[Review]10 Rekomendasi Anime ROMANCE yang bisa buat BAPER

Review 10 Anime Romance Terbaik


Anime Romance atau anime romantis sering membuat penontonnya baper/bawa perasaan. Mulai dari alur ceritanya yang mirip dengan kehidupan penonton di kenyataan, atau terkadang tindakan tokoh dan kalimatnya yang memorable atau memeable ? :D dan berikut penulis sibatakjalanjalan akan merekomendasikan 10 Anime Romance Terbaik yang bisa kamu jadikan referensi nonton anime genre romance terbaik.

Kami juga sudah mengulas 10 aplikasi streaming anime online terbaik dan gratis untuk teman-teman jadikan referensi bersama.

1. Nisekoi

Nisekoi menceritakan pada awal semester 1 kelas 10, seorang perempuan yang terlambat menabrak Raku, menyebabkan hidungnya terluka dan menjatuhkan liontinnya yang hilang di rerumputan. Raku yang kesal pun bercerita tentang tabrakan itu kepada kedua temannya, Shu Maiko dan Kosaki Onodera, yang memberi perban di hidung Raku. 

anime nisekoi
Nisekoi
Saat pelajaran dimulai, guru kelas mereka, Kyoko mengumumkan datangnya murid baru dari Amerika Serikat, Chitoge Kirisaki, gadis berambut pirang yang menabrak Raku tadi pagi. Seketika, Raku langsung memarahi Chitoge karena menabraknya tadi pagi, tetapi Kyoko menganggap mereka sudah saling kenal dan menugaskan Raku untuk mengenalkan gedung SMA Bonyari kepada Chitoge. 

Saat Raku menyadari liontinnya telah hilang, ia langsung memarahi Chitoge lagi, meminta pertanggungjawaban atas kehilangan tersebut. Chitoge pun akhirnya berjanji akan mencarikan liontin Raku sampai dapat, kemudian mereka tak akan pernah berbicara lagi. 

Singkat cerita, rumor pun menyebar bahwa Raku dan Chitoge berpacaran, membuat mereka kesal dan semakin cepat mencarinya. Selengkapnya Tonton Streaming Anime online Nisekoi di AnimePlay

2. Oregairu

Oregairu berawal dari dua orang penyendiri, Hachiman Hikigaya dan Yukino Yukinoshita yang walaupun memiliki kepribadian dan prinsip yang berbeda, memberikan bantuan dan saran kepada orang lain sebagai bagian dari Klub Relawan di sekolah mereka dengan dibantu oleh Yui Yuigahama, seorang gadis yang periang dan ramah. 

anime oregairu
Oregairu
Cerita ini sebagian besar menggambarkan berbagai situasi sosial yang dihadapi oleh remaja di lingkungan sekolah dan masalah psikologis dalam interaksi mereka.
Bagaimana kelengkapan cerita anime Oregairu ? Tonton Streaming Anime online Oregairu di AnimePlay

3. Tonari No Kaibutsu-Kun

Tonari No Kaibutsu-Kun bercerita tentang seorang siswi kelas 1 SMA bernama Mizutani Shizuku. Siswi yang hanya memedulikan tentang nilainya dan jarang bersosialisasi ini suatu hari diberi tugas oleh guru untuk mengantarkan print out dari materi-materi pelajaran kepada siswa yang duduk di samping (Shizuku Yoshida Haru), yang tidak pernah masuk sekolah sejak hari pertama kelas dimulai.

tonari no kaibutsu-kun
Tonari No Kaibutsu-Kun
Yoshida Haru sendiri membuat masalah dengan berkelahi dengan senior di hari pertamanya sekolah dan setelah hari itu ia tidak pernah menampakkan dirinya di sekolah. Shizuku yang akhirnya tiba di tempat tinggal Haru mendapati Haru sebagai orang yang aneh. Ia memiliki empat orang teman lelaki yang selalu mengikutinya, namun Shizuku menyadari bahwa keempat teman tersebut tidak benar-benar menganggap Haru sebagai teman. Mereka hanya memanfaatkan Haru untuk dipinjami uang, sementara saat Haru sendiri mengalami kesulitan dengan rasa takut dan traumanya untuk pergi ke sekolah, keempat temannya tidak peduli.

