Teknologi Kecerdasan Buatan dalam situs web panduan perjalanan SibatakJalanJalan

Teknologi Kecerdasan Buatan dalam situs web panduan perjalanan SibatakJalanJalan

Teknologi Kecerdasan Buatan Dalam Situs Web



Selamat Natal dan (akan) Tahun Baru teruntuk teman-teman pembaca SibatakJalanJalan semua. Kiranya di akhir tahun ini semua harapan akan hidup, cita dan cinta telah terpenuhi.

Penulis SibatakJalanJalan.com membawa kabar baik dan terbaru dari apa yang sedang kami kerjakan di Start Up MeemTechnology.


Pernah tidak teman-teman mendengar sebuah teknologi bernama AI (Artificial Intelligence) atau Kecerdasan Buatan ?

Jadi bagi teman-teman yang belum tahu atau sudah tahu sebelumnya namun ingin menambah wawasan, penulis akan menjelaskan agar kita benar-benar paham.

Teknologi Kecerdasan Buatan adalah sebuah teknologi yang dikembangkan dengan proses pelatihan pada program-program yang telah dirancang sebelumnya dan akan memiliki kemampuan untuk mengambil keputusan dan pengetahuan dari apa yang telah dilatih padanya sebelumnya. 

Jadi singkat cerita teknologi ini akan berbentuk program perangkat lunak dan atau keras maupun keduanya yang memiliki kemampuan untuk menentukan dan memutuskan apa yang akan dia lakukan.

Sudah benar-benar jelas dong penjelasannya kan teman-teman ? Hehe.. pastinya.


Jadi bagaimana penerapan teknologi AI (Artificial Intelligence) atau Kecerdasan Buatan pada situs SibatakJalanJalan ?

Pada perkembangan awal ini, Founder kita Matius Celcius Sinaga hanya menerapkan pada pengalipkasian foto saja.


Kenapa hanya foto ?

Tidak hanya foto, nantinya akan banyak hal yang akan dikembangkan dengan teknologi AI (Artificial Intelligence) atau Kecerdasan Buatan ini. 

Dan kenapa penerapannya sementara hanya pada foto, karena tentu teman-teman pembaca SibatakJalanJalan.com pernah melihat foto dan gambar pada artikel sebelumnya yang masih hitam-putih. 

Dan beberapa foto sejarah foto Bangsa Batak dahulu, dan dengan keingingin tahuan yang sama akan pencitraan gambar pada masa dulu pula yang membawa kami mengembangkan teknologi ini.


Apa untungnya ?

Tentu setiap orang akan berharap apa yang dilakukannya berdampak pada orang lain. Begitupun kami dengan Start Up MeemTechnology. 


Disini, dengan teknologi yang kami kembangkan akan memberikan teman-teman selain citra foto yang baik juga beberapa hal berikut :
    1. Memberikan teman-teman pandangan terbaru tentang kehidupan suku Bangsa Batak di zaman dahulu
    2. Mengidentifikasi warna pakaian, ulos dan benda-benda ukir, tempat tinggal maupun ornamen pada masa dulu dengan media foto
    3. Dapat teman-teman jadikan pajangan foto yang keren di dinding rumah anda.


Seru kan ? tentunya dong. Dan foto-foto ini dapat teman bagikan di media sosial maupun referensi teman-teman untuk mengidentifikasi warna ulos, cara berpakaian dan kehidupan Bangsa Batak pada zaman dahulu, dengan hastag (#) , #BatakBerwarna dan #BatakTempoDoloe .

Beberapa citra foto hitam-putih dalam before/after atau sebelum dan sesudah yang telah kami ubahkan :

gondang mula mula

Foto 1 , Sumber gambar Collective Tropenmuseum
Deskripsi foto : Gondang Mula-mula. Merupakan bagian kegiatan dari upacara adat bangsa Batak untuk memulai acara Manortor dengan iringan ‘parmusik dan atau pargondang’ .


hari ratu queens day

Foto 2 , Sumber gambar Collective Tropenmuseum
Deskripsi foto : Tempat foto ini diambil berada di salah satu desa bernama desa Parmonangan di Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir, Provinsi Sumatera Utara . Foto ini diambil bertepatan dengan Hari Ratu/QueensDay pada tanggal 31 Agustus tahun 1937. Foto tersebut adalah anak-anak dari stasiun misi di Parmonangan.

hutaraja

Foto 3, Sumber gambar Collective Tropenmuseum
Deskripsi foto : Hutaraja, perkiraan tahun pada 1910 – 1925 . Pada foto tampak pemandangan dari salah satu desa bangsa Batak Toba dengan sarkofagus Hutaraja.

seorang kepala negri

Foto 4, Sumber gambar Collective Tropenmuseum
Deskripsi foto : Seorang Kepala Negri/Raja/Raja Huta dengan pakaian bangsa Batak kuno di Samosir Barat, Sumatera Utara . Perkiraan waktu pengambilan foto pada tahun 1915-1920.

mangalahat horbo proses perayaan kurban kerbau kepada mula jadi na bolon

Foto 5, Sumber gambar Collective Tropenmuseum
Deskripsi foto : Mangaliat Horbo atau Mangalahat Horbo, adalah salah satu proses perayaan kurban kerbau kepada Mula Jadi Na Bolon atau Tuhan Yang Maha Esa. 
Juga merupakan tradisi kuno milik Bangsa Batak Toba dan dahulu digunakan sebagai upacara untuk mengawali kegiatan-kegiatan perkembangbiakan ternak, kesejahteraan dan hajatan lainnya.

martulak merupakan upacara setelah dilakukan penggarapan sawah di samosir

Foto 6, Sumber gambar Collective Tropenmuseum
Deskripsi foto : Martulak, merupakan sebuah upacara setelah dilakukan penggarapan sawah di Samosir.

membuat hudon di huta tinggi

Foto 7, Sumber gambar Collective Tropenmuseum
Deskripsi foto : Membuat Hudon. Adalah proses pembuatan wadah/pot atau juga tungku di Huta Tinggi, Kecamatan Pangururan, Kabupaten Samosir .

onan di nainggolan

Foto 8, Sumber gambar Collective Tropenmuseum
Deskripsi foto : Onan di Nainggolan. Onan artinya pasar. Yang berarti pasar di Nainggolan, Samosir yang dilakukan tiap pagi.

di pantai samosir seorang pria digeledah oleh inspektur

Foto 9, Sumber gambar Collective Tropenmuseum
Deskripsi foto : Berada di Pantai Samosir. Seorang pria digeledah oleh inspektur oleh karena diduga melakukan penyelundupan beras.

beras mentah didistribusikan oleh parbaringin

Foto 10, Sumber gambar Collective Tropenmuseum
Deskripsi foto : Beras mentah didistribusikan oleh Parbaringin untuk menentukan hari yang tepat untuk menggarap sawah di Samosir.

Sekian artikel SibatakJalanJalan berjudul Teknologi Kecerdasan Buatan dalam situs web panduan perjalanan SibatakJalanJalan . Dan jangan lupa untuk SHARE/BAGIKAN dan SUBSCRIBE/LANGGANAN untuk terus mendukung penulis SibatakJalanJalan.com berkarya.

Dibawah ini daftar tempat dan artikel terbaru yang berhubungan dengan campaign #BatakBerwarna dan #BatakTempoDoloe, semoga berguna sebagai referensi teman-teman.

1. Tongging
2. Tarutung
3. Tapanuli
17. Tigaras 

Sekian.
HORASSS...!!!

Posting Komentar

0 Komentar