19 Tempat Bersejarah dan Bangunan Tua di Kota Medan yang Layak Kamu Kunjungi Lengkap dengan Alamatnya

19 Tempat Bersejarah dan Bangunan Tua di Kota Medan yang Layak Kamu Kunjungi Lengkap dengan Alamatnya

Bangunan Bersejarah Dan Tertua Di Kota Medan


Hello teman-teman SibatakJalanJalan yang masih tetap setia dan selalu bersama kami di SibatakJalanJalan.com .

Kami punya informasi teruntuk anda teman-teman SibatakJalanJalan yang sedang berada di kota Medan dan sedang menikmati perjalanan wisata yang sudah lama direncanakan. 
Namun, perjalanan wisata teman-teman tidak akan lengkap tanpa berkunjung ke tempat-tempat hits dan gaul di kota Medan saja.

Tahukah teman-teman bahwa ada begitu banyak sejarah mengenai informasi lengkap kota Medan yang kami punya di situs SibatakJalanJalan.com, dan tentunya kami akan berbagi informasi unik yang belum tentu teman-teman dapatkan di situs informasi perjalanan wisata lainnya.

Salah satunya adalah bangunan tua yang ada di kota Medan.

Salah satunya adalah bangunan tua yang ada di kota Medan. Mungkin terdengar akrab bagi teman-teman akan objek wisata Istana Maimun, Kantor Pos Kota Medan dan tentunya Merdeka Walk. Karena memang ke tiga tempat tersebut berada di kota Medan dan tahukah anda teman-teman pembaca SibatakJalanJalan bahwa alamat Kantor Pos pusat kota Medan berada berseberangan dengan Merdeka Walk..

Lalu bagaimana dengan tempat yang disebut dengan Gedung Warenhuis yang merupakan supermarket pertama di Kota Medan.

Atau Restoran Tip-Top di daerah Kesawan yang menyediakan aneka menu makanan khas Asia dan Barat. Mulai dari panganan khas Asia maupun Barat, kue-kue dan tentunya Es Krimmm.. euyy.

Ngomong-ngomong mengenai restoran yang satu ini, sebagai informasi untuk mengawali judul artikel SibatakJalanJalan berjudul 19 Tempat Bersejarah dan Bangunan Tua di Kota Medan yang Layak Kamu Kunjungi Lengkap dengan Alamatnya. Jangan lupa untuk SHARE/Bagikan dan SUBSCRIBE/Langganan untuk berbagi dengan teman-teman yang senang travelling dan tentunya SibatakJalanJalan pastikanuntuk teman-teman pembaca selalu mendapat informasi terbaru dari SibatakJalanJalan.com ! . Assshiiiiaaaappppppppp....

Oke, langsung saja SibatakJalanJalan bagikan tempat-tempat bersejarah alias  Bangunan Tua Di Kota Medan Lengkap Dengan Alamatnya, berikut :

1.      Bank Indonesia
gedung bank indonesia medan
Kantor Bank Indonesia di Medan, Sumber gambar : Instagram.com

Bank Indonesia Medan, dikenal dengan singkatan BI Medan adalah bangunan bekas peninggalan pemerintah Belanda, kenapa di tinggalkan ? karena tentunya Belanda kalah perang dan Indonesia telah merdeka.
Jadi singkat ceritanya bank ini telah berubah statusnya menjadi bank yang kepemilikannya adalah pemerintah Indonesia .

Adapun Bank Indonesia Medan ini didirikan pada tahun 1906 dan langsung ditangani oleh ahli bangunan dari Belanda.

Bila teman-teman memiliki waktu untuk memperhatikan bentuk bangunan dari gedung Bank Indonesia Medan ini, tentunya akan sangat merasakan bahwa ada gaya arsitektur khas Eropa. Disamping gaya gedung yang mungkin bagi SibatakJalanJalan sendiri terasa mungil dan instagramable untuk di foto.

Alamat dari Bank Indonesia Medan ini berada di Jalan Balaikota No. 4 , Kesawan, Medan Barat, Kota Medan .


