Review iPhone 13, Mini, Pro dan Pro Max HP 10 Jutaan Terbaik

Review iPhone 13


iPhone 13 yang baru beberapa waktu lalu diluncurkan memang membuat orang-orang bertanya, termasuk sibatakjalanjalan. Tentang bagaimana dan apakah handphone harga 10 jutaan ini sudah mulai memasuki pasar dan menguasai ponsel millenial.


TIPS Kapan waktu terbaik membeli iPhone ? setidaknya tidak dalam waktu dekat ini, dan kapan waktu pasti dan bagaimana teman-teman sibatakjalanjalan membeli iPhone 13 akan penulis jawab di akhir artikel.

versi iphone 13 terbaru 10 jutaan
Varian iPhone 13 Reguler, Mini, Pro dan ProMax

Kelebihan iPhone 13

1. Desain

Dari sisi desain, ponsel pintar keluaran produsen ini cukup mudah dikenali. Dari sisi depan sebagai pengusung poni pada pasar smartphone dan dari sisi belakang dikenali dari susunan kameranya yang memang khas dari seri sebelumnya, iPhone 12.

iPhone 13 masih menggunakan bentuk desain yang sama seperti iPhone 12, bahan frame aluminium dan pinggiran yang rapi. Untuk membedakan seri iPhone ini dengan seri sebelumnya dengan mudah dilihat dari susunan kamera, sedikit lebih miring.

tampak depan dan belakang iphone 13
Tampilan depan dan belakang iPhone 13
Pada pandangan pertama, mungkin teman-teman akan mudah 'jatuh cinta' pada kilauan smartphone ala anak millenial ini, seakan yakin mudah terasa licin dan rentan jatuh, ternyata Apple sudah mengantisipasi hal tersebut dengan membuat sudut iPhone 13 lebih flat dan adanya grip tambahan di telapak tangan. Sibatakjalanjalan rasa memang disinilah letak keunggulan produk yang di tawarkan oleh Apple, selalu memperhatikan kebutuhan dan pengalaman pengguna perangkat yang dihasilkan oleh mereka.

Untuk dimensi dan berat iPhone 13, bermassa cukup ringan di 174 gram dan ketebalan 7.7 mm. Sudah bersertifikat IP68 yang berarti smartphone ini tahan di kedalaman 6 meter selama 30 menit.
Varian warna yang ditawarkan : Starlight, Midnight, Blue, Pink, dan Red.

2. Layar

iPhone 13 menggunakan panel layar Super Retina XDR OLED dengan ukuran layar 6,1 inci (86% rasio layar ke body), resolusi 1170 x 2532 piksel, dimana kepadatannya mencapai 460 ppi, rasio 19,5:9 mendukung HDR10 dan Dolby Vision dalam peningkatan kontras dan dinamis pada konten-konten HDR.

Fitur iPhone 13 yang nantinya teman-teman sibatakjalanjalan temui adalah pengaturan tempratur otomatis pada layar, yaitu TrueTone. Lalu fitur Haptic Touch Taptic Engine.

Untuk kecerahan layar yang dihasilkan, mencapai 800 nits dan kecerahan puncak berada di 1200 nits.

ceramic shield by corning
Ceremic Shield pada iPhone 13
Proteksi Layar
Pada bagian proteksi layar, iPhone 13 masih mengusung proteksi layar yang juga digunakan pada produk seri sebelumnya (iPhone 12) dengan menggunakan ceramic shield. Lapisan layar yang ini sesungguhnya merupakan perusahaan Corning yang akrab dengan produknya, Corning Gorilla Glass. Apple dan Corning melakukan kerjasama untuk menghasilkan ceramic shield yang dibuat dari kristal nano-keramik, yang diklaim memiliki kemampuan lebih kuat dari kebanyakan logam dalam kaca.
Sibatakjalanjalan juga ketahui bahwa produk ceramic shield pada iPhone 13 lebih ringan dan tidak mudah ditembus oleh panas dan aliran listrik yang bekerja pada ponsel.

3. Kamera

Pada kamera belakang(rear) dan depan (selfie) iPhone 13 menggunakan resolusi 12 MP.
Pada bagian belakang menggunakan 2 kamera resolusi 12 MP, satu untuk Wide dan satu Ultra Wide f/3.4. Lengkap dengan sensor-shift OIS.

kamera belakang iphone 13
Rear camera/kamera belakang iPhone 13
Dibagian depan/selfie camera menggunakan kamera 12 MP f/2.2 lensa wide 23 mm, SL 3D sudah termasuk sensor depth dan biometrik, HDR dan EIS.

