Oppo A74 5G Harga HP 5G Paling Murah

Review Oppo A74 5G


Oppo A74 5G merupakan salah satu handphone termurah untuk kelas 5G yang beredar di Indonesia. Bagaimana tidak, Oppo A74 5G yang awal rilis pada bulan April lalu berada direntang harga Rp 3.499.00 telah mengalami penyesuaian harga yang kini menjadi Rp 3.399.000 dan bahkan masih memiliki kemungkinan untuk menyesuaikan harga kembali di pasar ponsel Indonesia.

Sebagai ponsel 5G, Oppo A74 memiliki prosessor Qualcomm Snapdragon 480 dengan kombinasi RAM 6 GB dan daya baterai 5000 mAh. Sebagai pelengkap, pada perangkat ponsel Oppo ini juga telah memiliki kamera utama 48 MP, kamera bokeh 2 MP dan kamera makro 2 MP. Dan Oppo A74 5G sudah NFC.
oppo a74 5g
Oppo A74 5G

4 Kelebihan Oppo A74 5G

1. Desain Oppo A74 5G

Untuk bobot ponsel Oppo A74 5G sibatakjalanjalan rasa cukup berbobot,  berkisar 190 gram dan ketebalan smartphone ini hanya 8,42mm. Kenyamanan saat menggenggam ponsel ini ditambah oleh bodi ponsel yang 3D curved pada bagian belakang sehingga pada saat ditangan terasa tidak slip dan dapat dengan mudah masuk ke saku penulis. Perpaduan pada Oppo A74 5G memang cukup baik, dengan alumunium die-casting

kamera smartphone oppo a74 5g
Kamera selfie dan kamera belakang Oppo A74
Untuk warna pada perangkat seluler ini juga cukup ciamik, ada warna Fluid Black dengan warna hitam degradasi dip dye coating yang membuat warna ponsel ini cukup elegan dan warna Space Silver dengan sentuhan matte dan gradasi warna perak yang menawan.

Untuk sensor sidik jari Oppo A74 5G sudah memiliki spesifikasi yang sama dengan hape sekelas dan diatasnya, berada menyatu dengan tombol power di sisi ponsel ini.

2. Layar Oppo A74 5G

Layar Oppo A74 5G memiliki konsep single punch hole dengan resolusi FHD rasio 90,5% dan sudah memiliki kecepatan refresh rate 90hz, untuk sampling rate ada di 180 Hz. Yang sibatakjalanjalan sukai dari smartphone 5G harga murah ini bahwa sudah dilengkapinya fitur All-day AI Eye Comfort dimana akan mengurangi cahaya biru pada layar sehingga ketengan mata saat menggunakan handphone ini akan cukup berkurang. Dan tidak hanya pada fitu All-day AI Eye Comfort saja, ada juga fitur-fitur yang memang sudah diadopsi dengan vendor sejenis seperti Sunlight Screen yang memberikan visibilitas ponsel diluar ruangan dengan cahaya terik matahari dan Moonlight Screen yang akan mengurangi tingkat kecerahan layar pada suasana malam hari/gelap.

Dan tentu fitur-fitur tersebut sibatakjalanjalan rasa cukup responsif dalam penggunaan smartphone Oppo A74 5G sehari-hari.

spesifikasi a74 5G
Spesifikasi Oppo A74

3. Pengujian Konektivitas Jaringan 5G pada Oppo A74

Kemampuan konektivitas jaringan 5G pada seri ponsel Oppo A74 5G memang membuat penulis bertanya-tanya, seberapa kemampuan ponsel Oppo A74 5G dalam melakukan mobilitas dan sebagai penyokong ponsel 5G termurah di Indonesia ? 

Hasil pengujian Performa konektivitas jaringan 5G Oppo A74 5G
Dengan hasil pengujian yang sibatakjalanjalan lakukan, menemukan beberapa hal yang teman-teman harus ketahui dari performa konektivitas ponsel Oppo A74 5G.

Prosessor Qualcomm Snapdragon 480 5G yang dihadirkan 2 x 2.0 GHz ARM Cortex-A76 sebagai CPU dan 6 x 1.8 GHz ARM Cortex-A55 membuat Oppo A74 5G dapat mengunduh file dan film hanya beberapa detik saja. Dan konektivitas jaringan 5G pada Oppo A74 5G juga dapat digunakan pada pada kedua operator jaringan sim ponsel yang mendukung konektivitas 5G/mode ganda. Jaringan 5G pada Oppo A74 5G dapat menggunaka jaringan Standalone/SA dan Non-Standalone/NSA, sehingga peralihan operator pada ponsel ini dapat sangat dimobilisasi.