2.      Gedung Warenhuis


gedung warenhuis medan
Kondisi Gedung Warenhuis saat ini , Sumber gambar : Instagram.com


Tahukah teman-teman pembaca situs SibatakJalanJalan.com bahwa Gedung Warenhuis merupakan gedung supermarket pertama di Kota Medan.

Mengapa pertama ?

Karena memang pertama ajah, haha.. becanda. Mesti ada alasannya dong, yaa.. gedung Warenhuis ini sendiri dibangun pada zaman kolonial Belanda di Sumatera Utara.
Hampir sama seperti Gedung Bank Indonesia yang saat ini merupakan gedung kebanggaan Kota Medan.

Gedung Warenhuis sedikit berbeda, memang tetap menjadi gedung kebanggaan warga kota Medan dan Sumatera Utara pada umumnya.

Sebagai informasi tambahan mengenai Gedung Warenhuis ini, Gedung ini sendiri dibangun pada tahun 1916 oleh arsitek dengan kebangsaan Jerman, G Bos.
Lalu diresmikan pada tahun 1919, oleh Daniel Baron Mackay yang merupakan Wali Kota Medan pertama.
Adapun status Gedung Warenhuis kini statusnya adalah aset milik Pemerintah Kota Medan.

Alamat Gedung Warenhuis sendiri berada di Jalan Hindu, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan .


3.      Gereja Immanuel

Kalau kita sudah bahas mengenai supermarket pertama di Kota Medan dan bank tertua yang masih ada dan dipelihara di Kota Medan.
Sekarang SibatakJalanJalan ingin membawa teman-teman sekalian berjalan ke salah satu bangunan rumah ibadah tertua umat Kristiani.

Dan merupakan Gereja tertua yang pernah ada di Kota Medan.
Apalagi kalau bukan Gereja Protestan Indonesia Bagian Barat Immanuel (GPIB Immanuel) atau sering disebut dengan Gereja Immanuel adalah suatu tempat yang dahulu dikenal dengan nama Indische Kerk.

Gereja Immanuel dibangun pada tahun 1921 yang tentunya hampir sama dengan bangunan Bank Indonesia dan Gedung Warenhuis yang masih dipengaruhi oleh gaya bangunan Barat, begitupun Gereja Immanuel. Gereja ini memiliki gaya bangunan Belanda.

Teman-teman pembaca SibatakJalanJalan bisa mengunjungi Gereja Immanuel ini di Jalan Dipenogoro. No. 25-27, Madras Hulu, Kecamatan Medan Polonia, Kota Medan .


4.      Hotel Inna Dharma Deli

grand inna dharma deli dan tugu bank sumut
Grand Inna disisi sebelah kanan gambar, Sumber gambar : Instagram.com

Tahukah teman-teman SibatakJalanJalan bahwa Hotel Inna Dharma Deli adalah penggabungan dari dua hotel menjadi satu. Ya benar, dahulunya adalah dua hoteldan kini menjadi satu tempat bernama Hotel Inna Dharma Deli.

Dua hotel yang digabungkan menjadi satu tersebut adalah Hotel Wisma Deli dan Hotel Dharma Bakti. Lalu kemudian diambil satu-persatu nama dari hotel masing-masing menjadi hotel yang dikenal kini namanya menjadi Hotel Inna Dharma Deli.

Adapun informasi lengkap yang SibatakJalanJalan tambahkan mengenai Dharma Bakti adalah bahwa dahulu hotel ini dikenal dengan sebutan Hotel De Boer. Dan hal ini pula yang menjadikan Hotel Inna Dharma Deli menjadi hotel Megah Pertama yang ada di Kota Medan. Namun Hotel ini sebenarnya sudah berganti nama lagi menjadi Grand Inna Medan Hotel.

SibatakJalanJalan belum memiliki informasi terpercaya tentang mengapa, kenapa dan ada apa dengan pergantian nama Hotel yang dahulunya merupakan penggabungan dua hotel dan berubah nama lagi menjadi Grand.