Pada mode video, iPhone 13 dapat mengambil video dengan kualitas perekaman video 4K Dolby Vision (encoding HDR) format HDR10 yang memberikan kedalaman warna, kontras, dan kualitas yang meningkat mencapai 24-30 dan 60 FPS. Untuk potret mode malam smartphone ini sudah mendukung scanner LiDAR.

4. Jaringan

iPhone 13 sudah mendukung jaringan 5G dan tentu protokol jaringan pada versi sebelumnya, yaitu GSM / CDMA / HSPA / EVDO / LTE. Untuk WLAN mendukung jaringan Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac/6, dual-band, dan hotspot. Sudah Bluetooth versi 5. Tersedia NFC dan port USB 2.0(lightning).

5. Fitur

Adapun beberapa fitur penunjang mobilitas ponsel ini adalah Face ID, accelerometer, gyro, proximity, compass, barometer, Siri natural language commands and dictation, Ultra Wideband (UWB) support.

mobilitas gaming pada iphone 13
Mobilitas gaming di iPhone 13

6. Baterai

iPhone 13 menggunakan Li-Ion dengan kapasitas 3240 mAh, fast charging 23 W dengan waktu pengisian 30 menit mencapai kapasitas 50%. Untuk wireless charging MagSafe berdayakan 15W, sedangkan Qi magnetic fast wireless charging berdayakan 7.5W.

7. Performa

iPhone 13 menggunakan iOS 15 dengan chipset khas produsennya yang terbaru, yakni Apple A15 Bionic fabrikasi 5 nm. Disisi CPu menggunakan Hexa-core 2x3.22 GHz Avalanche + 4xX.X GHz Blizzard, Apple GPU dengan 4 core graphics.

performa apple a15 bionic
Apple A15 Bionic
Internal/ROM juga RAM penyimpanan bervariasi. Ada 128GB dengan 4GB RAM, 256GB dengan 4GB RAM, 512GB dengan 4GB RAM.

Cek harga iPhone 13
cek harga iphone 13


Perbedaan iPhone 13 Mini, Pro dan Pro Max

1. iPhone 13 Mini

perbedaan iphone 13 dan iphone 13 mini
Perbedaan ukuran iPhone 13 Reguler dan versi Mini
Dimulai dari ukuran yang paling kecil, iPhone 13 Mini. Pada keseluruhan fungsi yang dimiliki pada produk mini iPhone 13 ini sebenarnya sama saja dengan apa yang dimiliki oleh versi iPhone 13 reguler, yang membedakan keduanya dari ukurannya saja. iPhone 13 Mini memiliki ukuran 5.4 inci, dibandingkan layar iPhone 13 yang berukuran 6.1 inci teman-teman sibatakjalanjalan akan langsung mampu membedakannya.

Cek harga iPhone 13 Mini dibawah 10 jutaan
cek harga iphone 13

2. iPhone 13 Pro

Dengan ukuran yang lebih besar pada versi pro, iPhone 13 melakukan penambahan kapasitas pada ruang penyimpanan internal/ROM yang mencapai 1 TB.

perbedaan iphone 13 pro dan promax
Perbedaan iPhone Pro dan ProMax
Dibagian layar, iPhone 13 Pro telah dilengkapi teknologi terbaru bernama ProMotion, yang adalah teknologi dari Apple pada produk iPhone 13 Pro agar memiliki kemampuan referesh rate lebih tinggi, yaitu 120 Hz. Penambahan ini sibatakjalanjalan amat rasaskan pada saat kegiatan multitasking dan permainan game online.

Pada pilihan warna, iPhone 13 Pro memiliki variasi Graphite, Gold, Silver, dan Sierra Blue.

Cek harga iPhone 13 Pro
cek harga iphone 13


3. iPhone 13 Pro Max

Yang adalah kombinasi dari seluruh kemampuan smartphone Apple terbaru pada versi ke 13 ini dan layar yang tentu lebih besar, yakni 6.7 inci. Ponsel iPhone 13 Pro Max sangat cocok untuk menonton film dan bermain game dengan layar yang lebih luas. Penyimpanan/ROM-nya masih sama dengan versi sebelumnya, yaitu 1 TB.

