Musikal Dan Tekstual Urdo-Urdo Pada Masyarakat Simalungun

Analisis Musikal Dan Tekstual Urdo-Urdo Pada Masyarakat Simalungun Di Desa Bahapal Raya Kecamatan Pematang Raya Kabupaten Simalungun Oleh Kristina Samosir


Urdo-urdo adalah nyanyian menidurkan anak (lullaby song) yang di sajikan oleh orang tua atau saudara si anak. Sebutan kepada orang yang menimang dengan urdo-urdo adalah pangurdo. 
  
Untuk menjawab permasalahan di atas penulis menggunakan dua teori utama yaitu teori makna tekstual (Alan P. Merriam) dan teori weighted scale (William P. Malm). 

Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan melakukan observasi, wawancara, dan perekaman. Adapun hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa urdo-urdo yang dinyanyikan oleh ketiga pangurdo memiliki makna teks yang sama agar si anak menjadi seseorang yang pekerja keras, tidak sombong. Pada bagian analisis musikal bahwa urdo-urdo memiliki unsur-unsur komposisi musikal yang hampir sama dan terdapat inggou dari ketiga pangurdo.
Menjadi suatu kebiasaan bagi masyarakat Simalungun menidurkan anak dengan menyanyikan suatu nyanyian pengantar tidur oleh orangtua atau saudara kepada adiknya yang disebut dengan urdo-urdo. 
Disajikan dengan lembut dan berisi harapan baik kepada si anak. Sebutan kepada orang yang menimang anak dengan nyanyian disebut pangurdo. 

Dalam penelitian ini, penulis mengambil tiga orang pangurdo yaitu Lina Br. Damanik, Jayaman Purba, dan Nuryana Br. Siboro. Dari urdo-urdo yang dinyanyikan oleh ketiga narasumber, penulis menyimpulkan bahwa teks yang dinyanyikan memiliki makna yang sama yaitu berisi tentang harapan agar si anak kelak menjadi seseorang yang sukses, pekerja keras, dan rajin menabung, walaupun demikian jangan sampai si anak menjadi seseorang yang boros dan sombong apalagi lupa kampung halaman. Kata “urmalo dayok” yang artinya kemarilah ayam, sering kali digunakan dalam teks urdo-urdo. 

Ayam dalam budaya Simalungun merupakan simbol keteraturan hidup. Maka masyarakat Simalungun mengharapkan kelak anaknya mempunyai kehidupan yang teratur.

Download Musikal Dan Tekstual Urdo-Urdo Pada Masyarakat Simalungun

Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1