Kabar baiknya, adalah bahwa teman-teman SibatakJalanJalan.com masih bisa berkunjung dan bahkan menikmati keindahan tempat bersejarah di Kota Medan ini yang beralamat di Jalan Balai Kota No.2, Pusat Kota, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan.


5.      Istana Maimun

Coba teman-teman pembaca SibatakJalanJalan.com membayangkan suatu tempat yang disebut dengan Istana.

Apakah sesuatu yang megah ?
Tempat tinggal Raja, Pangeran, Ratu dan tuan Putri ?
Semua itu bisa teman bayangkan dengan semua imaji.
Kabar baiknya adalah bahwa teman-teman bisa mengunjungi tempat yang disebut dengan istana ini di Kota Medan.

Ya Benar, di Kota Medan dan termasuk dalam daftar Bangunan Tua yang layak teman-teman pembaca kunjungi menurut SibatakJalanJalan yaa..

Adapun informasi mengenai Istana Maimun ini sendiri adalah bahwa Istana ini merupakan kombinasi dari pengaruh gaya bangunan Belanda, India, Italia,Melayu dan Spanyol. Kombinasi ini seakan memberikan cara baru pada banguan yang membuatnya indah dan megah.

Istana Maimun sendiri merupakan istana kerajaan di Sumatera Utara yang telah ada pada tahun 1891. Dibangun oleh Raja Sultan Makmun Al Rasyid pada 1888 dan diresmikan pada tanggal 18 Mei 1891.

Istana Maimun saat ini menjadi bangunan megah yang menggambarkan kebesaran Sultan Deli dengan taburan kemewahan. Hal ini menjadikan Istana Maimun kini menjadi salah satu ikon wisata Kota Medan.

Alamat lengkap Istana Maimun untuk teman-teman yang ingin berkunjung dan menikmati wisata Istana dan kemegahan serta kemewahannya. Istana ini berada di Jalan Sultan Ma’moen Al Rasyid No.66. A  U R, Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan.


6.      Kantor Balai Kota Lama

kantor balai kota lama medan
Gedung Balai Kota Lama Medan, Sumber gambar : Instagram.com

Kantor Balai Kota Lama Medan atau dikenal juga sebagai Gedung Balai Kota Lama Medan merupakan salah satu bangunan yang paling bersejarah di Kota Medan, termasuk juga tentunya dalam daftar bangunan yang tertua di Kota Medan.

Adapun bangunan Gedung Balai Kota Lama Kota Medan dibangun sama seperti beberapa bangunan yang ada dalam daftar Bangunan Tua Di Kota Medan sebelumnya.

Yakni dibangun pada masa kolonial Belanda di tahun 1908 oleh Hulswit dan Fermont.
Yang penting dan perlu teman-teman pembaca SibatakJalanJalan ketahui adalah Gedung Balai Kota Lama Medan atau Kantor Balai Kota Lama Medan ini merupakan titik 0 (nol) Kota Medan.

Gedung Balai Kota Lama Medan ini berada di alamat Jalan Listrik No.10, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan .


7.      Kantor Pos Medan

kantor pos kota medan
Kantor Pos kota Medan, Sumber gambar : Instagram.com

Apa yang paling anda teman-teman SibatakJalanJalan paling ingat dari sebuah tempat bernama Kantor Pos ?
Kumpulan surat ? Hal-hal berhubungan dengan dokumen atau hal lain yang bersifat rahasia dan kedinasan ?

Kantor Pos pusat Kota Medan merupakan salah satu instansi pemerintah yang sampai saat ini masih melakukan hal-hal diatas.
Seperti mengirim surat, menerima paket dan lainnya, dan tentunya tetap mengikuti perkembangan zaman ya teman-teman SibatakJalanJalan.
Kantor Pos Kota Medan sendiri masuk dalam daftar Bangunan Tua yang memiliki nilai sejarah menurut review  SibatakJalanJalan.com.


Mengapa ?

