REKOMENDASI 10 Anime Paling Sedih yang bisa Bikin NANGIS

REVIEW 10 Anime Sedih Terbaik


Anime bisa jadi merupakan cara kamu melepas penat dikala senggang atau bosan. Dan beberapa daftar anime yang bakalan penulis review dibawah ini merupakan anime-anime sedih yang bisa bikin kamu mewek dan nangis. Bisa jadi salah satu anime dari 10 anime ini sad ending dan happy ending, namun bagi penulis sibatakjalanjalan anime dengan judul "Hotarubi no Mori e" dan "Kimi no Nawa" menjadi salah anime paling sedih terbaik yang kami saksikan karena menguras emosi yang luar biasa. Kami juga sudah mereview aplikasi streaming anime online terbaik dan gratis digunakan.

Dan masih ada 8 daftar dibawah ini yang bisa kamu bandingkan dari versi sibatakjalanjalan. Kalau kamu punya referensi yang lain atau detail gambaran anime dibawah, silahkan berkomentar, kami akan segera tambahkan kok ;) .

the anthem of the heart
The Anthem of The Heart

1. The Anthem of The Heart

The Anthem of The Heart mengambil latar di sebuah kota di Jepang bernama Chichibu, di mana cerita anime ini berpusat pada seorang gadis muda bernama Jun Naruse. Dia merupakan seorang gadis yang dikenal sebagai tukang celoteh, selalu mengungkapkan apa pun yang dia kehendaki. Dia selalu bermimpi untuk dapat diundang ke sebuah kastil yang ada di atas gunung, yang sebenarnya merupakan hotel cinta. 

Suatu hari, ketika dia datang ke hotel tersebut, dia melihat ayahnya bersama seorang wanita lain baru saja keluar dari hotel tersebut. Dia kemudian menceritakan hal ini kepada ibunya, dan akibatnya kedua orang tuanya bercerai. Ibunya memaksa ayahnya untuk meninggalkan rumah dan ketika Jun ingin mengucapkan selamat tinggal kepada ayahnya, ayahnya menyalahkan Jun atas perceraian tersebut. Hal ini membuat Jun sedih. 

Saat Jun menangis, sebuah telur peri muncul dan menutup rapat mulutnya, mengunci kemampuan berbicaranya sehingga dia tidak bisa lagi melukai orang lain dengan kata-katanya.

Anime ini kemudian maju ke beberapa tahun ke depan, ketika Jun sudah mulai menjalani masa-masa di sekolah menengah atas. 
Akibat kutukan, Jun tidak dapat berbicara maupun mengungkapkan perasaannya dengan lantang. Guru wali kelasnya, Kazumi Joshima, kemudian mendaftarkannya menjadi anggota Komisi Bakti Sosial bersama dengan tiga orang lainnya, Takumi Sakagami, Natsuki Ito, dan Daiki Tazaki

Daiki dengan tegas menolak, diikuti oleh Jun yang untuk pertama kalinya akhirnya menyuarakan keberatannya setelah sejak sekian lama yang membuatnya merasakan sakit pada perutnya. Ketika dia pergi ke ruang komisi untuk menolak keanggotaannya secara sopan, dia mendengar Takumi yang sedang menyanyi dan terpukau. Dia kemudian memberitahu Takumi mengenai masa lalunya dan memintanya untuk mengubah kata-katanya menjadi sebuah lagu, dengan menganggap bahwa kutukan tersebut tidak berlaku saat dia bernyanyi.

2. 5 Centimeters per Second

5 Centimeters per Second berlatarkan negeri Sakura Jepang, dimulai semenjak era 1990an hingga 2000an, dimana setiap episodenya berkisah pada seorang tokoh bernama Takaki Tono. Untuk lebih memahami, episode pertama berlatarkan pada masa saat telepon seluler masih belum umum digunakan dan email belum digunakan masyarakat luas.

