14 Manfaat Aplikasi WhatsApp Business Untuk Meningkatkan Perkembangan Bisnis dan Usaha Anda Tahun 2022

Manfaat LENGKAP Aplikasi WhatsApp Business 2022

Aplikasi WhatsApp Business membawa perkembangan positif pada teknologi komunikasi dengan efek positif untuk kalangan para pebisnis dan usahawan juga wiraswasta

Dan pada masa kini ini, penjualan produk, barang dan jasa telah mencapai semua sendimen masyarakat di seluruh pelosok Nusantara. Yang membuat jarak kini bukan lagi hambatan. 

Hasil karya dari tim kreatif aplikasi WhatsApp Business menjadikan mereka sebagai perangkat lunak 'chatting' nomor satu di dunia. Hal ini dapat dibuktikan dengan aplikasi WhatsApp Business telah mencapai lebih dari 500 juta kali di unduh pada layanan Playstore.

Namun bagi teman-teman sibatakjalanjalan yang belum mengetahui detail tentang aplikasi WhatsApp Business, apa saja kebergunaan dan manfaat WhatsApp Business untuk memaksimalkan layanan usaha dan peningkatan produk ? Berikut ulasan kami tentang "5 Manfaat Aplikasi WhatsApp Business untuk kalangan wirausahawan dan bisnis anda".

manfaat lengkap aplikasi whatsapp business
Manfaat Lengkap Aplikasi WhatsApp Business



Adapun 14 fitur WhatsApp Business diantaranya adalah :

1. WhatsApp Business dapat meningkatkan Kualitas Service/layanan

WhatsApp Business adalah aplikasi perangkat lunak untuk chatting yang ditujukan teruntuk kalangan pebisnis dengan kemampuan untuk memudahkan komunikasi pemilik kepada customer/pelanggan dan sangat berimplikasi pada peningkatan kualitas layanan/service.

Contohnya dalam kegiatan berwirausaha, kualitas layanan (service) menjadi unsur penting yang akan menghasilkan 'repurchase intension' atau keinginan membeli kembali (menjadi pelanggan tetap), yang kemudian dimana pembeli akan melakukan pemesanan produk pertama-tama dan kemudian kedua, ketiga dan selanjutnya. Pengalaman layanan/service yang memuaskan kala chatting dan serta merta mengetahui detail produk/jasa yang kita miliki menjadi aset, dan pembelian kembali karena kebergunaan produk/jas bisa menjadi tanda penting, namun tetap akan ada kemungkinan bahwa pelanggan akan melakukan pembelian kembali lagi atau mungkin tidak, hal tersebut bergantung pada kualitas layanan/service jelek/baik, pastikan bahwa anda melakukan tindakan terbaik sebelum disampaikan kepada pelanggan/customer.

2. WhatsApp Business membuat Usaha anda Kelihatan Lebih Professional

Dengan aplikasi WhatsApp Business dan fitur-fitur yang dimiliki akan membuat usaha teman-teman kelihatan lebih profesional.

3. WhatsApp Business memberikan Gambaran Usaha

Di WhatsApp Business teman-teman dapat menulis gambaran singkat berkaitan dengan usaha yang sedang dan akan digerakkan hingga customer/layanan tahu apa yang ditawarkan anda kepada pelanggan/customer.

4. WhatsApp Business Dapat Menggunakan Nomor Perusahaan

Salah satunya hal yang spesial dari aplikasi WhatsApp Business yaitu dimana anda dapat menggunakan nomor telepon perusahaan yang pada umumnya bukan merupakan nomor ponsel yang sering ditemui pada aplikasi WhatsApp. Sama seperti yang teman-teman ketahui jika fitur ini tidak anda jumpai diaplikasi WhatsApp pada umumnya. Dengan begitu, pemakai dapat memisahkan di antara nomor pribadi serta nomor perusahaan.

5. WhatsApp Business dapat menampilkan Alamat serta arah Peta usaha anda

Dengan aplikasi WhatsApp Business teman-teman dapat juga tampilkan alamat secara lengkap dimana usaha anda beroperasi, lengkap dengan petunjuk arah yang langsung bisa dibuka menggunakan aplikasi Google Maps. Dengan menggunakan fitur yang diberikan ini  customer/pelanggan dapat langsung dan mudah mengetahui tempat usaha/jasa/layanan anda, terutama bila memang anda mempunyai toko offline.

6. WhatsApp Business dapat menampilkan Jam Buka serta Tutup

Fitur jam buka dan jam tutup berperan agar pelanggan/customer mengetahui apakah saat mereka berkunjung/henda membeli tahu apakan saatnya sudah jam kerja toko anda atau sudah lewat dan tutup. Disamping itu anda juga dapat membedakan jam buka berdasarkan hari khusus. Contoh, hari spesial pada hari sabtu hanya akan buka 1/2 (setengah) hari saja dan sebagainya, kemudahan serta infomasi yang berkaitan jam kerja yang bisa tersampaikan akan berdampak positif kepada customer/pelanggan.

7. WhatsApp Business menyediakan Link (pengarahan web langsung)

Dengan menggunakan aplikasi WhatsApp Business teman-teamn dapat juga menyisipkan link yang dapat dikaitkan langsung ke web atau situs Instagram perusahaan. Dengan serta merta meningkatkan traffic pengunjung ke situs anda, customer/pelanggan juga dapat bertambah cepat mengetahui produk apa atau layanan apa saja yang baru dipasarkan, promosi yang sedang berlaku, serta pemilihan berdasarkan kesesuaian dan dengan yang disukai. Sehingga anda tidak perlu lagi menjelaskan produk dan jasa anda satu-persatu.

