumatera po brilian


Fasilitas dalam PO Brilian yang dapat teman-teman nikmati nantinya, yaitu dilengkapi dengan Ac, tv disetiap masing-masing kasur, bantal,selimut, sandal loker spatu, dispenser, the dan kopi, dan masih banyak lagi.

Dan pada umumnya jenis sleeper bus kebanyakan dirancang hanya untuk penumpang berjumlah 18-20 saja, karena ruang lainnya akan digunakan sebagai fasilitas penunjang bagi penumpang sleeper bus.

4. PO Efisiensi

Setelah melihat beberapa PO bus yang dilengkapi dengan fasilitas mewah pada interior bus, saatnya penulis sibatakjalanjalan juga merievew PO bus yang dilengkapi fasilitas mewah pada mesin bus.
 
bus mewah lintas jawa sumatera efisiensi


Salah satunya PO bus Efisiensi, PO Efisiensi dilengkapi dengan Mercedes-Benz OC 500 RF 2542 dengan tipe mesin OM457LA 11.967 CC Turbo Intercooler yang dapat diubah menjadi tenaga maksimum pada 310 kW atau senilai 420 HP(horse power) pada RPM 2.000 dan torsi puncak 1.900 Nm di 1.100RPM. Dan yang paling menggugah rasa penasaran dengan PO bus Efisiensi adalah kinerja mesin yang sepenuhnya dikendalikan dengan computerized.

Untuk keamanannya, PO Efisiensi menggunakan rem disc brake dengan ESP atau Electronic Stability Program, anti slip di jalan. Ditambah dengan sistem pengereman ABS atau Anti Lock Braking System, lengkap dengan Electronik Brake force Distribution (EBS) dan Retarder.


5. PO Harapan Jaya Avante

PO Harapan Jaya Avante dilengkapi dengan chassis Scania K 360IB. Bus mewah Luxury Class yang siap memanjakan teman-teman sibatakjalanjalan dengan AC, Audio, bantal, selimut, sandaran kaki,WiFI, Toilet dan yang yang paling jarang teman-teman temui adalah Smoking Area.

bus mewah lintas jawa sumatera harapan jaya avante


Fasilitas pada PO Harapan Jaya juga dilengkapi dengan kpi dan tes serta makan gratis 2 x. JIka teman-teman merasa kelelahan seharian sebelum menggunakan moda transportasi bus Harapan Jaya, bus ini juga dilengkapi dengan kursi pijat.

6. PO Metropolitan Bus Imah Leumpang

bus mewah lintas jawa sumatera bus imah leumpang


Bus mewah Imah Leumpang dari PO Metropolitan ini dilengkapi fasilitas yang membuat teman-teman sibatakjalanjalan nantinya merasa sangat terfasilitasi. Beberapa fasilitas yang akan penumpang temui yaitu VCD/DV, Karaoke, Kursi Pijat, Lemari Pendingin, Kitchen Set hingga Ruang Meeting dalam bus. Bus Imah Leumpang juga menyediakan kamar tidur untuk teman-teman nantinya.

7. PO Nusantara Omah Mlaku

Berbeda dengan PO Bus Omah Mlayu, PO bus Omah Melayu dilengkapi dengan kemewahan lengkap seperti dapur kering yang didalamnya ada microwave, pemanas air, kulkas, pemanggang roti. Untuk fasilitas kenyamanan penumpang sibatakjalanjalan nantinya dilengkapi dengan WiFi dan Karaoke. 

bus mewah lintas jawa sumatera omah mlayu


Untuk kursi, PO bus Omah Mlaku dilengkapi dnegan sofa kulit dengan kursi pijat elektronik, televise 32 inci dan berbagaii hiburan menarik.

8. PO Pelita Paradep

Terkenal di wilayah Sumatera Utara, PO bus Pelita Paradep/bus Paradep ini juga seiring waktu memperbaharui fasilitas dan kelengkapan bus yang dimilikinya.
Adapun fasilitas pada bagian kabinnya, penumpang PO bus Pelita Paradep akan dimanjakan dengan tiga unit LCD pada langit-langit bus, satu unit TV LCDF di dek bawah, dan terdapat dua unit TV LCD di dek atas.

bus mewah lintas jawa sumatera pelita harapan


Pada interior bus PO Pelita Paradep dilengkapi dengan konsep interior yang modern dan premium.
Untuk chasis pada bus Paradep, dengan menggunakan Marcedes Benz 2542 yang terkenal tangguh dan memiliki mesin yang bertenaga.

9. PO Rosalia Indah

bus mewah lintas jawa sumatera rosalia indah


Bagi teman-teman sibatakjalanjalan yang berada di pulau Jawa, tentu sangat akrab dengan PO bus yang satu ini, PO Rosalia Indah.

Bus PO bus Rosalia Indah tidak hanya mewah, namun juga canggih. Dimana fasilitas mewah pada bus PO Rosalia Indah yaitu tersedianya fitur personal audio-video dengan layar yang berukuran cukup besar, untuk tempat duduknya sudah dilengkapi dengan busa tebal serta lebar agar tetap nyaman menempuh perjalanan berjam-jam.

10. PO Sempati Star

bus mewah lintas jawa sumatera sempati star


Berasal dari tanah Aceh, bus PO Sempati Star juga telah melanglang buana hingga pulau Jawa. Dengan mesin Scania K410 dan Mercedes Benz 2542 dipadu dengan bodi Jetbus 2+ Super Double Decker membuat bus ini terlihat mewah. Untuk menunjang mobilitas teman-teman sibatakjalanjalan nantinya dalam bus, sudah tersedia fasilitas TV LCD, Colokan Listrik, Charger, Lampu penerangan dan selimut di setiap tempat duduk.

11. PO Sinar Jaya

bus mewah lintas jawa sumatera sinar jaya


Bus PO Sinar Jaya dengan Suites Class adalah pilihan bagi teman-teman yang menginginkan fasilitas privat. Dengan keseluruhan jok hanya berjumlah 21 seat yang dimana masing-masing tempat duduk memiliki sekat dan tirai. Untuk hiburan saat diperjalanan, bus dilengkapi dengan AVOD (Audio Video On Demand). Untuk kenyamanan perjalanan teman-teman sibatakjalanjalan juga nantinya bila menggunakan bus Sinar Jaya adalah bahwa sudah dilengkapi dengan dispenser air dingin dan hangat untuk menyeduh kopi atau teh bila sewaktu-waktu butuh air panas atau dingin.

12. PO. AM Trans AM Trans Luxurios

bus mewah lintas jawa sumatera am trans luxurios


Sesuai namanya, Po AM Trans Luxurios memiliki fasilitas layaknya hotel pada bus untuk memanjakan penumpang. Fasilitas yang dimiliki PO bus AM Trans Luxurios asal Bandung ini yaitu karaoke, kursi pijat, AC, Sofa, Home Theater juga kitchen set berukuran kecil. Bahkan ruangan khusus perokok atau Smoking area juga ada di dalam fasilitas bus PO Am Trans Luxurios. Adapun chasis yang digunakan yaitu Hino RM-8 R260 yang telah dimodifikasi dengan tambahan 1 gardan agar performasnya semakin bertenaga.

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url