Samsung A12 HP harga 2 jutaan Yang Menawan

Review Samsung A12


Samsung A12 dirilis pada tahun lalu tepatnya pada akhir bulan Desember 2020 dan menjadi salah satu handphone 2 jutaan primadona di kalang teman-teman sibatakjalanjalan yang memang sudah menggemari produk-produk vendor Samsung sejak dulu.

varian warna samsung a12
Varian warna Samsung A12
Namun bukan berarti penulis ingin menceritakan para 'fanboy' Samsung ini terhadap produk Samsung dari sisi penggemar beratnya saja, sibatakjalanjalan akan membagikan alasan kenapa ponsel Samsung A12 masih cukup menawan untuk teman-teman sibatakjalanjalan di tahun 2021 dan bahkan di tahun depan 2021.

5 Kelebihan Samsung A12

1. Spesifikasi

Samsung A12 menggunakan spesifikasi Chipset MediaTek Helio P35 fabrikasi 12 nm dengan RAM 2 varian, yaitu 4 dan 6 GB. Untuk memori internalnya atau ROM berkapasitas 128 GB dan masih bisa ditambah dengan microSDXC yang mencapai setengah tera atau 512 GB. Adapun kamera rear dan back ponsel ini dilengkapi dengan 4 kamera belakang/rear yang dibagi atas 48 MP + 5 MP + 2MP dan 2MP . 

Untuk kamera depan/front dengan kapasitas 8 MP . Untuk penyimpanan daya atau baterai menggunakan Li-Po 5.000 mAh, sudah pasti tahan lama ya teman-teman. Di bagian layar Samsung A12 menggunakan PLS TFT 6,5 inci. Ada setidaknya 4 pilihan warna yang dapat teman-teman pilih pada produk Samsung A12.

spesifikasi rear camera samsung a12
Rear camera/kamera belakang

2. Kamera Samsung A12

Kamera Samsung A12 merupakan konfigurasi Quad Camera 48 MP yang memang berkualitas dengan fungsi makro 2 MP, Ultra Wide 5 MP dan sensor kedalaman 2 MP. Adapun hasil foto dari Samsung A12 akan memberikan sudut keluasan yang lebar pada tiap-tiap jepretan foto teman-teman sibatakjalanjalan. Bahkan untuk mode objek yang jaraknya cukup dekat dan tersedia pula efek background blur.

3. Baterai Samsung A12

Dengan baterai Li-Po 5000 mAh, Samsung A12 penulis yakini akan sangat-sangat cukup bila digunakan untuk streaming video online dan chatingan, lalu bagaimana dengan bermain game ? pastinya Samsung A12 sanggup dong.

Adapun klaim dari vendor Samsung A12 meyakini bahwa ponsel ini akan sanggup memutar audio 109 jam lamanya, yang berarti itu adalah waktu selama 4,5 hari. Dapat dipakai web browsing selama 18 jam 18 menit dan atau dipakai menelepon pada jaringan 3G selama 31 jam.

fitur samsung a12
Spesifikasi Samsung A12

4. Fingerprint Samsung A12

Sama seperti vendor-vendor telepon genggam masa kini yang memberikan varian dari finger print di tombol power sehingga memberikan tampilan mulu bagian belakang/rear phone, hal yang sama dilakukan vendor Samsung pada produk Samsung A12. Sehingga mobilitas dan kenyamanan selama menggunakan ponsel ini akan sangat terjaga.

5. Desain

Dari sisi desain sebenarnya sibatakjalanjalan tidak terlalu banyak berkomentar karena memang pada produk ini menggunakan polikarbonat yang membuat genggaman tetap kokoh dan handphone tidak mudah licin dan terjatuh saat di tangan. Tampilan desain produk-produk Samsung yang selalu hadir dengan warna yang ciamik juga menjadi alasan tersendiri kenapa beberapa pengguna memilih produk Samsung A12.
Cek harga Samsung A12


Kekurangan Samsung A12

1. Resolusi layar Samsung A12

Salah satu yang disayangkan oleh penulis adalah bahwa ponsel ini masih menggunakan layar resolusi HD+, meski di kelas pasaran yang sama dengan ponsel ini sudah di tinggalkan.

2. Chipset Samsung A12

Sibatakjalanjalan cukup kurang tertarik untuk mencoba ponsel ini dengan mode gaming yang beberapa produk sebelumnya sudah penulis coba, mungkin karena diatas kertas sibatakjalanjalan sudah mendapatkan gambaran bagaimana ponsel ini akan bereaksi.

Dari skor pengujian Benchmark Samsung A12 hanya mendapatkan skor 103.000 untuk AnTuTu v8, penulis rasa tidak ingin memilih 'penyiksaan' ini meski ponsel Samsung A12 tergolong pada pasar yang seharusnya sudah mampu menjalankan game PUBG Mobile dengan baik.

3. Fast Charging tidak terlalu 'fast'

Meski diklaim adaptor Samsung A12 berdayakan 15 W namun fitur fast charging dari  produk ini tidak cukup cepat dalam mengisi daya ponsel ini, untuk waktu 30 menit ponsel Samsung A12 hanya mampu mengisi 0 menjadi 20%, sungguh tidak 'fast'.

4. Mode Malam

Samsung A12 yang memiliki Quad Camera dan Ultra Wide ternyata tidak ada handal pada mode malam, dan menghasilkan foto yang tentunya kurang maksimal di malam hari. Sebagai tambahan untuk teman-teman pengguna Samsung A12 dapat menggunakan tambahan lampu lighting agar hasil foto maksimal.

5. Tidak Ada NFC

Samsung A12 sudah memiliki Bluetooth 5.0 dan port USB tipe C namun untuk versi Indonesia Samsung A12 tidak memiliki fasilitas NFC, sangat disayangkan.

Baca juga :

User Manual / User Guide Samsung A12

User manual atau manual pengguna adalah sekumpulan dokumen intruksi yang berisi informasi teknis untuk memberikan bantuan kepada pengguna mengenai sistem peranti elektronik dari sisi hardware dan software Samsung A12.
Berdasarkan wikipedia, user guide/panduan pengguna adalah suatu dokumen komunikasi teknis yang bertujuan untuk memberikan bantuan penggunaan suatu sistem, terutama dikaitkan dengan peranti elektronik serta perangkat keras dan lunak komputer.
User manual/manual owner
download

UPDATE Firmware Samsung A12

Firmware merupakan perangkat terpadu yang terintegrasi dengan istilah yang mengacu kepada rutinitas perangkat lunak yang disimpan dalam RAM (random access memory).
Update Firmware/Firmware update adalah tindakan pembaharuan perangkat lunak terbaru (update) yang ada pada hardware, seperti meningkatkan performa sensitivitas touch screen dan fasilitas juga tampilan yang lebih menarik.
Download Firmware (Software Update)
download

Download Game Offline
download


Next Post Previous Post