16+ Foto Sejarah Bangsa Batak di Desa Tongging Berwarna dan Menarik

Sejarah Desa Tongging 



Apa sih yang teman-teman pembaca SibatakJalanJalan fikirkan mendengar kata “Tongging” ?

Apakah pemandangan alamnya yang indah ? Apakah tempat terbaik untuk memandangke Danau Toba ? Atau langsung teringat akan Air Terjunnya yang terkenal ? Air Terjun Sipiso-piso ?

Ya, Tongging sangat terkenal dengan hal-hal diatas, namun pernahkah teman-teman membayangkan bagaimana Tongging dimasa dahulu ?

Tentu mungkin teman-teman kurang mampu menggambarkannya, dan kabar baiknya bahwa SiBatakJalanJalan.com yang merupakan situs kecintaan dan kebanggaan teman-teman sekalian ini tentu memiliki referensi dan informasi lengkap mengenai foto dan Tongging dimasa lalu.

Sebagai informasi tambahan bagi teman-teman pembaca SibatakJalanJalan yang belum mengetahui informasi lengkap mengenai tempat bernama Tongging.

Tongging merupakan salah satu desa yang berada di Kecamatan  Merek, Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara. Desa yang berada di bagian utara Danau Toba ini memiliki pemandangan alam yang luas, terutama objek wisata aam yang terkenal seperti Air Terjun Sipiso-piso.

Daerah Tongging sendiri didominasi penduduknya oleh puak-puak Batak yaitu Batak Toba, Batak Pakpak dan Batak Karo. Adapun daerah Tongging ini sudah menjadi destinasi wisata sejak dahulu kala.

SibatakJalanJalan.com rasa sudah cukup untuk sebagai pembuka artikel kita kali ini. Dan jangan lupa untuk berkomentar, subscribe akun instagram-twitter-tumblr-youtube dan halaman Facebook sibatakjalanjalan.com ya teman-teman.

rumah adat suku batak toba disekitar wilayah tongging

Foto 1, Rumah adat suku Batak Toba disekitar wilayah Tongging
Deskripsi : Foto ini diambil diperkirakan pada tahun 1867-1870.


rumah adat suku batak karo disekitar wilayah tongging


Foto 2, Rumah adat suku Batak Karo disekitar wilayah Tongging
Deskripsi : Foto ini diambil diperkirakan pada tahun 1867-1870 .

radja manok dan beberapa orang suku batak karo

Foto 3, Radja Manok dan beberapa orang suku Batak Karo
Deskripsi : Foto ini diambil diperkirakan pada tahun 1867-1870 dan salah satu yang duduk diatas batu merupakan seseorang yang disebut ‘Radja Manok’.

desa tongging dan danau toba

Foto 4, Desa Tongging dan Danau Toba
Deskripsi : Foto ini diambil diperkirakan pada tahun 1867-1870 dimana pada foto terlihat desa Tongging dan langsung tampak Danau Toba .
salah satu sudut pemandangan di tongging ke danau toba

Foto 5, Salah satu sudut pemandangan di Tongging ke Danau Toba
Deskripsi : Foto ini diambil diperkirakan pada tahun 1867-1870. Danau Toba merupakan Danau yang berada 3.000 (tiga ribu) kaki diatas permukaan laut.

desa tongging dari jarak yang lebih dekat

Foto 6, Desa Tongging dari jarak yang lebih dekat
Deskripsi : Foto ini diambil diperkirakan pada tahun 1867-1870. Tampak dengan jelas desa yang bernama Tongging dan terlihat Danau Toba berada di kejauhan.

kepala suku batak
Foto 7, Kepala suku Batak
Deskripsi : Foto ini diambil diperkirakan pada tahun 1870. Foto seorang kepala suku Bangsa Batak ‘Huta Sian Jae’ dari desa Tongging yang berada di sisi Danau Toba di daratan tinggi Karo.

desa kodon kodon

Foto 8,  Desa Kodon-kodon
Deskripsi : Foto ini diambil diperkirakan pada tahun 1870. Desa Kodon-kodon merupakan salah satu desa yang berdekatan dengan desa Tongging dan pada foto terlihat tanaman padi di daratan tinggi Karo.

desa sibolangit

Foto 9, Desa Sibolangit.
Deskripsi : Foto ini diambil diperkirakan pada tahun 1870. Desa ini berada di Kecamatan Merek, Kabupaten Karo dan merupakan tempat yang berbeda dengan Kecamatan Sibolangit di Kabupaten Deli Serdang.
pemandangan tongging dan danau toba

Foto 10, Pemandangan Tongging dan Danau Toba .
Deskripsi : Foto ini diambil diperkirakan pada tahun 1910-1930 dengan panorama desa Tongging dan Danau Toba dari daratan tinggi Karo.
pasar atau pekan di pantai danau toba

Foto 11, Pasar/Pekan di pantai Danau Toba
Deskripsi : Foto ini diambil diperkirakan pada tahun 1914-1919. Aktifitas berniaga seperti jual-beli sudah dilakukan masyarakat Tongging sejak dahulu dari sisi Danau Toba yang satu dengan sisi yang lainnya. Saat ini tempat ini bernama Tiga Tongging.
pemandangan alam desa tongging

Foto 12, Pemandangan alam desa Tongging
Deskripsi : Foto ini diambil diperkirakan pada tahun 1914-1921. Pemandangan alam desa Tongging dan tampak terlihat beberapa orang sedang kembali/pergi dari acara pekan/pasar maupun dari pesta.

pemandangan danau toba

Foto 13, Pemandangan Danau Toba
Deskripsi : Foto ini diambil diperkirakan pada tahun 1920-1925 . Tampak daratan sekitar Danau Toba.

air terjun sipiso piso

Foto 14, Air Terjun Sipiso-piso
Deskripsi : Foto ini diambil diperkirakan pada tahun 1920-1925. Yang merupakan Air Terjun Sipiso-piso di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo.

pemandangan menyeluruh dari air terjun sipiso piso

Foto 15, Pemandangan menyeluruh dari Air Terjun Sipiso-piso .
Deskripsi : Foto ini diambil diperkirakan pada tahun 1900-1940. Pada foto tampak Tao Silalahi dari kiri hingga ke kanan, Desa Tongging, Kodon-kodon, Paropo dan Silalahi Na Bolak.

bongkahan batu besar kodon-kodon

Foto 16, Bongkahan Batu Besar Kodon-kodon 
Deskripsi : Foto ini diambil diperkirakan pada tahun 1910-1930, sebuah batu di Danau Toba yang merupakan bagian dari desa bernama Kodon-kodon dimana keberadaa desa ini ada diantara desa Tongging dan Paropo.


Demikian 16 FotoSejarah Bangsa Batak di Desa Tongging Zaman Dahulu terus dukung penuli dan web SibatakJalanJalan.com agar terus dapat maju dan berkembang dengan SHARE/BERBAGI dan SUBSCRIBE/LANGGANAN .

Sekian.

HORASSS ...!!!
Bagikan:

2 komentar

Unknown mengatakan…
Rumah adat batak toba tidak begitu bentukna. Dan semua itu milik suku karo. Dan karo bukan batak.
SibatakJalanJalan mengatakan…
Silahkan berkomentar dengan bukti, sumber dan referensi.

Top Ads

Middle Ads 1