Hasil pengujian pada jaringan 5G memang masih cukup terbatas dan jika teman-teman sibatakjalanjalan ingin mencoba, tidak perlu ragu dalam mengatasi panas yang dihasilkan saat mengakses jaringan dengan Oppo A74 5G, karena hal tersebut dapat diatasi karena sudah tersedianya Multi-Cooling System dengan beberapa tabung grafit tebal pada Oppo A74 5G.

tampilan smartphone a74 5g
Color OS Oppo A74 5G

4. Uji Performa Oppo A74 5G dan Testing Gaming

Dari hasil pengujian performa Oppo A74 5G sibatakjalanjalan mendapatkan set benchmark sebagai berikut :
  • AnTuTu v8 : 264416
  • Geekbench 5: SC 522, MC 1665
  • 3D Mark – Slingshot Extreme OpenGL ES 3.1
  • Graphics Score: 2282
  • GFXBench 1080p T-Rex Offscreen: 80 FPS
Pada pengujian AnTuTu v8 Oppo A74 5G, pengujian Geekbench 5 dan 3D Mark Helio G95 masih berada diatas dari hasil pengujian Oppo A74 5G.

Pengujian Gaming
Gaming memang selalu menjadi topik utama sibatakjalanjalan untuk membuat satu titik bagaimana performa smartphone review sibatakjalanjalan bekerja, walau memang ponsel tersebut tidak dikhususkan untuk gaming, tapi penulis cukup penasaran dengan performa gaming ponsel Oppo A74 5G ini.
  • Testing game PUBG Mobile
    Dengan settingan Smooth Ultra menghasilkan 40 FPS untuk rata-rata tampilan yang dihasilkan Oppo A74 5G.

  • Testing game Genshin Impact
    Dengan settingan lowest di 60 FPS selama 30 menit awal, hasil rata-rata yang sibatakjalanjalan dapatkan adalah 32 FPS dengan sesekali adanya stutter, kemudian frame drop dan overall cukup memuaskan.
Cek harga Oppo A74

Kekurangan Oppo A74A 5G

1. Panas jadi Berat

Untuk bobot ponsel 190 gram tidak terlalu berat untuk penulis sibatakjalanjalan, namun kesan berat akan muncul saat ponsel ini semakin panas, mungkin menjadi tidak nyaman ya teman-teman. Mungkin ini adalah perasaan pribadi yang mungkin juga bisa dirasakan teman-teman sebagai pengguna Oppo A74 5G, saat sudah melakukan aktivitas gaming dan ponsel mulai panas, rasa ponsel akan semakin berat, haha.

2. Belum AMOLED

Sebagai ponsel yang cukup akan dikenal dan dipasarkan sebagai pemain awal, kesan layar IPS LCD kurang baik menurut sibatakjalanjalan, memberikan kesan bahwa ponsel ini tidak begitu mewah, seperti adanya kesan kurang bersih dan konsumsi daya yang cukup banyak apabila ponsel Oppo A74 5G menggunakan layar AMOLED.

Baca juga :
  1. Oppo Reno 5 5G HP Selfie Kamera Terbaik
  2. Vivo X60 Pro Jawara Kamera HP
  3. Realme 8 5G Terbaru HP Kamera Selfie
  4. VPN Gratis Terbaik

User Manual / User Guide Oppo A74 5G

User manual atau manual pengguna adalah sekumpulan dokumen intruksi yang berisi informasi teknis untuk memberikan bantuan kepada pengguna mengenai sistem peranti elektronik dari sisi hardware dan software Oppo A74 5G.
Berdasarkan wikipedia, user guide/panduan pengguna adalah suatu dokumen komunikasi teknis yang bertujuan untuk memberikan bantuan penggunaan suatu sistem, terutama dikaitkan dengan peranti elektronik serta perangkat keras dan lunak komputer.
User manual/manual owner
download

UPDATE Firmware Oppo A74 5G

Firmware merupakan perangkat terpadu yang terintegrasi dengan istilah yang mengacu kepada rutinitas perangkat lunak yang disimpan dalam RAM (random access memory).
Update Firmware/Firmware update adalah tindakan pembaharuan perangkat lunak terbaru (update) yang ada pada hardware, seperti meningkatkan performa sensitivitas touch screen dan fasilitas juga tampilan yang lebih menarik.
Download Firmware (Software Update)
download

Download Game Offline Oppo A74 5G
download


Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url