Mindset Investasi Aset DIGITAL yang Belum Kamu Sadari

Investasi Aset DIGITAL

Aset digital atau dalam bahasa inggris disebut "digital asset" merupakan satu atau dua platform digital yang digunakan sebagai wadah bertukar, berinteraksi, mengakses dan melakukan kegiatan berbasis online dan offline dengan menggunakan perangkat pendukung digital.

Meski tidak dapat disentuh dengan tangan dan berada pada perangkat keras pendukung (smartphone), aset digital masa kini bisa menjadi barang yang diperdagangkan dan memiliki nilai ekonomis. Sebut saja yang baru-baru ini terjadi akan berita viralnya foto rektor ITB yang dijual secara digital pada platform OPENSEA.IO . Hal tersebut juga sebagai bentuk bagaimana transformasi telah terjadi. Dengan hanya sebuah foto yang biasa teman-teman lihat, kini telah memiliki nilai ekonomi yang berlaku secara global di seluruh dunia. Namun apa saja bentuk aset digital itu ? Berikut ulasannya :

media sosial sebagai aset investasi digital
Media Sosial

1. Sosial Media

Ya sosial media, jika bersama kita cermati lebih jauh sosial media tentunya merupakan aset digital yang jika dengan seksama anda berinvestasi dengan menggunakan cara-cara tertentu dapat meningkatkan dan membuat akun tersebut memiliki nilai ekonomi tertentu. 

Akun media sosial yang termasuk aset digital
Hampir semua platform sosial media yang memiliki trafik dan dapat diakses secara umum atas cara-cara tertentu. Akun media sosial sibatakjalanjalan bagi atas dua jenis, yaitu akun media sosial termonetisasi dan belum termonetisasi.

Dimulai yang paling umum untuk platform media sosial yang belum termonetisasi seperti akun facebook, instagram, twitter, pinterest dan masih banyak lagi. Khusus pada akun tua dan atau memiliki interaksi/enggagement yang tinggi, sangat banyak diminati. Contohnya saja kita bisa melihat akun ini diperjual-belikan melalui situs-situs penjualan online. Hal lain yang dapat dilakukan dengan akun tua dan interaksi tinggi juga sangat baik untuk digunakan sebagai akun endorsement (pemasaran dengan akun terkenal).

Kemudian, akun media sosial termonetisasi. Contohnya yang paling mudah seperti facebook fanspage, youtube, dan masih banyak lagi. Arti monetisasi adalah suatu cara yang digunakan dengan tujuan penguangan/menguangkan/diuangkan. Hal yang paling umum kita lihat pada akun-akun ini adalah munculnya iklan dari berbagai vendor, jasa dari beragam platform dan lainnya.

Akun media termonetisasi seperti halaman fanspage Facebook, Youtube, Quora dan masih banyak lagi.

2. Web

Saat teman-teman mengunjungi situs sibatakjalanjalan.com maka anda telah melihat contoh iklan yang muncul tampil secara acak dan tidak konstan pada web ini. Slot banner iklan ini pengembang khususkan pada platform dan vendor yang telah bekerjasama dengan situs sibatakjalanjalan seperti google adsense, tokopedia, shopee, alibaba dan beberapa vendor produk dari ecommerce terbesar dunia. Iklan-iklan pada web sibatakjalanjalan dapat tergolong monetisasi, slot dan affiliate marketing.

web sebagai aset investasi digital
Aplikasi web
Bagi teman-teman yang ingin mengkhususkan satu ruangan/bagian/slot untuk mempromosikan produk,jasa dan iklan anda secara khusus dan konsisten pada web sibatakjalanjalan dapat menghubungi kontak pengembang disini.

Web-web termonetisasi lainnya ada banyak di Indonesia dan memiliki fokus niche/topik yang berbeda-beda pula.

3. Investasi reksa dana dan saham

Mengenai reksa dana dan saham sudah penulis ulas sebelumnya pada artikel cara investasi ajaib dan perbandingan antara ajaib vs bibit. Investasi reksa dana dan saham memiliki valuasi/nilai ekonomi yang dapat memiliki harga yang lebih tinggi atau lebih rendah dari awal pembelian.

saham dan reksadana sebagai aset investasi digital
Saham dan reksadana sebagai instrumen investasi
Reksa dana memiliki ciri dimana teman-teman dapat menabung secara rutin atau hanya berinvestasi sekali saja dan menentukan tanggal pengambilan dan lama waktu dana di depositkan pada platform tersebut. Pada model saham, saham yang dapat dijual-belikan dapat berupa saham dalam negeri dan luar negeri. Contoh saham-saham terkenal seperti IHSG dan Dow Jones.

4. Investasi mata uang kripto dan token NFT

Tiga aspek mendasar pada pasar uang kripto dan token adalah ditigalisasi, enkripsi tingkat tinggi dan akses terdesentralisasi. Ketiga aspek mendasar tersebutlah yang menjadi keunggulan dari keberadaan mata uang kripto dan token nft.

mata uang koin kripto dan token sebagai aset investasi digital
Mata uang kripto dan token
Sama halnya seperti reksadana dan saham, koin kripto yang dapat teman-teman simpan pada dompet kripto seperti Tokocrypto, Indodax, Hotbit dan Binance akan memiliki nilai fluktuatif yang dapat turun dan naik sewaktu-waktu.
Next Post Previous Post