Karena salah satu keunikan gedung bangunan instansi pemerintah ini masih tetap terjaga dan penting untuk diketahui teman-teman semua.

Dibuka pada tahun 1911, berseberangan dengan Lapangan Merdeka/Merdeka Walk yang membuat kantor ini mudah ditemukan selain karena bentuk gedungnya yang kental dengan gaya Eropa.
Bangunan Kantor Pos sendiri memiliki luas total 1200 meter dan tinggi 20 meter.

Jika teman-teman pembaca memperhatikan dengan seksama, maka jendela-jendela yang berbentuk setengah lingkaran pada gedung ini, lengkap dengan tiang putih yang menyangga akan memberikan kesan rupa gedung seperti kandang burung merpati, merpati dahulu adalah sebuah lambang ikon dari kantor pos.

Untuk teman-teman yang ingin langsung menikmati suasana bangunan Kantor Pos pusat Kota Medan dapat berkunjung ke alamat Jalan Pos, No.1, Kelurahan Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan .


8.      Kolam Sri Deli

Setelah membahas beberapa gedung dan hotel diatas, kini SibatakJalanJalan akan membawa teman-teman pembaca sekalian ke sebuah tempat yang memiliki pesona eksterior.

Kolam Sri Deli atau Taman Sri Deli, adalah pilihan bagus sebagai tempat untuk teman-teman pembaca yang ingin menikmati sore hari atau sekedar menikmati suasana.

Tempat ini sama seperti taman pada umumnya, hanya saja memiliki nilai sejarah dan merupakan salah satu bangunan tua yang berada di Kota Medan.
Untuk luas Taman Sri Deli sendiri memiliki luas sekitar 14.884 m2. Dibangun sebagai tempat bersantai Sultan Deli dan dahulu bernama Derikanpark.

Lokasi tepat taman ini berada di Jalan Sisingamangaraja, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan.


9.      Kuil Shri Mariamman

Pernahkah teman-teman pembaca mendengar mengenai suatu tempat di Medan bernama “Kampung Keling’ ?
Kampung Keling berada di Medan Petisah dan di kampung inilah terdapat sebuah kuil Hindu tertua yang pernah ada di Kota Medan, Kuil Shri Mariamman.

Kuil Shri Mariamman dibangun pada tahun 1881 yang dijadikan tempat pemujaan Dewi Mariamman.
Berhubung Kuil Shri Mariamman adalah tempat ibadah bagi teman-teman kita umat Hindu, mungkin muncul pertanyaan. Bolehkah saya mengunjungi kuil tersebut (berwisata) meskipun saya menganut agama yang berbeda ?

Ya , tentu boleh. Bahkan untuk rombongan sekalipun. Hanya saja tidak untuk hari-hari khusus dan upacara tertentu.

Alamat Kuil Shri Mariamman berada di Jalan Teuku Umar No.18, Petisah Tengah, Kecamatan Medan Petisah, Kota Medan.

10.  Masjid Raya Al Mashun
Setelah beberapa tempat ibadah teman-teman umat beragama Kristen dan Hindu, kini SibatakJalanJalan akan membawa teman-teman ke sebuah tempat keagamaan yang indah bangunannya.
Masjid Raya Medan atau Masjid Raya Al Mashun dibangun pada tahun 1906 dan selesai pada tahun 1909.

Rumah ibadah ini tampak indah karena oleh paduan bangunan India, Timur Tengah dan Spanyol yang menjadi dasar arsitekturnya.

Anda dapat mengunjungi tempat ibadah bagi umat Islam ini di alamat Jalan Sisingamangaraja, No.61, Mesjid, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan.


11.  Menara Air Tirtanadi

menara air tirtanadi kota medan
Menara Air Tirtanadi, Sumber gambar : Instagram.com

Dibanyak kiriman foto di media sosial instagram tentunya teman-teman sering melihat sebuah bangunan yang memiliki sebuah tabung silinder diatasnya.
Bangunan ini bukan merupakan sebuah monumen, gedung atau semacamnya. Namun adalah Menara Air.

