9 Bus dengan Rute Terjauh Lintas Sumatera - Jawa Referensi Bus untuk Mudik

Bus dengan Trayek terjauh Sumatera-Jawa


Bus Sumatera Jawa - Selain dengan alat transportasi saat ini dengan pesawat udara yang memiliki keberagaman harga dan cara pembelian tiketnya yang telah tersedia melalui online, dahulu orang-orang mengandalkan Bus/Bis menjadi moda transportasi utama antar provinsi dan pulau.

bus dengan rute terjauh lintas sumatera jawa referensi bus untuk mudik

Contohnya saja orang-orang Batak dahulu yang pertama sekali merantau ke Jakarta, dengan bus yang tidak selalu dapat berangkat tiap hari dan waktu seperti pesawat terbang, menumpang bus dari Sumatera hingga DKI Jakarta bisa memakan waktu berhari-hari bahkan 1 minggu lebih.

Dibawah ini, sibatakjalanjalan akan membagikan Bus dengan rute terjauh dair Sumatera hingga Jawa yang telah berdiri sejak lama dan dapat menjadi pilihan alternative teman-teman kala akan mudik atau pulang kampung nantinya.

9 Daftar Bus antar Lintas Sumatera - Jawa

1. ALS (Antar Lintas Sumatera) 

Di kota asal penulis, kecamatan Tarutung kabupaten Tapanuli Utara, Bus ALS atau Antar Lintas Sumatera ini cukup terkenal dan memiliki stasiun sendiri. Bus ALS sangat identik dengan warna hijau. Perusahaan Otobus atau PO BUS ALS berasal dari Mandailing, dan merupakan Bus dengan rekor jarak terjauh dari 9 daftar bus yang sibatakjalanjalan bagikan. Ada banyak julukan untuk bus ALS, dari “penguasa jalan dari sumatera” dan “siraja paket” karena muatan paketnya sangat banyak. Untuk rute perjalanan PO BUS ALS yaitu : medan-malang-solo dan jember (Jawa Timur). Untuk rute 1 bus ALS bisa menempuh perjalanan sepanjang 2920 KM yang ditempuh bisa sampai 1 minggu bahkan lebih.
Aneka Jaya (jalur lintas timur, dikenal juga sbg AKAP, melayani Surabaya-pacitan dll, rute terjauh Pacitan-pekanbaru:1969KM:50jam.

bus antar lintas sumatera


2. Bus Aneka Jaya

Bus Aneka Jaya, dikenal juga sebagai Bus AKAP melayani rute Surabaya-Pacitan pada umumnya, namun bus Aneka Jaya juga melayani tujuan Pacitan-PekanBaru dengan jarak tempuh 1969KM atau selama 50 jam perjalanan.

3. Handoyo 

bus handoyo
Bus Handoyo memiliki pusat/basis di Magelang, Bus Handoyo melayani rute Solo-PekanBaru dengan jarak tempuh 1872 atau selama 50 jam perjalanan dari pulau Jawa hingga pulau Sumatera.

4. Lorena 

Bus Lorena dahulu merupakan bus Pariwisata dan melayani akomodasi transportasi Bogor-Jakarta. Dan seiring perkembangan zaman, bus Lorena yang juga merupakan salah satu operator bus transjakarta ini melayani transportasi Jakarta-Medan dengan jarak tempuh 1973 atau selama 60jam perjalanan.

bus lorena

5. Medan Jaya 

Bus yang terkenal dengan kecepatannya untuk tujuan Medan-Jakarta salah satunya disematkan pada bus Medan Jaya. Bus Medan Jaya menempuh 1993 KM perjalanan dengan waktu 60jam perjalanan. Ada 4 kelas pada bus Medan Jaya, yaitu kelas Patas AC-Toilet, Ekonomi, Eksekutif, dan Super Eksekutif. Untuk kelas Super Eksekutif hanya untuk rute Medan-Pekan Baru.

bis medan jaya

6. NPM (Naikilah Perusahaan Minang) 

Sesuai dengan namanya NPM atau Naikilah Perusahaan Minang merupakan bus yang berasal dari tanah minang sumatera barat. Bus NPM juga tersedia dalam layanan bus pariwisata. Bus NPM melayani trayek Medan-Jakarta-Bandung-Bukit Tinggi dengan waktu perjalanan 43jam atau 1999KM.

bus npm

7. PMTOH 

bus pmtoh

Selain bus ALS pada urutan pertama, bus PMTOH juga terkenal dengan muatan paket bus yang banyak. Bus PMTOH melayani trayek Medan-Solo-Yogya-Bandung dan Tasik. Yaitu sejauh 2524KM perjalanan dan waktu tempuh 67 jam perjalanan.

8. Putra Pelangi 

bis putera pelangi

Bus Putra Pelangi adalah salah satu bus yang paling mewah dan nyaman di tumpangi menurut sibatakjalanjalan.com . PO (Perusahaan Otobus) Putra Pelangi berasal dari Banda Aceh dan melayani rute Banda Aceh-Jakarta dengan jarak tempuh 2551 KM atau selama 25 jam perjalanan.

9. SAN (Siliwangi Antar Nusa) 

PO (Perusahaan Otobus) BUS SAN telah berdiri semenjak tahun 1978. Bus SAN melayani rute Bengkulu-Jakarta dnegan rute terjauh Pekanbaru-Solo dengan jarak tempuh 1869 dan waktu perjalanan 50 jam.

bus san

Demikian '9 daftar bus dengan trayek terjauh' yang sibatakjalanjalan review untuk dapat menjadi bahan referensi teman-teman nantinya kala melakukan perjalanan antar lintas provinsi dan pulau sumatera dan jawa.

Baca juga artikel lainnya :
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url