Cek harga iPhone 13 Pro Max
cek harga iphone 13

Waktu terbaik membeli iPhone

Kapan waktu terbaik membeli produk Apple dan smartphone iPhone terbaru ?
Hal ini akan menjadi pertanyaan yang cukup penting ditanyakan kepada pengguna smartphone yang tidak hanya di kalangan 'fanboy' namun hampir disetiap pencinta produk telepon seluler terbaru. Namun mengingat harga iPhone yang seringnya tergolong tinggi, berikut alasan dan analisis sibatakjalanjalan saat hendak berencana membeli ponsel pintar iPhone 13.

Penurunan harga iPhone 6 bulan setelah rilis

Ponsel pintar kelas premium iPhone juga mengalami degradasi harga meski tidak secara drastis, namun penurunan harga itu pasti. Karena hampir tiap quartalnya kompetisi dari vendor pesaing mengeluarkan produk terbarunya. Dan pada 6 bulan pertama setelah perilisan, sibatakjalanjalan melihat bahwa hampir rata-rata device telepon genggam ini mengalami penurunan 5-7% di enam bulan pertama.

Setelah 12 bulan (1 Tahun) Pertama

Setelah penurunan harga iPhone di 6 bulan pertama pada rentang 5-6% dari harga awal, maka pada masa waktu 6 bulan berikutnya atau 1 tahun (12 bulan) iPhone akan mengalami penurunan harga lagi sebanyak 10-15,5% dari harga awalnya. Memang pada masa-masa inilah waktu terbaik membeli iPhone, terutama pada iPhone 13. Namun jika lebih dari masa ini, sibatakjalanjalan harapkan agar teman-teman memperhitungkan dari kemampuan device itu sendiri.

2 Tahun setelah peluncuran iPhone 13

Setelah masa 2 tahun kemudian, masihkah cukup 'worth it' membeli iPhone 13 ? 
Pada masa waktu 2 tahun lagi, prediksi sibatakjalanjalan, iPhone 13 akan mengalami penurunan harga sebanyak 27,5-35% dari harga awal, namun penting teman-teman ketahui bahwa produk iPhone pada masa setelah 2 tahun merupakan PONSEL BEKAS/second. Berhati-hatilah apabila mendapatkan tawaran dengan potongan harga yang cukup besar mengatakan bahwa produk iPhone 13 setelah 2 tahun berikutnya merupakan perangkat BARU.

TIPS membeli iPhone 13 bekas

Ada beberapa pertimbangan yang harus teman-teman miliki sebelum mengambil pilihan untuk membeli iPhone 13 bekas. Dan berdasarkan pengalaman sibatakjalanjalan, berikut hal penting sebelum membeli perangkat seluler dari Apple ini.
  1. Beli iPhone eks iBox (perusahaan retail terpercaya dari Apple)
  2. Perhatikan bentuk perangkat keras dan cek validasi perangkat lunak yang berjalan, untuk menghindari perangkat Refurbish-HDC-Palsu
  3. Jangan mudah percaya dan mengambil resiko pada perangkat 'black market' dan hasil Unlock

User Manual / User Guide iPhone 13

User manual atau manual pengguna adalah sekumpulan dokumen intruksi yang berisi informasi teknis untuk memberikan bantuan kepada pengguna mengenai sistem peranti elektronik dari sisi hardware dan software iPhone 13.
Berdasarkan wikipedia, user guide/panduan pengguna adalah suatu dokumen komunikasi teknis yang bertujuan untuk memberikan bantuan penggunaan suatu sistem, terutama dikaitkan dengan peranti elektronik serta perangkat keras dan lunak komputer.
User manual/manual owner
download

UPDATE Firmware iPhone 13

Firmware merupakan perangkat terpadu yang terintegrasi dengan istilah yang mengacu kepada rutinitas perangkat lunak yang disimpan dalam RAM (random access memory).
Update Firmware/Firmware update adalah tindakan pembaharuan perangkat lunak terbaru (update) yang ada pada hardware, seperti meningkatkan performa sensitivitas touch screen dan fasilitas juga tampilan yang lebih menarik.
Download Firmware (Software Update)
download
Download Game Offline iPhone 13
download


Baca juga :
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url