Laptop Gaming Terbaik dengan Harga Terjangkau, Acer Nitro 5 VS Lenovo Legion 5

Gamers dan E Sports


Bermain game/gaming merupakan aktifitas rekreasi dengan memaksimalkan waktu menggunakan permainan online dengan waktu singkat hingga sedang. Bermain game pada masa kini juga bisa menjadi profesi, yang dikenal sebagai gamers. Gamers sendiri merupakan orang yang melakukan, menggunakan dan mengatur perilaku objek pada game, seperti berlari, melompat, bertarung dan lainnya. Aktifitas yang tampak semakin nyata seperti ada di kehidupan sehari-hari ini menjadi terkenal seiring waktu hingga ada turnamen khusus yang disebut sebagai "E-Sport" yang menaungi dan memfasilitasi para gamers saat berkompetisi.

Lalu apa E-Sport itu ? E-Sport atau electronic sports merupakan istilah kompetisi permainan multiplayer (lebih dari satu) yang terdiri para pemain profesional (gamers). Dan pada hari ini, secara khalayak umum sudah menyandingkan para pemain E-Sport seperti halnya sama dengan atlit olahraga.

gamers profesional
gamers professional
Atlit E-Sports
Seperti halnya seorang atlit yang membutuhkan waktu dan dukungan melatih dan mengembangkan diri mencapai kemampuan maksimalnya pada hari berkompetisi, seorang gamers juga dituntut memberikan waktu dan tenaga ekstra untuk dapat berkompetisi secara maksimal, kebutuhan perangkat seperti handphone dengan spesifikasi gaming dan laptop khusus gaming harus sudah tersedia. Tidak mungkin seorang atlit dapat berhasil dengan membayangkannya saja bukan ?
Dan berikut review sibatakjalanjalan Laptop khusus Gaming untuk menjadikan kamu Gamers sejati.

acer nitro 5
acer nitro 5

1. Acer Nitro 5

Laptop Acer Nitro 5 terkenal dengan kemampuan gaming yang kencang dan dingin, ditambah dukungan baterai laptop ini cukup awet dan irit pemakaian. Sebagai daftar pertama dalam review sibatakjalanjalan, laptop Acer Nitro 5 cukup murah sebagai pemenuh kebutuhan gaming teman-teman.

Desain
Dari sisi desain, Acer Nitro 5 memiliki bentuk yang tegas dan garis-garis lekuk polygonal  yang mencolok, dan membuatnya tampak garang.
Sibatakjalanjaln langsung menyorot strip merah pada bagian exhaust (belakang laptop), kesan garang ini semakin meninjol dengan tulisan "Nitro" pada bagian dekat engsel laptop.
Material dasarnya adalah Polikarbonat warna hitam, dengan dimensi panjang 36.3 , lebar 23.9 dan tebal 2.55 cm. Cukup ringan dengan bobot 2.1 Kg mengingat Acer Nitro 5 merupakan laptop berspesifikasi gaming, untuk berat charger bermassa 360 gram. Sehingga total untuk perangkat komputer ini mencapai 2,4 Kg, dan masih terasa ringan.

Layar
Menggunakan panel IPS ukuran 15.6 inci Full HD resolusi 1920x1080 piksel yang memberikan refresh rate 144 Hz dan response time 3 ms. Kecerahan layar Acer Nitro 5 mencapai 300 nits, menggunakan ComfyView (bebas pantulan). Screen to body mencapai 80%.

perangkat acer nitro 5
acer nitro 5
Kamera dan Stereo
Kamera 720P dengan 30 FPS sudah dilengkapi pada laptop gaming keluaran Acer ini, untuk mendukung aktifitas video conference Acer Nitro 5 juga didukung dengan audio DTS:X Ultra.

Konektor
Pada bagian kiri : 
  • 1x Kensington Lock
  • 1x Ethernet Port
  • 2x USB 3.2 Gen 1
  • 1x Audio Jack Combo 3.5mm

Pada bagian kanan :
  • 1x Thunderbolt 4
  • 1x USB 3.2 Gen 2
  • 1x HDMI 2.0

Baterai 
Dengan menggunakan pengaturan Mode Balanced (Acer Optimized) pada tingkat kecerahan / Brightness 50% dan volume suara 25% saat menjalankan Video berulang pada 1080 piksel Acer Nitro 5 sibatakjalanjalan temui dapat bertahan cukup lama, yaitu hingga 10 jam 5 menit.