5 centimeters per second
5 Centimeters per Second

Episode 1: Oukasho (Bunga Sakura Mekar)

Takaki Tono dengan segera bersahabat dengan Akari Shinohara saat mereka berdua baru saja pindah pada Sekolah Dasar yang sama. Mereka semakin dekat satu sama lain karena memiliki banyak persamaan sikap dan sifat, seperti keduanya lebih suka bermain di perpustakaan karena mudah sakit. Mereka terbiasa saling memanggil nama tanpa menambahkan panggilan sebutan, yang menurut kultur Jepang menandakan persahabatan dan keakraban yang mendalam.

Episode 2: Cosmonaut

Episode 2 lebih banyak menggunakan sudut pandang seorang gadis bernama Kanae. Takaki bersekolah di sebuah Sekolah Menengah di Tanegashima yang terletak di Tanegashima Space Center. Kanae Sumida, seorang gadis yang juga merupakan kawan sekelas Takaki, memendam perasaan yang istimewa terhadap Takaki. Namun, ia tidak mempunyai keberanian untuk menyatakan cintanya. 

Ia selalu menunggu Takaki datang ke tempat parkir sepeda agar dapat pulang bersama-sama dengannya, mereka selalu datang ke sebuah minimarket untuk membeli susu kemasan. Karena selalu kesulitan untuk memutuskan susu apa yang akan ia beli, Kanae selalu terakhir keluar dan selalu melihat Takaki sedang mengirimkan SMS. Tidak diketahui oleh Kanae, Takaki tidak pernah mengirimkan SMS tersebut karena ia tidak tahu kemana mengirimnya.

Episode 3: Byosoku 5 Centimeter

Kejadian pada episode 3 kembali pada saat Takaki menoleh ke belakang setelah melintasi rel kereta api. Dua kereta api akhirnya berlalu, namun ia tidak menemukan seorang pun menunggunya dari balik lintasan. Takaki kemudian tersenyum kepada dirinya sendiri dan terus berjalan dengan latar belakang bunga sakura berjatuhan dari pohonnya. Episode ini diakhiri dengan flashback beberapa kisah yang tidak tampil pada dua episode sebelumnya sambil diiringi lagu dari Masayoshi Yamazaki, yaitu One More Time, One More Chance.

3. The Garden of Words

The Garden of Words dibuka dengan awal musim hujan di Tokyo dengan Takao Akizuki, seorang siswa SMA berusia 15 tahun yang bercita-cita menjadi pembuat sepatu. 

the garden of words
The Garden of Words
Ia memilih membolos pada kelas pertamanya dan membuat sketsa sepatu di taman di Shinjuku Gyoen. Kemudian bertemu dengan Yukari Yukino, seorang wanita berusia 27 tahun yang membolos kerja dan sedang menikmati bir dan cokelat di taman tersebut. 

Ketika Yukari melihat lambang sekolah di seragam Takao, ia mengucapkan selamat tinggal padanya dengan tanka (bentuk puisi Jepang), meninggalkan Takao dalam kebingungan. Keduanya terus bertemu satu sama lain dan mengobrol di taman pada pagi hari yang berhujan, tetapi tidak pernah secara resmi memperkenalkan diri. 

Setelah Yukari mengungkapkan ketertarikannya pada keterampilan Takao dalam membuat sepatu, Takao memutuskan untuk membuatkannya sepasang sepatu dengan ukuran yang sesuai. Dengan berakhirnya musim hujan, Takao berhenti mengunjungi taman dan fokus pada pekerjaannya. Dengan berakhirnya musim hujan, Takao juga berhenti mengunjungi taman dan fokus pada pekerjaannya.

4. Weathering with You

Weathering with You menceritakan kala Jepang sedang mengalami periode cuaca yang sangat buruk. Seorang gadis remaja bernama Hina Amano melihat sinar matahari di sebuah kuil rusak di atas sebuah bangunan bobrok saat merawat ibunya yang sedang sekarat. Dia meninggalkan sisi tempat tidur ibunya dan pergi ke kuil, melintasi gerbang kuil tersebut, dan tubuhnya tiba-tiba dipindahkan ke dunia di atas langit.

