TV Digital dan Rekomendasi Set Top Box (STB TV Digital) Terbaik

Peraturan TV Digital dan Pertanyaan Umum


Berdasarkan informasi mengenai peraturan pemakaian antena dan tv di Indonesia kini akan mengalami pembaharuan, tidak hanya dilihat dari sisi teknologi media online saja, namun televisi (tv) pun kini sudah harus memenuhi standarisasi pemerintah dengan dinas yang menaungi, Dinas Komunikasi dan Informasi.

Peraturan tentang penggunaan TV Digital sudah harus dilaksanakan secara menyeluruh di Indonesia pada tahun depan, atau selambat-lambatnya satu tahun setelah tulisan sibatakjalanjalan ini dipublikasikan, yaitu 2 November 2022.

Diketahui bahwa televisi analog sudah mengudara kurang lebih selama 60 tahun di Indonesia, dan peraturan siaran televisi yang berubah ke mode digital ini mengharuskan kita sudah menggunakan modulasi sinyal digital dan sistem kompresi yang akan menghadirkan kualitas gambar yang baik, suara yang jelas dan teknologi terbaru di Indonesia.

Peraturan penggunaan TV Digital ini tetap memperbolehkan masyarakat Indonesia untuk menonton TV Analog, namun hal tersebut nantinya tidak akan memberikan manfaat terbarukan dan kualitas yang lebih baik yang dapat teman-teman sibatakjalanjalan dapatkan.

ruangan televisi dengan pemandangan indah
Ruangan televisi dengan pemandangan indah

7 Pertanyaan Umum Tentang TV Digital

*. Pertanyaan ini bersifat umum yang masuk ke penulis sibatakjalanjalan.com . Teman-teman bisa menambahkan pertanyaan dan jawaban pada kolom komentar dibawah.

1. Bagaimana cara mengecek apakah TV saya sudah digital atau belum ?

  • Stiker
    Cara yang pertama adalah dengan terlebih dahulu melakukan pengecekan pada stiker teman-teman sibatakjalanjalan yang berada di bagian belakang TV. Seperti keterangan dengan tulisan ATSC, DTV, Digital Ready, HD Ready, HDTV, Digital Tunner, Digital Tunner Built-In, Integrated Digital Tuner dan Digital Receiver. Jika sudah menemukan salah satu tulisan tersebut berarti tv anda sudah dapat menerima siaran digital.

    televisi lucu dan imut
    tv analog jaman dahulu

  • Langsung cek spesifikasi TV
    Saat pembelian TV tentu perangkat televisi sudah dilengkapi dengan buku panduan manual dan spesifikasi lengkap mengenai televisi yang teman-teman miliki, jikapun tidak silahkan melakukan pencarian secara online dengan spesifikasi televisi yang dimaksud.

  • Uji coba dengan siaran TV Digital
    Teman-teman dapat mencoba dengan melakukan uji coba pada siaran tv digital, misal pada TVRI Nasional, TVRI 3 Budaya, dan TVRI Sport HD. Jika uji coba berhasil maka, selamat TV anda sudah dapat menerima sinyal digital.
    Misalnya dengan mencoba Saluran TV Digital dari RCTI (PT Rajawali Citra Televisi Indonesia) di = Analog: 43 UHF Digital: 44 UHF Virtual: 28.
    Atau saluran TV Digital SCTV (PT Surya Citra Televisi) di = Analog: 45 UHF Digital: 24 UHF Virtual: 23

  • Cek dari situs KOMINFO
    Silahkan klik tautan berikut : cek sertifikasi tv digital di kominfo.

    cara cek tv digital di kominfo
    cara cek tv digital secara online
2. Jumlah siaran televisi yang dapat tampil pada TV Digital
Untuk saat ini, jumlah siaran pada TV Digital dapat menampung hingga 13 siaran televisi dalam satu kanal/channel .

3. Apakah semua TV LED sudah digital ?
Pada keseharian sibatakjalanjalan menemukan bahwa tidak semua TV flat atau layar datar adalah TV Digital dan tentu juga sebaliknya, tidak semua TV Tabung merupakan TV Analog. Teman-teman dapat mengetahui apakah tv tersebut sudah digital atau masih analog dengan fitur "tuning" dengan mencari siaran televisi analog (ATV) dan digital (DTV).

4. Apakah saluran TV Digital Berbayar ?
Siaran dengan TV Digital merupakan siaran gratis tanpa tambahan biaya, sama seperti TV analog yang menyiarkan siaran "free to air" (layanan udara gratis) . Hanya metode pembacaan sinyal pada TV saja yang berubah, dari Analog ke Digital.

ruangan tv yang nyaman
ruangan televisi nyaman
5. Apakah TV Digital harus menggunakan antena ?
Untuk antena tambahan menangkap sinyal TV Digital tidak perlu jika TV sebelumnya yang merupakan TV analog sudah tersedia, antena tv analog juga dapat menerima sinyal digital.

Berikut 8 referensi antena TV terbaik :
  • Antena Philips sdv8622T
  • Antena TV Indoor Terbaik PF HD 14
  • Antena TV Krisbow HD-300
  • Antena TV Toyosaki TYS-468 AW
  • ClearTV Indoor Antena
  • PX DA-1301NP
  • PX HDA-5000
  • Toyosaki AIO 200
Cek harga antena TV terbaik di :
cek harga antena tv di shopee
cek harga antena tv di tokopedia

6. Apakah Smart TV dan Android TV adalah TV Digital ?
Baik smart tv dan android tv yang dimiliki oleh teman-teman sibatakjalanjalan.com, keduanya memiliki kemampuan dapat menangkap sinyal digital pada saat siaran analog dimatikan.

ruangan televisi
ruangan tv untuk bersantai
7. Apakah kegunaan dari Set Top Box ?
Set Top Box merupakan perangkat tambahan yang memiliki kemampuan untuk memindahkan/decoder sinyal TV analog ke Digital sehingga TV teman-teman sebelumnya tidak harus diganti untuk mendapatkan sinyal tv digital. Adapun kemampuan Set Up Box sudah harus mendukung kemampuan digital video broadcasting-second generation terrestrial (DVB-T2). Set Up Box tidak memerlukan tambahan parabola untuk menerima sinyal digital, teman-teman sibatakjalanjalan cukup menggunakan antena televisi UHF-VHF.

Berikut 5 referensi Set Top Box TV Digital Terbaik 
  • STB Akari ADS-210
  • STB Ichiko 8000HD
  • STB Nexmedia NA1300/DVB-T2 MPEG4 HD
  • STB Polytron PDV 600T2
  • STB Venus Brio
Cek harga Set Top Box di :
cek harga set top box di shopee
cek harga set top box di tokopedia

Next Post Previous Post