TIPS Cara Terbaik Membeli iPhone Bekas Lengkap

7 Cara Kunci Sukses Membeli iPhone Second / Bekas


iPhone merupakan salah satu produk daripada brand Apple yang memiliki kelas di pasar pengguna premium yang menginginkan pengalaman terbaik dan sistem terbaik pada satu genggaman, setidaknya itulah yang penulis sibatakjalanjalan rasakan setiap kali menggunakan iPhone sebagai 'daily driver'.

Pada saat penulis mempublikasi artikel iPhone 13 dan serinya tidak disangka memang cukup banyak pembaca yang antusias, dalam kolom komentar akun youtube juga dihiasi tentang betapa antusiasnya masyarakat pada perangkat Apple yang diluncurkan pada September lalu.

Dan bagi teman-teman yang belum menentukan pilihan, atau ingin menunggu harga ponsel ini cukup terjangkau dengan budget yang ada, berikut akan sibatakjalanjalan bahas tentang "bagaimana tips dan trik cara membeli iPhone bekas sehingga mendapat hasil yang maksimal ?" . 
Tentu membeli iPhone bekas bukanlah hal yang salah, terutama waktu terbaik untuk membeli iPhone bekas ada di rentang waktu 1 hingga 2 tahun setelah peluncurannya.

variasi foto iphone
iPhone dengan iOs 15 terbaru dari Apple

1. Beli dari Retail iPhone Bekas yang terpercaya

Ada beberapa ritail dari produk-produk terpercaya Apple yang dapat teman-teman kunjungi di kota-kota besar tempat anda tinggal. Maka belilah iPhone yang memang berasal dari penjualan retail terpercaya seperti iBox. Jangan mudah percaya akan sebuah toko penjualan produk telepon genggam smartphone yang memasarkan dan memberi diskon dengan sangat terjangkau, apalagi yang diskonnya sangat besar, lebih dari 30%. Diskon yang cukup besar memang menguntungkan, namun untuk produk premium seperti iPhone, terutama pada seri iPhone 13, penulis fikir lebih baik fikir-fikir dulu.

2. Cek fisik iPhone

Untuk mengecek fisik iPhone juga harus lebih detail daripada membeli iPhone disaat pertama sekali. Karena jika teman-teman sibatakjalanjalan menemukan penjualan iPhone TANPA BEKAS LECET sedikitpun, tentu ini sebenarnya adalah kecurigaan besar. Jika apabila ponsel tersebut memang benar-benar second/bekas, maka akan menyisakan sedikit goresan atau lecet pada sisi ponsel, meskipun sudah terlindungi dengan hardcase atau softcase, sangat berlaku pada ponsel yang sudah memiliki usia 1 tahun ke atas penggunaannya. Namun jika ponsel tersebut masih memiliki usia rentang 1 hingga 2 bulan pemakaian, maka hal ini dapat diabaikan, namun tetap memperhatikan alasan dan harganya ya.

spesifikasi iphone
Spesifikasi lengkap iPhone terbaru
Beberapa bagian pada iPhone second/bekas yang harus di cek berulang
  1. Tes kemampuan port seperti port earphone dan port charging, apakah dapat berfungsi dengan normal
  2. Uji kualitas dan penggunaan kamera depan dan belakang, jika pengambilan foto menghasilkan blur, garis, dan bercak kabut, segera komplain dan bandingkan dengan ponsel yang sama
  3. Tombol-tombol fisik seperti tombol home, lock dan unlock, touch id adalah tombol yang memang harus dapat berfungsi dengan baik
  4. Tes menelpon ke handphone lain untuk mendapatkan hasil mikrofon dan speaker, penggunaan aplikasi Siri dan Voice memo juga sangat membantu mengidentifikasi masalah pada handphone iPhone

3. Baterai

Produk iPhone memang terkenal dengan konsumsi daya yang cukup boros pada saat digunakan, maka penting untuk melihat pada informasi kemampuan ponsel ini melalui menu "setting - battery - battery health' dan cek maximum capacity.