weathering with you
Wethering with You
Siswa baru SMA bernama Hodaka Morishima melarikan diri dari rumahnya di sebuah pulau terpencil dan pindah ke Tokyo. Dalam perjalanan, ia hampir tenggelam karena badai hujan mengerikan yang menghantam kapal feri yang ditumpanginya, tetapi diselamatkan oleh seorang pria bernama Keisuke Suga, yang memberikan kartu namanya pada Hodaka

Di Tokyo, Hodaka kesulitan untuk menghidupi dirinya sendiri karena usianya terlalu muda untuk bekerja secara legal. Dia sempat bertemu dengan Hina ketika dia makan di restoran cepat saji tempat Hina bekerja. Hina yang merasa kasihan, memberinya makan gratis karena Hodaka sudah makan di sana selama tiga malam berturut-turut. Meski demikian, Hodaka kebanyakan menjalani hari-harinya dalam kesendirian sebelum akhirnya menemukan pekerjaan sebagai asisten untuk sebuah perusahaan penerbitan kecil yang berspesialisasi dalam artikel tentang legenda urban bersama Suga, pria yang ditemuinya di kapal feri.

5. Anohana : The Lower We Saw That Day

anohana the lower we saw that day
Anohana : The Lower We Saw That Day
Anohana : The Lower We Saw That Day menceritakan sebuah kelompok yang terdiri dari 6 orang anak-anak berpisah sejak salah satu dari mereka, Meiko "Menma" Honma meninggal dalam sebuah kecelakaan. 10 tahun sejak kejadian tersebut, ketua kelompok mereka, Jinta Yadomi menjadi seorang hikikomori. Suatu hari di musim panas, Menma dengan penampilannya yang lebih dewasa, muncul di hadapan Jinta, dan memintanya untuk mengabulkan permohonannya agar dia bisa pergi ke akhirat. Karena Menma tidak bisa mengingat permohonannya, Jinta mengumpulkan teman-teman lamanya karena Jinta percaya bahwa merekalah solusinya.
Streaming Anime online Gratis The Lower We Saw That Day di AnimePlay

6. Wolf Children

Wolf Children berlatarkan kota Tokyo, Jepang. Alkisah seorang mahasiswa bernama Hana jatuh cinta dengan seorang pria yang penuh teka-teki. Suatu malam, pria itu mengungkapkan bahwa ia dapat berubah menjadi serigala, mereka lalu hidup bersama dan memiliki dua anak serigala; seorang putri bernama Yuki, dan seorang putra bernama Ame. Segera setelah itu, ayah mereka terbunuh dalam kecelakaan saat berburu makanan untuk anak-anak.

wolf children
Wolf Children
Kehidupan Hana sebagai ibu tunggal dijalani cukup sulit; Yuki dan Ame terus-menerus beralih antara bentuk manusia dan serigala mereka, dan Hana harus menyembunyikannya dari dunia. Setelah dia menerima keluhan kebisingan dan kunjungan dari pekerja sosial yang khawatir bahwa anak-anak belum mendapatkan vaksinasi, Hana memindahkan keluarga ke pedesaan menjauh dari tetangga yang ikut campur. 

Dia bekerja keras untuk memperbaiki rumah yang bobrok, dan juga berjuang untuk mempertahankan keluarga dengan hasil panen mereka sendiri. Dengan bantuan seorang lelaki tua berwatak keras bernama Nirasaki, ia belajar bertani secukupnya dan berteman dengan beberapa penduduk setempat.
Streaming Anime online Gratis Wolf Children di AnimePlay

7. Hotarubi No Mori E

Hotarubi no Mori E menceritakan dua orang dengan dunia yang berbeda. Anime ini bergenre romance dan fiksi supernatural. Berawal dari seorang anak kecil perempuan yang tersesat di hutan ketika mengunjungi pamannya. Kemudian, anak kecil tersebut bertemu dengan roh hutan bertopeng. Roh tersebut bernama Gin

hotarubi nomori e
Hutarubi No Mori E
Gin adalah roh yang berasal dari dunia lain. Gin mengantarkan anak kecil perempuan tersebut sampai keluar dari hutan. Gin memberi tahu ia tak bisa disentuh oleh manusia. Oleh karena itu, ia memperingatkan anak kecil tersebut untuk tidak menyentuhnya.

