Tips dan Trik Menggunakan Aplikasi WhatsApp Business untuk Usaha Jasa dan Produk Tahun 2022

Memaksimalkan Aplikasi WhatsApp Business tahun 2022 untuk Usaha Jasa dan Produk anda

Keberadaan aplikasi WhatsApp Business adalah berita baik untuk kalangan para pebisnis yang selama ini manfaatkan dan memaksimalkan layanan aplikasi WhatsApp sebagai tempat terhubung dengan customer atau pelanggan. Dan pada tahun 2022 ini WhatsApp mengeluarkan versi aplikasi terbaru yang spesial direncanakan untuk usaha serta merek.

WhatsApp Business serta aplikasi personal adalah dua aplikasi tidak sama, jadi untuk dapat memakai versi usaha, Anda harus mengunduhnya terlebih dulu dari Play Store. Untuk perjumpaan.


tips dan trik whatsapp business
Tips dan Trik Whatsapp Business

Mendaftarkan Account WhatsApp Business

Seperti dalam versi personal, WhatsApp Business memerlukan nomor hp yang aktif. Untuk catatan, jika WhatsApp Business tidak dapat memakai nomor yang pernah atau sedang dipakai di WhatsApp standard. Jadi, bila Anda ingin memakai nomor yang sama, Anda harus pilih salah satunya, masih ada di versi standard atau berubah jadi versi usaha.

Langkah awal, adalah dengan terlebih dahulu mengunduh aplikasi WhatsApp Business dari Play Store. Setelah aplikasi dipasang, gunakan aplikasi seperti biasa serta tap Agree and Continue untuk meneruskan ke tingkatan selanjutnya. Waktu ada jendela popup, tap Continue serta tap Allow seringkali.

Selanjutnya, masukan nomor hp yang ingin dipakai. Pada umumnya, skema akan dengan cara otomatis mengenal code verifikasi yang diantar lewat pesan singkat. Kemudian lakukan dengan membuka pesan SMS yang dikirim, selanjutnya salin kode verifikasi yang ada pada pesan tersebut.

Setelah itu langkah selanjutnya adalah mengisi nama usaha Anda, yakinkan terisi secara benar sebab nama ini tidak dapat dirubah di masa datang. Setelah selesai, akun WhatsApp Business Anda telah sukses dibuat, dan kini Anda telah dapat langsung menggunakan aplikasi untuk terhubung secara langsung kepada customer/pelanggan.

Mengganti Profile Usaha

Profile usaha, seperti alamat, kelompok usaha, jam membuka serta alamat situs dapat dirubah serta ditambah lagi dengan terhubung menu Settings – Business Settings.

Dan semua hal tersebut dan pengaturannya dapat lengkapi dengan data perusahaan seperti alamat kantor atau toko, kelompok, foto, gambaran dan situs situs. Bila semua data telah terisi secara benar, tap tombol Save di kanan atas untuk simpan perkembangan.

Lihat Statistik Pesan

Layanan Panel statistik WhatsApp Business sudah disediakan untuk memuat info ini, info mengenai seberapa banyak pesan yang Anda terima serta kirimkan pada konsumen setia. Triknya, masih di menu Settings, tap menu statistik.

Away Message WhatsApp Business

Away Message umumnya dipakai untuk menolong pebisnis untuk tersambung ke customer saat mereka sedang tidak dalam tempat atau service sedang tutup. Fitur ini akan memberi jawaban automatis saat seorang konsumen setia menyampaikan pesan.

Tap menu Settings – Business Settings – Away Message, selanjutnya berikan sinyal contreng untuk aktifkan Fitur ini, serta ubah pesan standar yang telah ada, silakan pakai kalimat versi Anda. Sesudah usai, tap Save untuk simpan perkembangan.

Greeting Message WhatsApp Business

Greeting Message menolong pengelola usaha untuk merajut komunikasi yang lebih baik  dengan customer. Fitur ini akan terkirim dengan cara automatis ke konsumen setia yang mengontak Anda sesudah 14 hari tanpa ada komunikasi.