TIPS : jangan tergiur dengan kemampuan iPhone yang berada pada skor 100%, bisa jadi hal tersebut sudah di setting, berfikirlah dengan bijak, jika ponsel ini merupakan handphone bekas tentu kemampuannya sedikit berkurang, tidak mungkin akan selalu 100%. Namun jangan mengambil resiko dengan membeli iPhone dengan kemampuan handphone dibawah 90%.

4. FMI (Find My iPhone)

Fitur Find My iPhone akan sangat berguna disaat teman-teman tanpa sengaja meninggalkan handphone disuatu tempat dan tidak menemukannya, dan juga sebagai cara menjaga iPhone nantinya, mengapa begitu ? berikut alasannya.

Fitur Find My iPhone berguna untuk mengatur Activation Lock, dimana fungsi ini akan mencegah orang lain menggunakan perangkat iPhone saat ditemukan atau dicuri.

Saat membeli iPhone bekas harap cek apakah fitur ini sudah dimatikan atau belum, jika belum maka segera minta menonaktifkannya pada pemilik sebelumnya, namun jika hal tersebut tidak dapat dilakukan, harap pertimbangkan kondisi dari iPhone tersebut.

5. Hardware

Ada beberapa cara yang sibatakjalanjalan lakukan untuk mengecek validasi sebuah iPhone berdasarkan perangkat yang ada di dalam ponsel tersebut, namun tidak disarankan untuk digunakan untuk orang awam dan baru mengenal tentang produk ini. Karena mengingat kerusakan yang terjadi secara tidak sengaja dapat menghasilkan kerugian yang cukup besar saat harus mengganti perangkat keras yang rusak. 
Cara terbaiknya adalah dengan meminta teman atau orang lain dengan pergi ke tempat service yang terpercaya untuk mengecek validasi hardware yang digunakan, bahkan ponsel iPhone juga memiliki versi palsu yang beredar di pasaran dan memang bentuk dan sistem di dalamnya sangat mirip.

iphone 13
iPhone 13

6. Legalitas dari iPhone

Mengingat ponsel yang akan teman-teman beli merupakan ponsel bekas yang belum tentu kita mengenal siapa pembeli pertama dan pengguna sebelumnya jadi penting dengan meminta nomor imei atau langsung dengan mengecek produk Apple ini ditempat.

Masuk ke "setting - general - about" maka akan tertera nomor IMEI yang sibatakjalanjalan maksud.
Lalu kemudian masuk ke cek nomor IMEI online atau situs Stolen Phone Checker dan masukkan nomor tersebut
Disana akan tertera informasi tentang ponsel iPhone bekas yang hendak dibeli

7. Jangan membeli iPhone dari versi paling Lawas

Membeli dan menggunakan iPhone bisa jadi salah satu impian teman-teman sibatakjalanjalan, penulispun pernah merasakan begitu.
Dulu penulis ingat sangat ingin sekali membeli iPhone 8 versi "red blood" entah apa yang terfikirkan penulis saat tidak sengaja melirik orang lain mengutak-atik ponselnya di kedai kopi sebuah Mall di kota Medan. Meski hari itu penulis sudah memiliki versi varian iPhone terbaru, namun warna dan bentuk iPhone 8 ini sangat menggoda, akhirnya terwujudlah membeli ponsel yang dimaksud meski akhirnya penggunaannya kurang dari 2 minggu karena ternyata sebatas keinginan saja.

kamera belakang iphone 13 pro max
iPhone 13 Pro Max
Jangan membeli iPhone versi Lawas ini juga sangat bergantung pada kondisi dan keinginan teman-teman sekalian. Ada yang ingin membeli karena ingin mengoleksi, atau ada yang ingin membeli karena memang dahulu pernah terpukau oleh ponsel ini (seperti balas dendam begitu). Dan tidak ada yang salah untuk itu, hanya saja jika iPhone yang dimaksudkan untuk digunakan sehari-hari atau sebagai 'daily driver' maka sangat penulis sarankan menggunakan ponsel iPhone dengan jarak terlawas 2 tahun setelah peluncuran terbarunya. Yang berarti jika saat ini ponsel iPhone 13 sudah muncul, maka iPhone XR dan 11 adalah varian yang harus dipertimbangkan.