Menara Air ?

Yaps bernama Menara Air Tirtanadi, didirikan pada tahun 1908 oleh pemerintah Belanda. Adapun fungsinya sampai hari ini masih tetap sama sebagai penampung persediaan air dan bagi teman-teman yang berkunjung, diareal ini sudah disediakan tempat untuk air minum yang dapat langsung diminum.

Teman-teman dapat mengunjungi Menara Air Tirtanadi ini dialamat Jalan Sisingamangaraja, No.1, Pasar Baru, Kecamatan Medan Kota, Kota Medan.


12.  Pekong Lima Medan Labuhan

Pekong atau kemudian dikenal dengan Klenteng merupakan tempat ibadah bagi teman-teman kita yang menganut agama Budha.

Adapun hal-hal yang banyak dilakukan di Pekong ini adalah acara keagamaan, namun tidak menutup kemungkinan bagi teman-teman sekalian untuk berkunjung dan melihat-lihat situs bangunan tua yang ada di kota Medan.

Teman-teman dapat berkunjung ke alamat Jalan Medan-Lubuk Pakam, Tanjung Morawa, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara.


13.  PT PP London Sumatra

pt london sumatera kota medan
Gedung Pt London Sumatera atau Lonsum, Sumber gambar : Instagram.com

PT PP London Sumatera dikenal juga sebagai PT PP LonSum adalah dahulunya merupakan kantor perkebunan karet bernama Harrisons and Crosfield.

Gedung LonSum sendiri dibangun pada tahhun 1909, dan memiliki status sebagai bangunan tua di Kota Medan.

Berada diujung jalan Kesawan membuat gedung ini begitu mudah ditemukan dan juga sederet dengan beberapa situs/tempat yang memiliki nilai sejarah yang tinggi pula.
Adapun lokasi gedung Lonsum ini berada di Jalan Jendral Ahmad Yani, No.2, Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan.


14.  Restoran Tip Top

restoran tip top kota medan
Restoran Tip-Top kota Medan, Sumber gambar : Instagram.com

Berdiri sejak tahun 1929 di Kota Medan, dengan ragam menu Asia dan Barat, termasuk kue, es krim, juga didukung dengan fasilitas yang nyaman. Teman-teman SibatakJalanJalan akan merasa nyaman berkunjung ke restoran ini.

Bangunan restoran Tip-Top meskipun sudah cukup tua, namun masih tetap memiliki tempat dihati warga Medan, dan Sumatera Utara pada umumnya.

Karena setelah beberapa tempat yang sudah SibatakJalanJalan review diatas anda dapat menikmati suasana santap ria dan bersantai dibangunan tua pula, namun buka sekedar tua ya teman-teman. Hehe.

Alamat Restoran Tip-Top berada di Jendral Ahmad yani, No.92 A-B, Kesawan, Medan Barat, Kota Medan.


15.  RS. dr. Pirngadi

Karena SibatakJalanJalan punya informasi yang lengkap dan detail tentang jalan-jalan dan tempat-tempat wisata, jadi.. teruntuk anda teman-teman pembaca penting juga tahu bahwa salah satu Rumah Sakit yang terkenal di Kota Medan ini juga merupakan bangunan tertua yang pernah ada dari zaman kolonial Belanda hingga saat ini.

Didirikan pada tanggal 11 Agustus 1928, dengan nama “Gementa Zieken Huis”, kemudian pada zaman penjajahan Jepang berganti nama menjadi “Syuritsu Byusono Ince”, dan setelah Indonesia merdeka menjadi “Rumah Sakit Umum Daerah Pirngadi”.

Teman-teman bisa berkunjung ke RSUD Pirngadi di alamat Jalan Prof. HM. Yamin Sh No.47, Perintis, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan.


16.  Rumah Tjong A Fie

Tjong A Fie bukanlah nama tempat, atau kosakata umum di Kota Medan.
Tjong A Fie adalah nama seorang perantau dari provinsi Guangdong. Tjong A Fie memiliki banyak cerita sejarah dan perkembangan Kota Medan.

