Mossak Batak Seni Beladiri dari Tanah Batak, video Sori Mangaraja Sitanggang WARISAN NUSANTARA

Seni Beladiri Dari Tanah Batak, Mossak Batak


Kembali lagi bersama sibatakjalanjalan.com di situs kesayangan dan terpercaya kalian teman-teman. Kali ini www.sibatakjalanjalan.com akan membahas mengenai seni tari atau tarian khusus yang dikenal sebagai ilmu beladiri yang pada umumnya dapat kita temui dalam masyarakat Nusantara Indonesia. Dan Mossak Batak tentu warisan Budaya Bangsa Batak yang sangat berharga teman-teman .

mossak batak seni beladiri dari tanah batak

Warisan Nusantara

Seperti halnya kita sering menemui ‘Warisan Nusantara’ seperti teknik beladiri silat yang beragam dari Sumatera, Jawa dan mungkin di daerah lain yang akan lebih dikenal sebagai ‘Tarian Perang’. 

Dimana untuk contoh dari tari Perang sendiri dapat teman-teman temui dalam upacara adat suku Nias dan Papua.


Mossak Batak

Tarian Perang, Silat dan Mossak, tidak selalu digunakan untuk menyerang sesama manusia atau makhluk lain. Tarian dan ilmu beladiri ini, kini lebih ditekankan kepada persembahan tarian pada upacara adat itu sendiri. 

Dan Mossak merupakan ilmu beladiri yang berasal dari Tanah Batak dan mungkin saat ini sangat tidak mudah dan jarang akan menemui praktisi atau mungkin acara adat yang secara langsung dan professional menampilkan para pendekar-pendekar Mossak ini. 

Sungguh sebenarnya adalah WBTB/Warisan Budaya Tak Benda yang sangat dan amat berharga untuk dilestarikan ya teman-teman.


Video Mossak Batak ini penulis temukan dalam Channel Youtube Sori Mangaraja Sitanggang yang merupakan nama seorang yang dihormati dan dikenal dalam masyarakat Batak

Meskipun beliau telah dinyatakan meninggal namun tetap masih ada beberapa update yang saya rasa sangat baik untuk kita pelajari dari sudut pandang beliau, Sori Mangaraja Sitanggang.

Teman-teman dapat melihat video aslinya ada disini dan tampilan dari video yang telah saya sunting untuk kepentingan edukasi/pembelajaran menambah wawasan bagi teman-teman dan tentunya saya juga. 

Pernah beberapa kali saya berbincang dengan praktisi beladiri semasa kuliah dahulu yang memiliki pengalaman yang saya rasa sangat hebat dapat saling beradu beladiri dalam tahap dan ketentuan yang wajar bersama praktisi Seni Beladiri Mossak. 

Termasuk yang adalah Senpei penulis dahulu yang memang sangat gemar berolahraga terutama belajar mengenai berbagai macam teknik beladiri. 

Satu hal yang memang sangat dan mungkin teman-teman juga ketahui bahwa Beladiri ini, Mossak. 

Sangat didasari oleh kuda-kuda atau bentuk pola maupun posisi kaki. 

Jelas bahwa penulis ketahui seni beladiri ini menuntut kemampuan seperti jenis silat lainnya pada tahap dasar. 

Senang rasanya apabila kelak penulis dapat mewawancari praktisi atau seseorang yang telah berpengalaman dalam Seni Beladiri dari Tanah Batak yang mengagumkan ini. 

Akhir kata, jika teman-teman memiliki opini/pendapat dan hal-hal yang ingin dibagikan dalam situs sibatakjalanjalan.com , jangan ragu untuk menghubungi kami melalui founder kami atau langsung email kami. 

Tentu. Hak Cipta sepenuhnya milik anda dan dilindungi bersama oleh sibatakjalanjalan.com .

HORASSS !
Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1