Beli iPhone BEKAS-MURAH di Ecommerce

Penjual/seller iPhone dan produk iPhone dibawah ini tidak memiliki keterikatan dengan penulis sibatakjalanjalan, hanya sebuah cara membandingkan harga iPhone dan menambah wawasan rentang harga smartphone iPhone di pasaran saat ini

iPhone 5S second

iPhone 5S ini sibatakjalanjalan menyebutnya sebagai "simungil yang tangguh" karena memang ketangguhan pada versi ini cukup terkenal pada masa tersebut, dan masih digemari dan ada yang menggunakan hingga saat ini. Dapat menjadi koleksi atau ponsel 'balas dendam' teman-teman sibatakjalanjalan.

iphone 5s
iPhone 5S
Spesifikasi warna : Space Gray, Gold, dan Silver
Kapasitas Internal/ROM : 16, 32 dan 64 GB
Tinggi, Lebar, Ketebalan dan Berat : 123.8 x 58.6 x 7.6 x 112 gram
Spesifikasi Chipset iPhone 5 : A7 chip with 64-bit architecture dan M7 motion coprocessor
Cek harga iPhone 5S Second/Bekas
cek harga di shopee
cek harga di tokopedia

iPhone 6 second

iPhone 6 memiliki varian yang cukup banyak, dari versi S dan Plus, sehingga generasi iPhone berikutnya hampir memiliki seri dari iPhone 6 ini.

iphone 6
iPhone 6
Spesifikasi warna : Perak, abu-abu dan emas
Kapasitas Internal/ROM : 16, 32, 64 dan 128 GB
Tinggi, Lebar, Ketebalan dan Berat : 138.1 x 67 x 6,9 x 129 gram
Spesifikasi Chipset iPhone 6 : Chip A8 dengan arsitektur 64 bit dan Koprosesor gerakan M8
Cek harga iPhone 6 Second/Bekas
cek harga di shopee
cek harga di tokopedia

Harga iPhone 7 second

Pada versi iPhone 7 saat rilis memang banyak yang mengeluhkan fitur kamera yang bermasalah dan fungsi yang tidak berjalan semestinya, sibatakjalanjalan harapkan untuk detail saat pembelian ponsel varian iPhone 7 dan serinya.

iphone 7
iPhone 7
Spesifikasi warna : Emas Rose, Emas, Perak, Hitam, Hitam Legam dan Merah
Kapasitas Internal/ROM : 32 128 dan 256 GB
Tinggi, Lebar, Ketebalan dan Berat : 138.3 x 67.1 x 7.1 x 138 gram
Spesifikasi Chipset iPhone 7 : Chip Fusion A10
Cek harga iPhone 7 Second/Bekas
cek harga di shopee
cek harga di tokopedia


Cek harga iPhone 7 128GB second/Bekas
cek harga di shopee
cek harga di tokopedia


iPhone 7 Plus 128GB


iphone 7 plus
iPhone 7 Plus
Spesifikasi warna : Emas Rose, Emas, Perak, Hitam, Hitam Legam dan Merah
Kapasitas Internal/ROM : 128GB
Tinggi, Lebar, Ketebalan dan Berat : 158.2 x 77.9 x 7.3 x 188 gram
Spesifikasi Chipset iPhone : Chip Fusion A10
Cek harga iPhone 7 Plus 128GB Second/Bekas
cek harga di shopee
cek harga di tokopedia

Harga iPhone 8 second

Salah satu kenangan dari versi iPhone 8 adalah yang akan sibatakjalanjalan selalu ingat, semoga teman-teman nanti juga dan sudah memiliki pengalaman yang menarik dari varian ini.

