Review Drone Terbaik untuk PEMULA harga MURAH

10 Drone Terbaik untuk PEMULA

Drone atau UAV (Unmanned Aerial Vehicle) merupakan mesin yang memiliki daya angkat untuk terbang dan kendali jarak jauh oleh seorang operator (pilot drone), seiring perkembangan zaman dimasa kini, drone juga telah mampu untuk mengendalikan dirinya sendiri.

Perkembangan Drone
Drone awalnya dikembangkan sebagai alat yang memberi dukungan kepada pasukan militer melakukan strategi perang seperti mengawasi pergerakan musuh (menjadi mata-mata), melakukan perekaman untuk mengumpulkan informasi, dan membawa muatan khusus (senjata) untuk bantuan penyerangan dengan cepat. 

Perkembangan drone seiring zaman ke pasar alat teknologi memberikan peluang pemanfaatan lebih luas bagi masyarakat dunia. Fungsi dasar drone yang dapat merekam dan kendali jarak jauhnya membuat kita dapat mengambil foto dan video dari udara. Mengikuti objek khusus yang dapat bergerak cepat/terbang dan membantu teman-teman dari lingkungan pekerjaan perfiliman action dan alam (adventure).

Harga Drone
Rentang harga drone yang ada dipasaran sibatakjalanjalan ketahui berada dari kisaran ratusan ribu hingga puluhan juta rupiah, tergantung fungsi dan pemanfaatannya.

Jenis-jenis drone
  • Trick Drone
    Seperti namanya 'trick' yang berarti drone ini dapat melakukan gerakan manuver yang cukup menarik, ukuran umum dari drone ini sekitar 26 cm, cukup mudah digunakan bagi pemula dan tentu sudah lengkap dengan kamera untuk merekam pergerakan.

  • RTF Drone
    RTF merupakan singkatan dari "Ready To Fly", konsep drone ini cukup sederhana dan memang dikhususkan bagi pemula

  • Racing Drone
    Menginginkan kemampuan drone yang berbeda ? teman sibatakjalanjalan harus mencoba jenis drone racing/racing drone yang bisa mencapai kecepatan hingga 80km/jam bahkan lebih. Dari segi mesin penggeraknya, drone racing berbeda dari drone pada umumnya.

  • Quadcopter
    Jenis drone ini merupakan yang paling umum dan dikenal di seluruh dunia, dipasaran model drone quadcopter menggunakan 4 baling-baling (quad), dapat mengangkat beban dan mudah didapatkan.

  • Photography Drone
    Kegunaan kamera drone pada umumnya memang untuk merekam video, namun kemampuan drone pada bagian kamera dapat ditingkatkan dengan menggunakan kelas kamera digital yang mumpuni. Photography Drone dapat memenuhi kebutuhan anda untuk memotret objek dengan mudah tanpa terganggu pergerakan drone, kelebihan lainnya terletak pada jaringan wifi yang digunakan pada drone sehingga dapat mengirim foro langsung ke ponsel dan tablet yang telah terkoneksi.

  • Nitro-Powered Drone
    Nitro yang dimaksudkan pada perangkat UAV ini benar-benar adalah nitrogen cair, jadi bahan bakar penggeraknya adalah nitrogen, bukan bensin atau listrik. Sibatakjalanjalan harapkan bagi teman-teman untuk memiliki kewaspadaan tinggi saat menggunakan jenis drone Nitro Power pada saat melakukan manuver, karena kemungkinan benturan dapat menjadikan drone ini cukup beresiko.

  • Helicopter Drone
    Bisa dibilang merupakan versi mini dari Helikopter, dari segi pengalaman, menggunakan jenis drone Helikopter sibatakjalanjalan rasa lebih mudah daripada drone dengan empat baling-baling, termasuk bagi pemula

  • GPS Drone
    Jenis drone GPS harus selalu terhubung dengan sinyal GPS dari satelit. Kemampuan kembali drone ke titik awal penerbangan otomatis dilakukan kala drone sudah mulai kehabisan baterai atau kala sudah di luar area kendali.

  • Gasoline-Powered Drone
    Jenis drone ini menggunakan bensin sebagai bahan bakar untuk terbang. Dari segi kemampuan drone ini lebih baik dari segi kemampuan pada ketinggian terbang dibanding drone dengan tenaga baterai.

  • Endurance Drone
    Jenis drone ini masih digunakan pada kemiliteran dan tidak semua masyarakat dapat menggunakan jenis Endurance drone. Drone ini mampu terbang berjam-jam tanpa proses isi ulang, mampu memetakan wilayah dari posisi yang cukup tinggi hingga ribuan meter diatas permukaan tanah.