4. Ao Haru Ride

Ao Haru Ride adalah anime adaptasi dengan judul sama karya Sakisaka Io yang bergenre romance, drama dan slice of life. Anime ini termasuk anime baru di tahun 2014 yang saya tunggu-tunggu selain ‘Gekkan Shoujo Nozaki-Kun’ dan ‘Sailor Moon: Crystal’, karena saya sudah mengikuti manga-nya terlebih dahulu. Ceritanya sendiri kalau kata saya sih remaja dan anak sekolahan banget, dan khususnya ditujukan buat para pembaca shoujo manga. 

au haru ride
Ao Haru Ride
Awal kisahnya bermula dari pertemuan kembali sang tokoh utama Yoshioka Futaba dengan cinta pertamanya saat kelas 1 SMP, Tanaka Kou atau yang kini berganti nama menjadi Mabuchi Kou, setelah 3 tahun mereka tak bertemu. Tak disangka, pertemuan ini menjadi sebuah kejutan bagi keduanya.

Bagaimana tidak ? Sebelum berpisah, mereka berdua pernah berjanji untuk bertemu di festival musim panas, namun Kou tidak pernah memenuhi janjinya tersebut. Yoshioka sendiri merasa ragu apakah ini karena ucapannya terhadap seorang cowok di sekolahnya bahwa ia sangat membenci cowok. 
Pasalnya, pada saat yang sama, Kou mendengar ucapan Yoshioka dan menatapnya dengan dingin. Sejak kejadian tersebut, keduanya pun tak lagi dekat.

5. Nagi No Asukara

nagi no asukara
Nagi No Asukara
Nagi No Asukara menceritakan bahwa sejak dahulu, manusia tinggal di dasar laut. Meskipun begitu, beberapa manusia ingin hidup di permukaan dan pindah ke daratan sehingga membuat perpecahan antara kedua belah pihak. Setelah sekolah mereka ditutup, empat siswa SMP yang berasal dari sebuah desa laut bernama Shioshishio, pindah ke SMP Mihama di permukaan. Berikut ini adalah perjuangan mereka dalam menyesuaikan diri dengan lingkungan baru dan hubungan antara orang-orang laut dan daratan, serta tentang perasaan mereka yang mulai tumbuh seiring berakhirnya masa kanak-kanak.

6. Tsuki Ga Kirei

Tsuki Ga Kirei menggambarkan mengenai kisah romansa remaja SMP, tentunya banyak konflik yang sederhana, namun cukup kuat untuk dikenang di kemudian hari. Premis inilah  yang diangkat dalam anime Tsuki ga Kirei, di mana akan banyak ditemui konflik ringan yang mungkin juga pernah dialami penontonnya semasa sekolah dulu. 

tsuki ga kirei
Tsuki Ga Kirei
Hal ini  menjadi salah satu nilai plus dari anime ini, karena akan banyak penonton merasa relatable dengan konflik – konflik yang disuguhkan. Walaupun begitu, penggemar  anime romance yang senang dengan cerita yang kompleks dan lebih dark mungkin akan sedikit kecewa dengan jalan ceritanya. Seting dari anime ini tentunya berfokus  pada kehidupan sekolah pada umumnya, seperti festival sekolah dan studi tur, sehingga penggemar school life juga dipuaskan dengan adegan dan atmosfir cerita yang ada.

Terlepas dari latar cerita romance dan school life yang mungkin terkesan biasa saja, tentunya anime Tsuki ga Kirei memiliki keunikannya sendiri, terutama dalam menyuguhkan keseluruhan cerita dan adegan – adegannya. Keunikan pertama datang dari penggunaaan aplikasi perpesanan LINE dalam anime ini. Sering disuguhkan scene dimana terjadi interaksi tidak langsung antar karakter dengan penggunaan LINE. 

Karakter Akane dan Kotarou yang malu – malu pada awalnya, sangat terbantu dengan adanya LINE sebagai media komunikasi mereka. Hal ini cukup unik sekaligus cerdas, karena pengembangan karakter  bisa didapatkan di sini, tanpa harus memperlihatkan adegan di mana para karakter saling bertemu. Selain itu, penggunaan LINE juga membuat para penonton semakin merasa relatable dan terkoneksi secara tidak langsung dengan anime ini, karena LINE juga sering dipakai sebagai media sosial para pelajar dan remaja pada kehidupan nyata, setidaknya di Indonesia dan Jepang.

7. Sakurasou No Pet Na Kanojo

Sakurasou No Pet Na Kanojo menceritakan tentang asrama Sakura, yang adalah asrama dari sebuah SMA yang berafiliasi dengan Universitas Seni Suimei (sering disingkat sebagai Suiko) yang dihuni oleh siswa-siswa aneh serta pembuat masalah. Setelah diusir dari asrama biasa karena memelihara kucing liar, Sorata Kanda pindah ke Asrama Sakura. 

sakurasou no pet na kanojo
Sakurasou No Pet Na Kanojo
Ketika ia sudah terbiasa dengan kehidupan di asrama tersebut, Mashiro Shiina seorang pelukis terkenal yang tidak mampu mengurus kepentingan sehari-harinya pindah ke asrama ini. Sorata dipaksa menjadi pengurus Mashiro. Cerita ini mengisahkan tentang kehidupan mereka sehari-hari serta perkembangan mental mereka sebagai remaja.

