Perbedaan Industri dan Industri Pariwisata menurut para ahli dan Undang-Undang Pariwisata no 10 tahun 2009

Perbedaan Industri dan Industri Pariwisata


Ada beberapa pengertian tentang Industri Pariwisata yang perlu teman-teman www.sibatakjalanjalan.com ketahui.

Yaitu dalam Yoeti, 1985. Industri Pariwisata sebagai kumpulan dari macam-macam perusahaan yang secara bersama menghasilkan barang-barang dan jasa-jasa (goods and services) yang dibutuhkan para wisatawan pada khususnya dan traveler pada umumnya, selama dalam perjalanannya.

ubud bali

Dijelaskan oleh Istilah industri sering di identikkan dengan semua kegiatan ekonomi manusia yang mengolah barang mentah atau bahan baku menjadi barang setengah jadi atau bisa juga dalam bentuk barang jadi.

Jadi jika teman-teman ikuti kembali yang kita ketahui dari definisi tersebut bahwa istilah ‘industri’ sering disebut sebagai kegiatan pabrik/manufaktur (manufacturing).

Namun sesungguhnya dapat teman-teman sibatakjalanjalan.com ketahui bahwa pengertian industri sangatlah luas. 

Makna dari “industri” dapat berhubungan dengan  semua kegiatan manusia baik dalam bidang ekonomi yang sifatnya produktif/menghasilkan dan komersial/menjual. 

Adapun kemudian penyebab dari kegiatan ekonomi yang luaslah  maka jumlah dan macam-macam industri tersebut dapat menjadi berbeda-beda, baik untuk tiap negara atau daerah. 

Pada umumnya, makin maju tingkat perkembangan perindustrian di suatu negara atau daerah, maka akan semakin berimbas pada makin banyak jumlah dan macam industri pada Negara atau daerah tersebut, dan tidak menutup kemungkinan juga kedepannya akan  semakin kompleks pula sifat dari kegiatan dan usaha tersebut. 

Kegiatan industri sebenarnya sudah lama ada, diketahui sejak manusia telah berada di muka bumi ini kira-kira ribuan tahun yang lalu dalam tingkat yang sangat sederhana.

Seiring dengan pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang dimiliki manusia, kegiatan industri pun tumbuh dan berkembang semakin kompleks. (Riza Amelia.2014)

Pengertian tentang “Industri Pariwisataoleh Kusudianto, 1996 adalah suatu susunan organisasi, baik pemerintah maupun swasta yang terkait dalam pengembangan, produksi dan pemasaran produk suatu layanan yang memenuhi kebutuhan dari orang yang sedang bepergian. 

Menurut UndangUndang Pariwisata no 10 tahun 2009, Industri Pariwisata adalah kumpulan usaha pariwisata yang saling terkait dalam rangka menghasilkan barang dan/atau jasa bagi pemenuhan kebutuhan wisatawan dalam penyelenggaraan pariwisata

Menurut Damarji (Yoeti, 1996), pengertian Industri Pariwisata adalah rangkuman dari berbagai bidang usaha yang secara bersama-sama menghasilkan produk-produk dan layanan yang nantinya secara langsung akan dibutuhkan oleh wisatawan dalam perjalanan. 

Jadi, dapat disimpulkan teman-teman www.sibatakjalanjalan.com bahwa industri dengan industri pariwisata sangat berbeda sekali. 

Industri merupakan pengolahan barang yang belum jadi menjadi barang yang sudah jadi dan siap untuk digunakan. 

Sedangkan, Industri Pariwisata sangat berbeda sekali pengertiannya dengan industri. 

Industri Pariwisata merupakan suatu industri dari serangkaian perusahan yang menghasilkan barang dan jasa yang diperuntukkan pada para wisatawan agar terpenuhi kesenangannya dalam berwisata.

Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Bottom Ads