Untuk aktifkan Fitur ini, membuka menu Settings – Business Settings – Greeting Message.
Posisikan tombol ke On, selanjutnya ubah kata sambutan yang menurut Anda paling ramah serta membuat konsumen setia berasa dihormati. Janganlah lupa tap tombol Save untuk simpan perkembangan.

Langkah Membuat Jawaban Cepat (Quick Replies) WhatsApp Business

Selanjutnya, di WhatsApp Business Anda dapat juga membuat jawaban cepat yang dipacu dalam kata kunci khusus. Dengan langkah ini, Anda bisa mengirit waktu sebab tidak harus menulis satu atau dua kalimat penuh dari pertama.

Triknya, membuka menu Settings – Business Settings – Quick Replies.
Standarnya ada satu quick replies yang telah dibuat, yakni seperti pesan "thanks" yang berisi perkataan terima kasih. Anda dapat memberikan tambahan quick replies lain, kita contohkan quick replies untuk keinginan maaf. Tap simbol plus di kanan bawah, selanjutnya tulis pesan keinginan maaf yang paling sopan, dan shortcut pilihan Anda. Paling akhir tap tombol Save. Setelah itu, setiap saat Anda menuliskan keyword/maaf, karena itu aplikasi akan dengan cara automatis menyampaikan pesan keinginan maaf versi penuh yang telah Anda tuliskan awalnya.

Aktifkan Fitur Enkripsi WhatsApp Business

Dengan cara standar, pesan serta panggilan di WhatsApp Business terproteksi oleh mekanisme enkripsi end-to-end. Tetapi dengan satu langkah penambahan, Anda dapat tahu perkembangan code dari contact yang mengontak Anda.

Cara Mengaktifkan Keamanan Dua Langkah (Two-step Verification)

WhatsApp Business mengaplikasikan skema keamanan dua langkah bila diharapkan. Triknya, membuka menu Settings – Akun – Two-step Verification.
Setelah itu, tap Enable selanjutnya masukan 6 digit angka acak yang nanti dipakai untuk PIN verifikasi. Ulangilah code yang sama waktu diharap.

Tap Next serta kesempatan ini masukan alamat e-mail sekitar 2x, serta usai. Tap Done, lalu akan ada panel baru dimana Anda dapat menon-aktifkan Fitur ini mengubah PIN atau e-mail.

Membuat Pesan Broadcast di WhatsApp Business

Pesan broadcast adalah salah satunya media umum dipakai untuk tawarkan produk baru, harga promosi, program paket dan lain-lain. Jadi, Fitur ini seharusnya dioptimalkan untuk menggerakkan angka pemasaran.

Untuk bikin pesan broadcast, gampang sekali. Tap tombol menu penting, New Broadcast.

Tandai contact yang ingin dimasukkan ke daftar penerima pesan broadcast, selanjutnya tap simbol contreng berwarna hijau.

Setelah semua daftar kontak penerima broadcast/pesan siar telah dibuat, Anda tinggal mengirim isi penawaran ke mereka. Semua contact yang dalam tempat online, akan terima pesan yang sama.

Cara menghapus Akun WhatsApp Business

Ada hal khusus dimana anda ingin menghapus akun, adapun cara untuk menghapus akun WhatsApp Business. Triknya hampir sama juga dengan account personal, membuka menu Seting – Akun – Delete my Akun.

Masukan nomor hp yang Anda pakai saat mendaftarkan account, lalu tap Delete my Akun.

Nah, demikianlah 10 panduan memakai WhatsApp Business yang dapat Anda coba kerjakan. Pada umumnya, ada banyak Fitur yang seperti dengan versi personal, terkecuali menu Business Settings. Jadi, semestinya yang telah terlatih memakai WhatsApp tidak akan temukan banyak kesusahan.

Dibagian paling depan, WhatsApp Business tampilkan tiga menu tab penting, yakni Chat, Status serta Call. Mudah-mudahan berguna, selamat coba!

Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url