Spesifikasi dan Performa
Acer Nitro 5 menggunakan Processor : Intel® Core™ i7-11800H processor (24MB cache, up to 4.60Ghz). Dengan sistem operasi Window 10 Home, RAM : 1*16GB DDR4 dan  Storage : 512GB SSD NVMe. Untuk penghasil tampilannya Graphics : NVIDIA® GeForce® RTX 3050 with 4GB of GDDR6.

intel icore 7
intel core i7
Software pendukung NitroSense
Software ini memiliki kemampuan dengan fitur :
  • 4 Preset Performa:
  • Power saver
  • Balance
  • Balance (Acer Optimized)
  • High Performance
3 Preset Fan Control :
  • Autio
  • Max
  • Custom
  • Dan "Cool Boost" untuk meningkatkan kecepatan kipas lebih tinggi

Uji Performa Software
Dalam uji performa menggunakan CrystalDiskMark, Acer Nitro 5 mendapatkan hasil berikut :
  • Untuk kemampuan membaca mencapai : 3543 MB/s
  • Untuk kemampuan menulis mencapai : 2977 MB/s
Kemampuan tersebut juga didukung oleh kemampuan SSD yang sangat kencang dan biasanya sibatakjalanjalan temukan pada laptop gaming kelas atas (professional).

helm pubg
helm game pubg
Uji Performa Gaming
Berikut hasil Acer Nitro 5 pada game PC dan settingannya
  • Pada game CSGO dengan 1080 piksel pengaturan Low menghasilkan 180 hingga 260 FPS
  • Pada game Dota 2 dengan 1080 piksel pengaturan Fastest mencapai 85 hingga 105 FPS dengan scene ringan bisa mencapai 140 FPS
  • Pada game Shadow of the Tomb Raider dengan 1080 piksel pengaturan High menghasilkan 50-55 FPS
  • Pada game Death Stranding dengan 1080 piksel pengaturan Default menghasilkan 50-60 FPS
  • Dan pada game Assassin's Creed Valhalla dengan 1080 piksel pengaturan Medium menghasilkan 40 hingga 60 FPS.
Cek harga Acer Nitro 5 di :
cek harga acer nitro 5 di shopee
cek harga acer nitro 5 di tokopedia

User Manual / User Guide Acer Nitro 5

User manual atau manual pengguna adalah sekumpulan dokumen intruksi yang berisi informasi teknis untuk memberikan bantuan kepada pengguna mengenai sistem peranti elektronik dari sisi hardware dan software Acer Nitro 5.
Berdasarkan wikipedia, user guide/panduan pengguna adalah suatu dokumen komunikasi teknis yang bertujuan untuk memberikan bantuan penggunaan suatu sistem, terutama dikaitkan dengan peranti elektronik serta perangkat keras dan lunak komputer.
User manual/manual owner
download

UPDATE Firmware Acer Nitro 5

Firmware merupakan perangkat terpadu yang terintegrasi dengan istilah yang mengacu kepada rutinitas perangkat lunak yang disimpan dalam RAM (random access memory).
Update Firmware/Firmware update adalah tindakan pembaharuan perangkat lunak terbaru (update) yang ada pada hardware, seperti meningkatkan performa sensitivitas touch screen dan fasilitas juga tampilan yang lebih menarik.
Download Firmware (Software Update) Acer Nitro 5
download



lenovo legion 5
lenovo legion 5

2. Lenovo Legion 5 

Untuk teman-teman sibatakjalanjalan ketahui bahwa laptop Lenovo Legion 5 memiliki dua varian, yaitu versi Lenovo Legion 5 menggunakan prosesor AMD dan Lenovo Legion 5i dengan prosesor intel.

Desain
Lenovo Legion 5 membawa pesan "Stylish Outside, Savage Inside" pada tanggal 25 Juni 2020 tahun lalu, dan memang laptop ini dari segi penampilan cukup minimalis, terasa elegan namun juga cukup profesional. Teman-teman sibatakjalanjalan akan juga tidak menyangka bahwa laptop Lenovo yang akan kita review ini merupakan laptop gaming.

lenovo legion seri 5
lenovo legion seri 5
Sebagai pengguna laptop merek Lenovo sedari sekolah dahulu hingga kuliah, ada satu perasaan yang kerap muncul saat menggunakan brand ini. Ya betul, perasaan mengetik yang 'nikmat' dan lembut. Memang bukan spesifikasi yang harus dimiliki pada tiap-tiap laptop para gamers, hanya sekedar kesan tersendiri bagi penulis.