iphone 8
iPhone 8
Spesifikasi warna : Emas, Perak, Abu-abu dan merah
Kapasitas Internal/ROM : 64, 128, dan 256 GB
Tinggi, Lebar, Ketebalan dan Berat : 138.4 x 67.3 x 7.3 x 148 gram
Spesifikasi Chipset iPhone : Chip A11 Bionic, Neural Engine
Cek harga iPhone 8 Second/Bekas
cek harga di shopee
cek harga di tokopedia


iPhone 8 Plus second

iphone 8 plus
iPhone 8 Plus
Spesifikasi warna : Emas, Perak, Abu-abu dan merah
Kapasitas Internal/ROM : 64, 128, dan 256 GB
Tinggi, Lebar, Ketebalan dan Berat : 158.4 x 78.1 x 7.5 x 202 gram
Spesifikasi Chipset iPhone : Chip A11 Bionic, Neural Engine
Cek harga iPhone 8 Plus Second/Bekas
cek harga di shopee
cek harga di tokopedia


Cek harga iPhone 8 Plus 64GB Second/Bekas
cek harga di shopee
cek harga di tokopedia


iPhone XR second

Paling banyak dicari di pasaran, dan memang paling cocok untuk mengejar kemampuan dari fitur ponsel iPhone kelas premium.

iphone xr
iPhone XR
Spesifikasi warna : Merah, Kuning, Putih, Coral, Hitam, Biru
Kapasitas Internal/ROM : 64, 128, dan 256 GB
Tinggi, Lebar, Ketebalan dan Berat :150.9 x 75.7 x 8.3 mm, 194 gram
Spesifikasi Chipset iPhone : A12 Bionic chip, Second-generation Neural Engine
Cek harga iPhone XR Second/Bekas
cek harga di shopee
cek harga di tokopedia


iPhone 11 Second/bekas

Masih sama seperti varian sebelumnya, hanya saja ada beberapa penambahan fungsi dan fitur, sangat cocok untuk dipertimbangkan matang-matang saat hendak membeli.

iphone 11
iPhone 11
Spesifikasi warna : Hitam, Hijau, Kuning, Ungu, Merah dan Putih
Kapasitas Internal/ROM : 64, 128, dan 256 GB
Tinggi, Lebar, Ketebalan dan Berat : 75.7 x 150.9 x 8.3 x 194 gram
Spesifikasi Chipset iPhone : Chip A13 Bionic, Neural Engine generasi ketiga
Cek iPhone 11 Second/Bekas
cek harga di shopee
cek harga di tokopedia

Baca juga : 
  1. Review iPhone 13, Mini, Pro dan Pro Max HP 10 Jutaan Terbaik
  2. Review GoPro Hero 10 Black Action Cam Terbaik untuk Hiburan dan Liburan Olahraga Ekstrim

User Manual / User Guide iPhone

User manual atau manual pengguna adalah sekumpulan dokumen intruksi yang berisi informasi teknis untuk memberikan bantuan kepada pengguna mengenai sistem peranti elektronik dari sisi hardware dan software iPhone.
Berdasarkan wikipedia, user guide/panduan pengguna adalah suatu dokumen komunikasi teknis yang bertujuan untuk memberikan bantuan penggunaan suatu sistem, terutama dikaitkan dengan peranti elektronik serta perangkat keras dan lunak komputer.
User manual/manual owner
download

UPDATE Firmware iPhone

Firmware merupakan perangkat terpadu yang terintegrasi dengan istilah yang mengacu kepada rutinitas perangkat lunak yang disimpan dalam RAM (random access memory).
Update Firmware/Firmware update adalah tindakan pembaharuan perangkat lunak terbaru (update) yang ada pada hardware, seperti meningkatkan performa sensitivitas touch screen dan fasilitas juga tampilan yang lebih menarik.
Download Firmware (Software Update)
download

Download Game Offline iPhone
download


Next Post Previous Post