  • Delivery Drone
    Merupakan jenis drone masa depan dalam fungsi menyelesaikan masalah jalanan macet dan keterlambatan barang, drone ini mampu membawa sejumlah barang dan telah dicoba oleh perusahaan retail Amazon.
drone terbaik untuk pemula dji mavic 2 pro
DJI Mavic 2 Pro

1. DJI Mavic 2 Pro

Drone DJI Mavic 2 Pro menjadi pionir kamera Hasselblad, dengan sensor 1 inchi dan kualitas kamera 20 MP menjadi pilihan yang pertama sibatakjalanjalan referensikan untuk dicoba oleh pemula. Adapun sensor yang disematkan adalah Sensor CMOS f/2,8 – f/11, Dlog-M 10 bit, Video HDR 10 bit, Super Resolusi foto 48 MP.

Dari segi dimensi drone ini memiliki ukuran dimensi 214 x 91 x 84 mm dalam kondisi folded dan 322 x 242 x 84 mm pada kondisi unfolded. Berat 907 gram dan kapasitas baterai sebesar 3950 mAH.
Teknologi perekaman gambar pada drone DJI Mavic 2 Pro dilengkapi dengan teknologi digital zoom 2 x saat merekam video ukuran 1080p dengan jarak 49 mm hingga 96 mm. Kemudian pada rekaman 4 K, memiliki kisaran frame rate di 30 fps. Fitur dukungan lainnya ada seperti Dolly Zoom yang akan sangat membantu para pengguna merekam objek yang di-zoom meski kondisi drone saat terbang kearah belakang.

Kisaran harga DJI Mavic 2 Pro berada di 20 juta rupiah
Download

2. DJI Mavic 2 Zoom

Merupakan variasi dari DJI Mavic 2 Pro, pada versi ini memiliki spesifikasi :
  • 2x Optical Zoom Camera
  • 12 MP 1/2.3” CMOS Sensor
  • 31-min Max. Flight Time
  • Omnidirectional Obstacle Sensing
  • Dolly Zoom, Hyperlapse, HyperLight, ActiveTrack 2.0, QuickShot, Panorama
  • 4x Lossless Zoom FHD Video
  • OcuSync 2.0 Video Transmission System
  • Standard Remote Controller
drone terbaik untuk pemula dji mavic 2 zoom
DJI Mavic 2 Zoom
Keunggulan DJI Mavic 2 Pro
  • Memiliki kemampuan fokus yang cepat dan akurat dibanding drone jenis lain hingga 40% lebih baik, hasilnya sistem autofokus menghasilkan gambar objek jelas dan tajam
  • Kemapuan Zoom yang dilengkapi dengan 'Dolly Zoom'
  • Hasil foto yang dihasilkan cukup baik dengan menggunakan kamera jarak ekuivalen 24 mm
  • Teknik fotografi dari udara menjadi lebih baik dengan bantuan 'hyperlapse'
  • Fitur HDR yang dapat membantu sibatakjalanjalan menggabungkan dan memotong potongan foto sekaligus tanpa menghilangkan objek yang tidak diinginkan
  • Hyperlight, suatu kemampuan operasi drone dengan minim cahaya namun dapat dengan tepat menghasilkan gambar yang berkualitas
  • Penerbangan yang aman dengan kecepatan bidik 72 kph dan 31 menit lebih lama dibandingkan drone jenis lain
  • Remote kontrol yang mampu stand by hingga 135 menit
Kisaran harga DJI Mavic 2 Zoom berada di 20 juta rupiah
Download

3. DJI Mavic Air 2

Drone ini menggunakan kamera dengan resolusi 48 MP dengan lensa 28 mm atau f/2.8. Sehingga mampu menjepret gambar atau foto dengan resolusi 12 MP, namun tentu juga dapat dimaksimalkan hingga resolusi penuh hingga 48 MP.

drone terbaik untuk pemula dji mavic air 2
DJI Mavic Air 2
Fitur tersebut menghasilkan kemampuan untuk mengambil video 4K pada 60 fps, rekam video HDR hingga 4K di 30 fps, dan foto HDR panorama. Jika dimaksimalkan perekaman videonya dapat mengambil video 8K Time-Lapse.

Kelebihan dari DJI Mavic Air 2
  • Fitur AirSense yang merupakan kemampuan drone memberikan informasi bahwa ada wahana terbang/drone/uav lain berada di sekitar area penerbangan drone anda. Seperti notifikasi akan pesawat terbang dan helikopter.