8. WhatsApp Business memberikan layanan Short Link

WhatsApp Business memberikan manfaat untuk memberikan layanan 'link to chat', yaitu adalah layanan memberikan link ke web dan atau Instagram, hingga saat ada yang click dengan cara automatis dan akan langsung diarahkan ke halaman chat untuk dikirim ke nomor WhatsApp Business anda. Pesan anda juga dapat dijadikan sebagai 'pesan default' atau respon langsung seperti “Halo, saya ingin order produk/jasa/layanan anda .... ” dan sebagainya. Dengan hal ini, customer/pelanggan tidak perlu menyimpan terlebih dulu nomor yang dimaksud

9. WhatsApp Business memberikan layanan Respon Cepat

WhatsApp Business memberikan layanan kepada pebisnis. Langkah mudah untuk mengetahui cara menempatkan diri anda sendiri sebagai customer/pelanggan. Contohnya apa saja harapan anda saat sedang berbelanja. Seperti ingin dilayani seperti apa, kualitas layanan yang bagaimana dan sebagainya. Tindakan ini menjadi tindakan penting, dan sangat berpengaruhnya akan kenikmatan serta kesetiaan dibanding customer.

Fast respon/tanggapan cepat merupakan salah satu cara terpenting dalam usaha. Tidak ada customer/pelanggan yang ingin dengan service/layanan yang lambat. Makin lama anda memberi respon baik itu pertanyaan masalah produk, pesanan atau keluhan, karena itu makin sedikit juga customer anda.

Lamanya memberi respon akan memberi ruangan berpikir pada customer untuk membuat pola pikir negative, jika usaha anda jelek serta pada akhirnya berubah pada toko lain. Efeknya tidak hanya itu, bila customer sedih kemampuan 'word of mouth' bisa memengaruhi ketertarikan calon customer lain yang pada gilirannya tidak jadi beli produk anda.

10. WhatsApp Business memberikan layanan Greeting Message

Greeting Message dari aplikasi WhatsApp Business akan diantar saat anda serta customer melakukan hubungan untuk pertama kalinya. Selain itu, fitur Greeting Message akan kembali lagi dikirim jika anda serta customer itu tidak melakukan komunikasi untuk mengonfirmasi lebih dari 2 minggu atau 14 hari, hingga akan membuat pola pikir pada pikiran customer, jika kenikmatan mereka nomor satu.

Walau begitu, pesan ini cuma akan terkirim saat koneksi internet pada kondisi aktif. Sehingga pada saat waktu data internet dimatikan maka Greeting Message juga tidak berjalan. Anda dapat juga lakukan agenda pengiriman pesan, apakah pesan akan dikirim setiap saat atau mungkin tidak.

Nah adapun cara untuk mengaktifkan/menggunakan fitur ini, anda dapat mengaksesnya dengan tap menu setelan-> setelan usaha -> salam.

Janganlah lupa membuat pesan pembuka dengan suara seramah kemungkinan, ya..

11. WhatsApp Business memberikan layanan Away Message

Away Message berperan untuk kirim balasan automatis pada customer saat toko sedang terlalu ramai atau saat sedang tutup.

Misalnya, contoh ada yang chat di saat pagi hari, karena itu balasannya dapat di-atur dengan pesan seperti berikut “Terima kasih atas pesan anda. Tetapi, minta maaf pada sekarang toko kami sedang tutup. Jangan cemas, kami akan langsung menyikapi pesan anda esok pagi saat toko telah membuka.

Pengiriman Away Message dapat ditata untuk jamnya sesuai kemauan. Fitur ini juga dapat dibuka dengan tap menu setelan-> setelan usaha -> pesan di luar jam kerja.

12. Quick Replies WhatsApp Business

Fitur quick replies hampir sama seperti fitur 'saved replies' yang dikenalkan Facebook. Manfaatnya juga sama yakni digunakan untuk membalas beberapa pertanyaan sama yang seringkali diserahkan oleh customer tanpa ada perlu diketik ulang kembali, hingga lebih efisien.

Untuk mengatur ini cukup gampang, hanya tinggal tap menu setelan-> setelan usaha -> balas cepat.

Quick Replies dapat anda susun beberapa sekaligus juga, untuk memperbedakan baik type atau isi tiap pesannya. Anda perlu menuliskan sinyal/ pada chat lalu balasan cepat yang dibikin akan langsung ada.

13. WhatsApp Business menjadikan Pesan Lebih Teroganisir

WhatsApp Business bisa memisahkan pesan yang masuk menurut kelompok merek. Adanya fitur ini, anda bisa mengkategorikan pesan khusus hingga komunikasi dengan customer lebih terorganisir. Merek itu diantaranya seperti konsumen setia baru, pesanan baru, menanti pembayaran, sudah bayar serta pesanan telah tiba atau usai. Anda dapat juga membuat merek baru sesuai keperluan.

14. WhatsApp Business dapat Menganalisa Perform Usaha

WhatsApp Business mempunyai fitur statistik. Data statistik pesan yang diterima akan direkam dengan cara automatis. Data itu salah satunya seberapa banyak pesan yang dibaca, sampai serta dikirim. Dapat dibuka lewat tap menu setelan-> setelan usaha -> statistik.

Dan demikian kebergunaan dari aplikasi WhatsApp Business untuk usaha yang sedang teman-teman sibatakjalanjalan kembangkan. Semoga hal ini berguna dan dapat menambah wawasan kita bersama. Jika anda memiliki kritik dan saran silahkan kirim melalui kolom komentar di bawah ini.
Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url