Sejarah Aksi Kekerasan Westerling Di Kota Medan Tahun 1945-1946

Sejarah Aksi Kekerasan Westerling Di Kota Medan Tahun 1945-1946 Oleh Yandi Syaputra Hasibuan


Aksi Kekerasan Westerling di Kota Medan (1945-1946) merupakan sebuah kajian sejarah, kajian ini termasuk kepada Sejarah Lokal yang erat kaitannya dengan Politik dan Mentalitas. Secara politik, aksi kekerasan yang dilakukan Westerling di Kota Medan merupakan salah satu upaya Belanda untuk kembali menguasai Indonesia pada awal kemerdekaan. Didukung pula kondisi psikologis Westerling yang terampil dalam melancarkan aksi-aksi kekerasan. 


Kota Medan pada awal kemerdekaan sudah diselimuti aneka ragam kekerasan. Westerling selama berlabuhnya di Kota Medan, terhitung dari tahun 1945 sampai 1946 mempunyai tugas menjaga keamanan dan ketertiban sebelum Sekutu mendarat. 

Tetapi, tugas yang diembannya berujung pada teror aksi kekerasan yang turut mewarnai sejumlah kekerasan yang terjadi di Kota Medan. Hal semacam ini juga merupakan upaya Belanda untuk kembali menguasai Indonesia. Atas dasar tersebut Westerling melakukan kontra spionase, operasi senyap, sabotase dan lain-lain yang terus berdampak bagi pihak Republiken dan Belanda hingga ia meninggalkan Kota Medan.

Aksi kekerasan Westerling di Kota Medan (1945-1946) dilatarbelakangi keinginan Belanda untuk kembali menguasai Indonesia. Sumatera Timur yang didalamya termasuk Kota Medan merupakan bagian dari aset-aset perkebunan milik Belanda yang terlantar saat invasi Jepang, oleh sebab itu Belanda berusaha untuk merebut kembali aset-aset tersebut. 

Kekerasan ini juga dilatarbelakangi dalam diri Westerling sendiri, hasrat untuk “membunuh” itu sudah ada sejak ia kecil. Kedua hal ini menjadi terpadu dalam memuluskan tujuan Belanda yang ingin kembali Indonesia. Tetapi, fakta di lapangan menunjukkan walaupun Westerling telah ditugaskan tujuan Belanda tidak sepenuhnya tercapai. Dalam hal ini Westerling berhasil memperkeruh suasana kemerdekaan di Kota Medan lewat aksi-aksi kekerasannya.

Download Sejarah Aksi Kekerasan Westerling Di Kota Medan Tahun 1945-1946

Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1