Musikal Dan Tekstual Tangis-Tangis Namabalu Pada Masyarakat Simalungun

Analisis Musikal Dan Tekstual Tangis-Tangis Namabalu Pada Masyarakat Simalungun Di Desa Bahapal Raya Kecamatan Pematang Raya Kabupaten Simalungun Oleh Amsal Tua Bintara


Tangis-tangis na mabalu adalah nyanyian yang di sajikan ibu yang ditinggal mati oleh suaminya. Sebutan kepada orang yang melakukan tangis-tangis adalah partangis. 

Untuk menjawab permasalahan di atas penulis menggunakan dua teori utama yaitu teori makna tekstual (Alan P. Merriam) dan teori weighted scale (William P. Malm). 

Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara, dan perekaman. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa tangis-tangis yang dinyanyikan oleh ke dua partangis memiliki makna teks yang sama yaitu menyampaikan keluh kesah setelah ditinggal mati oleh suami. Pada bagian analisis musikal bahwa tangis-tangis memiliki unsur-unsur komposisi musikal yang hampir sama dan terdapat inggou dari ke dua partangis.
Dari tangis-tangis yang dinyanyikan oleh ke dua narasumber, penulis menyimpulkan bahwa teks yang dinyanyikan memiliki makna yang sama yaitu berisi tentang kesedihan, khususnya di dalam menjalani kehidupan yang akan datang dan merawat anak-anak yang telah ditinggalkan. 

Di dalam menyajikan tangis-tangis, kata yang paling sering diucapkan adalah “bapa” arti dalam bahasa Indonesia adalah suami. 

Kata “bapa” biasanya disebutkan pada saat mengawali kalimat dan mengakhiri kalimat. Pada bagian analisis musikal bahwa tangis-tangis memiliki unsur-unsur komposisi musikal yang hampir sama dari dua partangis. 

Notasi prespektif dan notasi deskriptif dalam menganalisis tangis-tangis yang di maksud dengan prespektif adalah notasi yang melukiskan secara garis besar nada dari suatu lagu, tanpa ada yang menunjukkan secara lengkap apa-apa saja yang ditampilkan dalam analisis tangis-tangis. 

Sedangkan desriptif adalah laporan yang di sertai notasi secara lengkap tentang bagaimana sebenarnya suatu musikal dalam suatu pertunjukan yang ditampilkan.

Download Musikal Dan Tekstual Tangis-Tangis Namabalu Pada Masyarakat Simalungun

Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1