Jika Gin tersentuh maka ia akan menghilang sepenuhnya. Anak kecil tersebut tersesat dihutan yang berbahaya, Gin memberitahu agar ia tak kembali ke hutan ini.

Anak kecil perempuan itu bernama Takegawa Hotaru, dipanggil Hotaru. Hotaru tidak mendengarkan Gin, ia kembali datang ke hutan untuk berterima kasih dan memberikan hadiah kepada Gin.
Mereka berbeda dunia, namun tetap menjalin hubungan persahabatan. Hotaru selalu pergi ke hutan saat musim panas untuk menemui roh bertopeng, Gin.
Streaming Anime online Gratis Hutarubi No Mori E di AnimePlay

8. A Silent Voice

A Silent Voice bercerita tentang Shoya Ishida bertindak sesuai kemauannya dan berjalan ke tepi jembatan berniat untuk bunuh diri. Pada menit-menit terakhir, akal sehatnya muncul kembali. Ia kemudian mendengar suara kembang api dan mengingat kembali hari-harinya di sekolah dasar dan peristiwa yang telah membawanya ke titik ini dalam hidupnya.

a silent voice
A Silent Voice
Pada masa itu, Shoya adalah seorang anak yang acuh tak acuh, memandang teman-temannya sebagai cara untuk menghilangkan kebosanannya. Masuknya seorang siswa baru bernama Shoko Nishimiya ke dalam kelasnya menarik minatnya, ketika Shoko memberi tahu kepada teman sekelasnya bahwa ia tuli. 

Terlepas dari kecacatannya, ia mencoba yang terbaik untuk hidup normal dan menjalin hubungan dengan teman sekelasnya. Namun, murid-murid lain dan guru percaya bahwa kehadirannya mengganggu keseimbangan sosial, dan Shoya mulai menjahilinya.
Streaming Anime online Gratis A Silent Voice di AnimePlay

9. Kimi No Nawa

Kimi no Na wa memiliki 1 episode/movie dan telah pernah tayang di televisi memiliki rate/nilai 8.88/10 dan telah di review oleh 2,251,533 orang di salah satu forum yang sering memberikan ulasan tentang anime.

kimi no na wa

Kimi no Na wa dikenal juga dengan "Your Name" merupakan anime versi movie yang benar-benar cocok ditonton bagi penonton yang menyukai atau mencari anime genre Romantis. Ada hal yang menarik yang akhirnya penulis selalu ingat dari anime ini, yaitu tentang legenda "Takdir Benang Merah" dari Asia Timur. Takdir Benang Merah merupakan legenda yang bercerita tentang meski dimanapun kamu berada, kamu akan selalu terikat dengan jodohmu.

Dan Kimi No Nawa mengacu pada legenda tersebut, dimana dikisahkan dua orang remaja bernama Mitsuha Miyamizu dan Taki Tachibana bertukar tubuh satu sama lain. Namun sesungguhnya mereka adalah dua orang dengan gender berbeda, latar belakang berbeda.

Miyamizu Mitsuha adalah siswi SMA sekaligus gadis kuil yang tinggal di desa Itomori dekat gunung di pedalaman Gifu yang merasa bosan dengan kehidupan di pedesaan. Sedangkan Tachibana Taki, siswa SMA yang tinggal di Shinjuku pusat kota Tokyo yang juga freelancer di sebuah restoran Italia.

Kala ketika mereka berdua terbangun dari tidur yang kemudian kaget karena berada pada tubuh yang berbeda. Untuk itu keduanya saling mencatat apa dan bagaimana saat mereka saling bertukar jiwa. Akan tetapi ada waktu dimana pertukaran tubuh itu terhenti, membuat keduanya resah.
Ikuti cerita lengkapnya dengan Streaming serial anime Kimi no Nawa GRATIS di aplikasi AnimePlay, bisa full HD juga loh.
Streaming Anime online Gratis Kimi no Na wa di AnimePlay

Dan sekian tulisan kami tentang REKOMENDASI 10 Anime Paling Sedih yang bisa Bikin NANGIS, kamu bisa tambahkan atau usul anime lain pada daftar artikel ini ;) !
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url