Sejarah Dompet dan Mata Uang Kripto Terbaik dengan Keaman Ekstra Blockchain dari "Bitcoin"

Dompet Mata Uang Kripto Terbaik


Dompet mata uang kripto (Wallet Cryptocurrency) merupakan program perangkan lunak dan keras yang dapat mengunci dan mengirimkan juga menerima berbagai token mata uang kripto/cryptocurrency pada jaringan blockchain.

dompet mata uang kripto
Dompet Mata Uang Kripto

Blockchain (rantai blok) adalah pencatatan kode yang terus-menerus berkembang dipisahkan dalam blok-blok kode dan saling terhubung langsung menggunakan teknik penguncian kriptografi. Jika satu blok dipilah maka akan terdapat data seperti timestamp atau pencatatan waktu dan data transaksi. 

Kelebihan dari blockchain/rantai blok ini dari kode blok biasa adalah pada penguncian kriptografi yang resistan terhadap percobaan modifikasi data, dalam arti mudahnya, blockchain ini hampir tidak mungkin dipecah pada teknologi masa kini.

Sehingga dompet mata uang kripto akan menyimpan sepasang kunci yang dikenal sebagai kunci 'privasi' dan kunci 'publik'(private key - public key).
TIPS : Untuk KEAMANAN aset anda, cukup menerima koin kripto dengan hanya membagikan kunci publik saja (publik key) 
Selain sebagai tempat penyimpanan mata uang kripto, wallet/dompet ini dapat membantu pengguna untuk melihat jumlah mata uang kripto pemilik, memberikan layanan antarmuka pengguna, menampilkan spesifikasi software, membantu pengguna dalam memahami pegangan/hold mata uang kripto yang dimiliki.

Jika teman-teman akrab dengan Paypal akan sangat mudah memahami cara kerja dompet kripto ini.

Kripto Wallet Address

Jika pada layanan paypal dan rekening bank, teman-teman sibatakjalanjalan tentunya memiliki identitas unik yang akan disematkan dan menjadi ketetapan alamat dari kepemilikan dompet paypal dan rekening bank tersebut. Begitupun dengan kripto wallet address

Untuk mengirim dan menerima pembayaran dengan menggunakan kripto, atau sebagai alat investasi jangka panjang, dompet kripto memiliki alamat/address khusus yang berbeda-beda untuk tiap mata uang kripto yang disimpan. Seperti contoh : pada koin kripto Etherium yang dimiliki sibatakjalanjalan akan memiliki address/alamat yang berbeda bila pembaca ingin mengirim koin bitcoin kepada penulis. 

Biasanya address/alamat kripto wallet dimulai pada angka 1, 3 atau bc dengan panjang 26 hingga 35 karakter. 
Contohnya alamat dompet kripto untuk etherium sibatakjalanjalan adalah 12dasd1425nfas876fsdf2112sda sedangkan untuk alamat koin kripto bitcoin adalah bc213jbskfjbs32ksdnfsdn32343 Meski koin tersebut disimpan dalam 1 akun dompet yang sama.

Sejarah Blockchain

Sejarah perkembangan rangkaian blok/blockchain dengan menggunakan teknik penguncian kriptografi dijelaskan oleh Stuart Haber dan W. Scott Stonetta pada tahun 1991. Pada waktu itu mereka berdua ingin menerapkan suatu sistem agar timestamp (pencatatan waktu) pada dokumen tidak dapat dirusak atau dimundurkan. 

Lalu pada tahun berikutnya pada 1992 Bayer Haber dan Stornetta memasukkan 'Merkle tree' dalam konsep rancangan tersebut, serta meningkatkan efisiensinya dengan kemampuan yang dimiliki seperti mengumpulkan beberapa dokumen dalam satu blok.

Konsep blockchain dalam dunia pertama diterapkan oleh seseorang/sekelompok orang dengan nama Satoshi Nakamoto di tahun 2008. 
Lalu pada tahun berikutnya Nakamoto mengimplementasikan dalam komponen inti bitcoin/bitcoin core, dimana blockchain difungsikan sebagai BIG BOOK/buku besar untuk semua transaksi yang ada pada jaringan. Ini adalah awal dari pemanfaatan blockchain yang menjadikan bitcoin menjadi mata uanga digital pertama yang mampu mengatasi double-spending tanpa memerlukan badan otoritas terpercaya dan menginspirasi keamanan pembayaran aplikasi dompet mata uang koin kripto bagi banyak orang.

Struktur Blockchain

Pertukaran nilai berbasis blockchain dapat diselesaikan dengan cepat, lebih aman, dan lebih murah dari sistem tradisional. Blockchain dapat menentukan hak kepemilikan jika dipersiapkan dengan benar untuk merinci perjanjian, dan juga menyediakan rekaman penawaran dan penerimaan (offer and acceptance).

Jenis blockchain dibagi atas :

  1. Blockchain publik yaitu blockchain tanpa batasan akses
  2. Private blockchain yang merupakan blockchain berizin
  3. Dan blockchain konsursium yang merupakan blockchain semi-desentralisasi.

Aplikasi Dompet Kripto dan Exchange Terbaik Indonesia

Aplikasi dompet kripto dan exchange dibawah ini bukan didasarkan pada aplikasi perangkat lunak atau perangkat keras yang terbaik, pilihan berdasarkan kenyamanan serta keamanan aplikasi dompet kripto, yaitu :
  1. Binance
  2. Hotbit
  3. Indodax
  4. Ladger Nano
  5. Luno
  6. MetaMask
  7. Pintu
  8. Rekeningku
  9. Tokocrypto
  10. Trust Wallet

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url