  • Jaringan koneksi wifi pada drone ini menggunakan frekuensi 2.4 GHz dan 5.8 GHz, berbeda dari jaringan drone konvensional/lawas yang menggunakan jaringan WiFi pada frekuensi 2.4 GHz dan 5.0 GHz.
Download

4. DJI Mavic Mini

Berat drone mini ini berkisar 249 gram, meskipun kecil memiliki kemampuan merekam video 2.7K pada 30 frame per second, 1080p pada 60 frame per second, dan foto 12-megapiksel menggunakan sensor 1/2,3 inci. Lama terbang drone ini hingga setengah jam (30 menit).

drone terbaik untuk pemula dji mavic mini
DJI Mavic Mini
DJI Mavic Mini memiliki kemampuan geofencing yang membantu pilot drone menghindari area terbatas. Kemudian drone akan mengidentifikasi dari jarak jauh dengan AeroScope untuk mengetahui lokasi sensitif.  Drone akan otomatis kembali ke titik peluncuran jika perangkat ini kehilangan koneksi pada pengguna dan kalau mencapai level baterai sangat rendah.

Teknologi jaringan Wi-Fi memberikan kontrol cukup stabil saat live feed HD . Penerima GPS menggunakan sensor visual ke bawah mendeteksi permukaan tanah di bawah perangkat, hal memberikan kemungkinkan melayang secara akurat, terbang stabil, dan pendaratan yang baik, di indoor maupun outdoor.
Download

5. DJI Mavic Pro

Berat total DJI Mavic Pro berkisar 1.055 gram (1 kilogram lebih 55 gram) dengan dimensi 198 x 83 x 83mm. Berat perangkat UAV ini sudah termasuk berat dari remot kontrol 316gram dan drone terpasang 739gram. Remot kontrolnya dilengkapi dengan beberapa kabel penghubung berbeda, kabel lighting untuk Apple, kebel USB-C android dan lainnya, juga micro USB untuk smartphone versi lawas.

drone terbaik untuk pemula dji mavic pro
DJI Mavic Pro
Untuk perekaman video, drone ini dapat mengambil video dengan resolusi 4K dan 24fps, dengan bitrate yang rendah 60Mbps. Dari sisi jaringan komunikasi Mavic Pro diklaim bisa mempertahankan komunikasi dengan menggunakan remote pada jarak sekitar 6 km.

Saat penerbangan Mavic Pro dapat terbang hingga 27 menit yang dihasilkan dari baterai 3.830 mAh dan  top speed 65 km/jam.
Download

6. DJI Mini 2

Drone ini memiliki keunggulan sensor CMOS 1 / 2.3 “dengan kamera 12MP, kamera dengan aperture F2.8 tetap 24mm (setara) dengan FOV 83ยบ, rentang ISO 100-3200. Menurut sibatakjalanjalan rekaman yang dihasilkan juga halus dan stabil, cocok untuk Pemula.

drone terbaik untuk pemula dji mini 2
DJI Mini 2
Saat penerbangan drone ini dapat menahan kecepatan angin hingga 24 mph, lalu merekam sampai 2,7K / 30p pada kecepatan 40 Mbps.

Panduan Remote DJI Mavic
Aksesibilitas pengendali pada bagian remote terdapat tombol 'Return to Home' di bagian tengah kiri, sebagai fitur yang memudahkan pilot pemula yang mengalami kesulitan terbang untuk kembali ke titik awal. Cine untuk memperlambat drone hingga 13 mph pada rekaman bertipe sinematik, Normal pada kecepatan 22 mph dan Sport yang memungkinkan drone terbang hingga 36 mph. 

Di sebelah kanan remote ada Tombol Power untuk mengaktualisasikan pergantian mode dengan cepat sesuai kebutuhan. Tombol Fn pada sudut kiri atas untuk mengaktifkan lampu tambahan  untuk visibilitas saat mendarat di lokasi yang kurang cahaya.

Di sisi kanan ada tombol Photo / Video toggle untuk beralih antara dua mode secara instan. Roda gimbal di sudut kiri atas untuk memiringkan kamera ke atas dan ke bawah, sedangkan sudut kanan atas berisi tombol rana untuk pengambilan gambar atau merekam klip video. Joystick pada remote ini dapat dibuka dan disimpan di bagian bawah remote sebagai cara memudahkan transportasi.
Download

7. DJI Phantom 4 Pro V2.0

Menjadi referensi terakhir dari merek DJI, dan DJI Phantom 4 Pro V2.0 merupakan drone yang penulis sukai dan unggulkan dari daftar ini. 