8. Golden Time

Golden Time bercerita tentang seorang mahasisawa baru bernama Tada Banri yang baru masuk tahun pertamanya di universitas di Tokyo. Di sini Banri benar-benar memulai kehidupan barunya karena sebelum pindah ke Tokyo Banri kehilangan semua ingatannya karena sebuah kecelakaan dan Banri pun memutuskan untuk menjadi Tada Banri yang baru.

golden time
Golden Time
Pada hari pertamanya sebagai mahasiswa baru Banri tidak dapat menemukan jalan ke kampusnya dan tersasar di jalan. Dan di saat tersasar itulah Banri bertemu Yanagisawa Mitsuo yang juga tersasar dan memutuskan mencari jalan ke kampus bersama. Sesampainya di depan gerbang Banri dan Yana dikagetkan dengan kemunculan seorang gadis sempurna bernama Kaga Kouko yang langsung memberi selamat kepada Yana dengan menamparinya menggunakan seikat bunga mawar (uuhhh sadis). 

Ternyata Kouko adalah teman kecil Yana yang menyukainya, tetapi sebalikanya Yana kabur ke universitas ini karna ingin lari dari Kouko. Bagaimana kelanjutan hubungan Kouko dan Yana ? Dan bagaimana pula hubungan Banri dan Kouko ? Ada apa dengan masa lalu Banri dan masalah yang timbul karenanya ?

9. Toradora

Toradora dimulai dengan sang protagonis Ryuji Takasu yang merasa frustrasi saat ia memasuki tahun kedua masa SMA nya. Meskipun memiliki kepribadian yang lembut, matanya yang menakutkan membuat dirinya benar-benar putus asa tentang peluangnya untuk mendapatkan pacar dalam waktu dekat.

toradora
Toradora
Ryuji pergi ke sekolah dan merasa senang setelah mengetahui bahwa dirinya ditempatkan pada kelas yang sama dengan sahabatnya Yusaku Kitamura, serta gadis yang ia sukai, Minori Kushieda. Namun, ia tiba-tiba bertemu wanita paling berbahaya di sekolah, Taiga Aisaka yang kebetulan juga berada di kelasnya dan merupakan teman baik dari Minori.

10. Shigatsu Wa Kimi No Uso

Shigatsu Wa Kimi No Uso menceritakan tentang Kousei Arima, yang adalah seorang anak yang berbakat dalam bermain piano dan selalu tampil mendominasi dalam berbagai kompetisi, sehingga menjadikannya terkenal di  antara para musikus cilik.

shigatsu wa kimi uso
Shigatsu Wwa Kimi No Uso
Setelah ibunya meninggal dunia, ia mengalami tekanan mental di tengah-tengah sebuah pertunjukan piano pada usia 12 tahun. Trauma yang  diderita olehnya menyebabkan ia kehilangan kemampuan untuk mendengar suara dentingan piano, meskipun secara fisik pendengarannya baik-baik saja.

Dua tahun berlalu, Kousei tidak pernah menyentuh pianonya dan beranggapan dunianya sebagai dunia yang monoton tanpa warna. Dia pun seakan melepas kehidupannya dan hanya berinteraksi dekat dengan kedua sahabatnya, Tsubaki Sawabe dan Ryota Watari; hingga pada suatu hari, Ia bertemu dengan seorang gadis yang sebaya dengannya. 

Gadis tersebut adalah Kaori Miyazono, seorang pemain biola yang bersifat ceria dan penuh semangat serta memiliki gaya bermain musik yang bebas dan berekspresif, berbeda dengan gaya bermain Kousei yang kaku dan terstruktur. Setelah Kaori mengikuti suatu kompetisi, ia mengajak Kousei untuk menjadi pengiring pianonya, walau ia harus menghadapi trauma yang ia derita. Lama-kelamaan, Kaori menuntun Kousei kembali ke dunia musik dan menunjukkan bahwa memainkan musik adalah sebuah hal yang perlu diresapi menggunakan perasaan dan imajinasi. Kousei secara perlahan menemukan makna baru dalam memainkan musik. Ia pun menaruh perasaan suka kepada Kaori, walaupun kelihatannya Kaori menyukai Watari.

Sekian artikel kami tentang Review 10 Rekomendasi Anime ROMANCE yang bisa buat BAPER. Kamu bisa tambahkan atau berkomentar tentang ulasan kami, kami sangat terbuka dengan kritik dan saran teman-teman. ^^
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url