Daftar Kegunaan Dan Cara Cek Mutasi Di ATM BRI

Kegunaan Daftar Mutasi ATM BRI

Mutasi ATM BRI, Saat ini pengguna ATM BRI semakin bertambah banyak, sehingga tidak heran jika istilah mutasi ATM tidak terdengar asing lagi di telinga. Sebelum membahas cara cek mutasi di ATM BRI, kan lebih baik jika mengetahui dahulu mengenai kegunaan mutasi ATM BRI.

cek kegunaan dan manfaat mutasi bank bri

Kegunaan Mutasi Di ATM BRI

1. Sebagai Bukti Transaksi

Kegunaan dari mutasi ATM BRI yang sudah pasti adalah sebagai bukti transaksi dari keuangan yang tersimpan di dalam ATM tersebut. Dalam mutasi, setiap ada transaksi saldo masuk atau keluar akan otomatis tercatat secara detail dalam periode waktu tertentu.
Catatan ini tentu sangat penting untuk menghindari kesalahpahaman ketika melakukan transaksi ke rekening lain. Misalnya ketika berbelanja online dan sudah melakukan transfer uang, tetapi penjual mengatakan tidak ada uang masuk. Saat seperti itu, pembeli dapat mengirimkan mutasi ATM sebagai bukti.

2. Sebagai Syarat Untuk Pengajuan Pinjaman di Bank

Sebagian besar bank yang ada di Indonesia membuat persyaratan melampirkan mutasi rekening dalam periode tertentu ketika akan mengajukan pinjaman. Sebagai contoh, ketika mengajukan pinjaman KPR maka bank yang menyediakan layanan tersebut akan meminta untuk melampirkan mutasi rekening ATM yang digunakan.
Ini untuk mempermudah pihak bank dalam melihat dan melakukan analisis terhadap transaksi keuangan yang keluar masuk di ATM tersebut. Dengan demikian, pihak bank dapat memastikan jika pihak yang mengajukan pinjaman KPR mampu membayar cicilan setiap bulannya dan tidak menunggak.

3. Sebagai Syarat Mengajukan Visa Berkunjung

Di beberapa negara terdapat peraturan yang mengharuskan pengunjung yang datang dari luar negeri untuk melampirkan dokumen mutasi rekeningnya. Biasanya mutasi yang akan diminta adalah mutasi dalam periode 3 sampai 6 bulan sebelum keberangkatan sebagai syarat pengajuan visa berkunjung.
Peraturan ini dibuat agar pemerintah negara yang dikunjungi dapat memastikan bahwa pemilik rekening tersebut memiliki uang yang cukup selama kunjungan. Selain itu juga untuk menghindari pengunjung tersebut menjadi gelandangan selama di negara tujuan karena uangnya tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan.

Cara Cek Mutasi BRI di ATM

Pengecekan mutasi BRI ialah kegiatan mengontrol transaksi dari saldo yang masuk maupun keluar dari sebuah rekening. Cek mutasi biasa dilakukan oleh para nasabah untuk melihat transaksi keuangannya. Ingin tahu bagaimana cara cek mutasi BRI di ATM? Ikuti beberapa langkah berikut:
  • Kunjungi mesin ATM yang ada di lokasi terdekat.
  • Masukkan kartu ATM di mesin ATM tersebut.
  • Setelah itu akan muncul pilihan bahasa, pilihlah bahasa Indonesia agar lebih mudah.
  • Lalu, klik tombol Lanjutkan dan ketik 6 digit PIN kartu ATM, pastikan sudah benar.
  • Tekan menu Transaksi Lainnya.
  • Klik opsi Info Rekening dan klik opsi Mutasi Rekening.
  • Tunggu beberapa saat hingga mesin ATM menampilkan mutasi rekening ATM dalam bentuk struk.
  • Setelah selesai, langsung keluarkan kartu ATM dari mesin ATM agar tidak ketinggalan.

Baca juga :
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url