drone terbaik untuk pemula dji phantom 4 pro v20
DJI Phantom 4 Pro V2.0
Kelebihan DJI Phantom 4 Pro V2.0
  • Kemampuan di udara yang stabil untuk mengambil gambar diam atau videografi yang menajubkan
  • Teknologi jaringan konektifitas HD OcuSync 2.0 yang handal untuk menerbangkan drone dengan aman dengan jangkauan hampir mencapai 5 mil.
  • Hasil kualitas foto dan video dengan menggunakan kamera f / 2.8-f / 11, lensa 24mm dan sensor CMOS 1 inci yang dapat merekam video 4K pada 60 fps / 100Mbps dan untuk gambar diam 20MP
  • Waktu lama terbang yang lama, lebih kurang 30 menit dan dengan baterai penerbang cerdas
  • Pada cuaca ekstrim drone DJI Phantom 4 Pro V2.0 dapat tetap beroperasi meski angin kencang dan hujan, namun bukan berarti drone ini tahan air
  • Dilengkapi dengan ATTI atau Attitude mode switch khusus pada pengontrol yang akan memungkinkan Anda untuk dengan cepat mengambil kendali manual dari pesawat jika terbang atau dalam situasi di mana terdapat banyak gangguan GPS
  • Fitur Mode penerbangan cerdas ActiveTrack, TapFly, Draw Mode, dan Gesture Mode
Download

8. Parrot Anafi

Drone Parrot Anafi menggunakan kamera 21 MP dengan resolusi hingga 4K Aperture: f/2.4 dan lensa 26-78mm, dan sibatakjalanjalan rasa cocok sebagai tandingan dari kamera drone keluaran DJI. Kemampuan pada kamera drone ini mampu melakukan zoom hingga 2.8x pembesaran juga mampu memutar kamera hingga 180°. Untuk fiturnya terdiri dari Dolly Zoom, Slow Motion, Hyperlaps, Boomerang, Orbit, Tornado and Parabola.

drone terbaik untuk pemula parrot anafi
Parrot Anafi
Desain dari Parrot Anafi menggunakan bahan dasar microbead berjenis serat karbon ringan bercampur kaca, dengan berat drone berkisar di 320 gram. Menjadikan drone ini cocok bagi pemula yang masih belajar melakukan manuver dan antisipasi benturan keras.

Dimensinya 24 cm x 6 cm saat unfolded dan 17 cm x 24 cm saat folded. Pengisian daya drone ini menggunakan USB Type-C yang mendukung fast charging hingga 60% lebih cepat dari drone pada umumnya, dengan kapasitas 2700 mAh memberikan waktu terbang 25 menit.

Fitur Parrot Anafi
  • Smart RTH (kemampuan kembali saat baterai cukup rendah)
  • Find My Drone (yang mengirimkan notifikasi sinyal hilang)
  • Geofence (membantu pemetaan)
  • Follow Me (drone akan mengikuti pengguna)
  • Waypoint (membuat jalur penerbangan)
  • Point Of Interest ( drone akan memutari anda)
Jika teman-teman sibatakjalanjalan sedang mempertimbangkan pilihan dari Dji Mavic Air dan Dji Mavic Pro, Parrot Anafi bisa jadi referensi terbaik.
Download

9. PowerVision PowerEgg X

Drone ini menghasilkan rekaman 4K dengan detail pada kondisi cerah, namun aperture tetap, sensor yang digunakan CMOS 12 MP 1/2.8 inci. Juga dapat digunakan sebagai kamera gimbal (genggam) dan sebagai kamera AI dipasang ke tripod dan dikendalikan dengan cara menggerakan tangan.

drone terbaik untuk pemula powervision poweregg x
PowerVision PowerEgg X
Berat PowerVision PowerEgg X berkisar 522 gram, berkapasitas baterai 3.800 mAh dan jangkauan 6 KM. Kemampuan terbang di tengah hujan dan mendarat di danau dengan menggunakan bundel Wizard adalah kelebihan yang ditonjolkan perangkat UAV ini.
Download

10. Ryze Tello

Drone yang sibatakjalanjalan referensikan terakhir ini dapat menjadi pilihan bagi teman yang benar-benar pemula dan mulai belajar menjadi operator/pilot drone.

drone terbaik untuk pemula ryze tello
Ryze Tello
Hal ini menjadi pertimbangan oleh karena terdapatnya fitur seperti :
  • Auto take off/landing dengan hanya satu kali tap pada aplikasi Tello
  • Notifikasi alarm berbunyi pada kondisi low battery protection
  • Saat koneksi melemah/hilang perangkat UAV ini akan mendarat secara aman dan tidak langsung terjatuh
  • VPS (Vision Positioning System) untuk memastikan drone bisa terbang secara stabil saat hovering
Didalam paket pembelian anda akan mendapatkan :
  • 1 buah Drone Ryze Tello
  • 4 buah Propeller (baling-baling) + 4 x Ekstra Propeller
  • 4 buah Propeller Guards (pelindung baling-baling)
  • 1 buah Baterai
Harga Ryze Tello berkisar di 1 jutaan.
Download

Next Post Previous Post