Kini rumah Tjong A Fie yang dibangun pada tahun 1900 ini ditinggali oleh cucu-cucu Tjong A Fie yang terus menjaga nilai sejarah dan bangunan tersebut.

Teman-teman bisa mengunjungi rumah Tjong A Fie di Jalan Jendral Ahmad Yani No.105, Kesawan, Kecamatan Medan Barat, Kota Medan pada jam 09.00-17.00.


17.  Stasiun Kereta Api Medan

Setelah SibatakJalanJalan sebelumnya membawa teman-teman ke bangunan milik pemerintah bernama Kantor Pos.

Kini saatnya SibatakJalanJalan membawa anda ke sebuah tempat yang tak kalah menarik dan kaya nilai sejarahnya.

Apalagi kalau bukan Stasiun Kereta Api, Kereta Api adalah salah satu alat transportasi yang diandalkan oleh masyarakat Kota Medan khususnya dan seluruh daerah sekitarnya pada umumnya untuk berkunjung ke daerah lain yang berada dalam lingkup jalur kereta tersebut.
Diresmikan pada tanggal 25 Juli 1886 oleh Deli Spoorweg Maatschappij. Dan saat ini Stasiun Kereta Api ini menyandang kelas besar tipe B.

Adapun lokasi stasiun ini berada di Jalan Stasiun Kereta Api, Kesawan, Kecamatan Medan barat, Kota Medan.


18.  Titi Gantung

Tahukah teman-teman SibatakJalanJalan ? Bahwa dalam kamus percakapan Anak Medan, dikenal nama-nama seperti kereta yang berarti motor (namun kereta api adalah kereta api) dan titi adalah jembatan.
Hehe, cukup lucu. Namun ini membuat kami lebih akrab

Titi Gantung atau jembatan penghubung ini adalah salah satu tempat yang instagramable banget di Kota Medan.
Dibangun pada tahun 1885, Titi Gantung sering digunakan oleh kolonial Belanda sebagai tempat bersantai di sore hari.
Atau sekedar melihat sekeliling dan menghisap cerutu.

Sekarang ini, Titi Gantung masih tetap ada dan memiliki pecintanya sendiri, karena para muda-mudi Medan masih menjaga warisan bersantai di tempat ini.
Selain ornamen khas kolonial Belanda yang ada di bangunan Titi Gantung, daerah sekitaran Titi yang memiliki nilai sejarah yang tinggi menjadikan Titi Gantung tetap hidup.

Alamat Titi Gantung berada di Jalan Kereta Api No.2 B, Kesawan, Medan Barat, Kota Medan.


19.  Vihara Setia Budi

Bagi SibatakJalanJalan, mungkin Vihara Setia Budi adalah Vihara yang terbesar dan termegah yang ada di Kota Medan.

Letaknya tersembunyi di pusat keramaian Kota Medan.
Berdiri pada tahun 1908 yang salah satu asal pendanaannya dari seseorang yang kita temui di urutan sebelumnya, Tjong A Fie.
Dahulu nama Vihara ini adalah Kwan Te Kong, yang berarti Setia Budi.

Kenapa teman-teman harus berkunjung ke Vihara Setia Budi ?

Karena selain tempatnya yang bersejarah dan termasuk dalam daftar bangunan tertua di Kota Medan versi SibatakJalanJalan, di dalam Vihara sendiri terdapat banyak arca (patung) seni keindahan interior vihara akan membuat teman-teman betah berlama-lama di tempat ini.

Untuk teman-teman yang hendak berkunjung vihara ini berada di alamat Jalan Irian barat, Gang Buntu, Kecamatan Medan Timur, Kota Medan .

Terus dukung kami dengan cara SHARE/BAGIKAN dan SUBSCRIBE/LANGGANAN untuk berlangganan dan mendapatkan pemberitahuan terbaru mengenai artikel SibatakJalanJalan.
Sekian.

HORASSS....!!!

Posting Komentar

0 Komentar