Menggunakan bodi clamshell material polikarbonat dan warna Phantom Black, dimensinya mencapai  36.3 x 26 x 2.61 xm, dengan berat 2,31 kg untuk laptop dan 418 gram untuk berat charger.

Konektor 
Untuk konektor dan tombol pada laptop ini, Lenovo Legion 5 memiliki USB 3.1 Gen 1 dengan kemapuan Always On, dan Audio Combo pada sisi kiri, USB 3.1 Gen 1 untuk sisi kanan; dan Gigabit Ethernet, USB 3.1 Type C, 2x USB 3.2 Gen 1, HDMI, dan DC In untuk sisi belakang.

Baterai 
Dengan menjalankan video playback kualitas 1080 piksel, Lenovo Legion 5 daya baterai mampu bertahan hingga 10 jam lebih sedikit, 3 menit. Dan pada game Dota 2 akan menghabiskan daya baterai cukup banyak hingga ke 15% dalam waktu 1 jam. Pengisian baterai laptop ini berkisar di 1 jam 7 menit kala Rapid Charge On dan 2 jam 12 menit saat Rapid Charge Off.

Layar
Lenovo Legion 5 memiliki tingkat kecerahan 250 nits dan refresh rate berada di 120 Hz.

Spesifikasi 
Lenovo Legion 5 menggunakan prosesor Ryzen 5 4600H, 6C/12T, dengan kode nama Renoir arsitektur Zen 2 dan fabrikasi 7 nm, TDP 45 Watt. RAM menggunakan DDR4-3200 2x 8 GB dengan Dual Channel, storage utama menggunakan SSD 512 GB M.2 NVMe PCIe, terdapat slot SATA 2.5″ dan M.2 kedua dimana salah satunya dapat digunakan sebagai storage tambahan saat diperlukan.

pendingin lenovo legion 5
cooler lenovo legion 5
GPU laptop gaming ini menggunakan GeForce GTX 1650 Ti 4 GB GDDR6 sementara IGP nya dengan Radeon Graphics (384 Shaders). Kebutuhan Audio sibatakjalanjalan terpenuhi dengan sudah tersedianya stereo speaker by Harman, sementara aksesibilitas konektivitas menggunakan Intel Wi-Fi 6 AX200 (Wi-Fi 6, Bluetooth 5.1). Lenovo Legion 5 memiliki fitur Hybrid Mode untuk GPU. Yang bilamana diaktifkan, maka pengolah grafis akan otomatis switch antara GPU dengan IGP, sehingga jika laptop tidak ada beban kerja berat, IGP bisa digunakan agar konsumsi daya hemat. Bila tidak diaktifkan, hanya GeForce GTX 1650 Ti yang aktif.

Cek harga Lenovo Legion 5 di :
cek harga lenovo legion 5 di shopee
cek harga lenovo legion 5 di tokopedia

User Manual / User Guide Lenovo Legion 5

User manual atau manual pengguna adalah sekumpulan dokumen intruksi yang berisi informasi teknis untuk memberikan bantuan kepada pengguna mengenai sistem peranti elektronik dari sisi hardware dan software Lenovo Legion 5.
Berdasarkan wikipedia, user guide/panduan pengguna adalah suatu dokumen komunikasi teknis yang bertujuan untuk memberikan bantuan penggunaan suatu sistem, terutama dikaitkan dengan peranti elektronik serta perangkat keras dan lunak komputer.
User manual/manual owner
download

UPDATE Firmware Lenovo Legion 5

Firmware merupakan perangkat terpadu yang terintegrasi dengan istilah yang mengacu kepada rutinitas perangkat lunak yang disimpan dalam RAM (random access memory).
Update Firmware/Firmware update adalah tindakan pembaharuan perangkat lunak terbaru (update) yang ada pada hardware, seperti meningkatkan performa sensitivitas touch screen dan fasilitas juga tampilan yang lebih menarik.
Download Firmware (Software Update)
download


Next Post Previous Post