Semua Tentang Pulau Lombok, Destinasi Wisata dan Oleh-oleh khas Pulau Lombok

Pulau Lombok


pantai pulau lombok


Pulau Lombok berada di kepulauan Sunda Kecil atau Nusa Tenggara Barat yang terpisahkan oleh Selat Lombok dari Bali di sebelah barat dan Selat Alas di sebelah timur dari Sumbawa

Dimana posisi Pulau Lombok yang sangat geografis ini menjadikan Pulau Lombok destinasi wisata kelas dunia dan tentu patut untuk kemudian teman-teman sibatakjalanjalan kunjungi. 

Baik kala berlibur di akhir pekan, atau mungkin saat akhir tahun juga hari-hari istimewa lainnya. 

Penulis juga ketahui bahwa beberapa orang terkenal juga menghabiskan waktu bersama pasangan untuk berbulan madu di Pulau Lombok.


Gili


gili meno pulau lombok


Ada sebutan yang akrab dengan adanya keberadaan Pulau Lombok, yaitu Gili

Gili sendiri dimaksudkan adalah sebutan bagi pulau-pulau kecil yang mengelilingi Pulau Lombok

Dan di sekitar Pulau Lombok setidaknya terdapat 3 gili yang penulis sibatakjalanjalan.com ketahui untuk direkomendasikan bilamana teman-teman akan berkunjung ke sana, Pulau Lombok. 

Nama gili-gili tersebut yaitu adalah Gili Trawangan, Gili Air, dan Gili Meno

Di pulau-pulau kecil ini, atau akrab disebut dengan Gili. 

Teman-teman sibatakjalanjalan.com dapat melakukan aktifitas seperti snorkelling, diving, dan juga aktifitas memancing, bagi teman-teman yang memang hobi memancing.


Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak


gunung rinjani pulau lombok


Bagi teman-teman yang belum pernah mendengar mengenai Gunung Rinjani dan Danau Segara Anak pasti bilamana berkunjung ke destinasi wisata Pulau Lombok akan terkagum-kagum melihat keindahan alam dan ke-eksotismean alam Pulau Lombok yang ditawarkan. 

Melihat keindahan alam yang sesungguhnya, benar-benar ada di Lombok. 

Keindahan alam yang patut teman-teman kunjungi adalah dengan keberadaan Taman Nasional Gunung Rinjani yang memiliki tinggi 3.726 meter dari permukaan laut dan terdapat sebagian atau bagian dari gunung tersebut yang merupakan sebuah danau dan dikenal sebagai Danau Segara Anak, dan danau ini berada pada ketinggian 2.010 meter.


air terjun pulau lombok nusa tenggara barat


Untuk ukuran Danau Segara Anak sendiri memiliki luas setidaknya berkisar pada 1.100 hektare. 

Saat teman-teman nantinya mengunjungi dan melihat air mengalir dari gunung ke danau ini, Danau Segara Anak. 

Akan tampak lekukan-lekukan juga hamparan air terjun yang sangat indah. Air begitu menarik mata mengalir melewati celah-celah jurang yang curam.


Pantai Nipah dan Pantai Senggigi


pantai senggigi pulau lombok sumbawa ntb


Jika kebetulan teman-teman sibatakjalanjalan hanya ingin menikmati destinasi wisata dengan alam pantai dan pasir pantai, tentu Pantai Nipah dan Pantai Senggigi menjadi tujuan favorit dan direkomendasikan oleh penulis sendiri. 

Meskipun berada di antara pulau-pulau atau gili, Pulau Lombok juga sudah menyediakan hotel-hotel berbintang untuk teman-teman dapat tinggali nantinya bilamana berkunjung ke destinasi wisata Pulau Lombok. 

Mulai dari hotel berbintang 3 hingga berbintang 5 telah ada di Pulau Lombok, terutama hotel-hotel mewah yang terdapat di Pantai Senggigi dan memang sudah sangat mendunia.


Cara Menuju Pulau Lombok

Meskipun Pulau Lombok terkesan jauh karena berada di antar pulau-pulau dan pulau-pulau kecil atau gili. 

Namun perkembangan transportasi baik udara dan laut juga telah tersedia untuk wisatawan lokal dan dunia dapat berkunjung ke Pulau Lombok kala menikmati liburan. 

Adapun beberapa cara menuju Pulau Lombok yang berada diseberang Pulau Bali yang penulis sibatakjalanjalan.com ketahui yaitu dengan cara transportasi berikut :

Dengan Pesawat Terbang

Meski Pulau Lombok dipisahkan oleh lautan bukan berarti Pulau Lombok tidak dapat dijangkau, teman-teman sibatakjalanjalan tetap bisa sampai ke Pulau Lombok dengan selamat sentosa. 

Yaitu salah satunya dengan akses transportasi udara dengan pesawat terbang menuju ibu kota Pulau Lombok, Mataram. Tepatnya berada di Bandara Internasional Lombok (LOP) di Tanah Awu, Kabupaten Lombok Tengah

Adalah landasan udara untuk pergi dan datang wisatawan lokal dan dunia dapat keluar masuk di Pulau Lombok. 

Adapun beberapa maskapai penerbangan yang dapat teman-teman gunakan dan menjadi pilihan menuju destinasi wisata dari dan akan ke Pulau Lombok, yaitu dengan menuju terlebih dahulu ke Denpasar Bali, disana sudah terdapat beberapa maskapai penerbangan yang telah lama beroperasi di Indonesia yang adalah seperti maskapai Garuda, Lion Air, Silk Air dan Trans Nusa.


Dengan Kapal Feri

Jika teman-teman sibatakjalanjalan ingin mengunjungi destinasi wisata Pulau Lombok melalui jalur laut dengan Kapal Feri, maka teman-teman setidaknya akan menempuh perjalanan berkisar selama 4 hingga 5 jam dari Pulau Dewata, Bali.


Dengan Fast Boat

Untuk fasilitas layanan transportasi air laut yang lebih cepat yaitu dengan pilihan Fast Boat, atau akrab disebut dengan “kapal cepat”. 

Dimana maka akan ada dua pelabuhan yang dapat pengunjung wisata Pulau Lombok gunakan sebagai jalur layanan menuju Pulau Lombok. 

Yaitu melalui Serangan yang berada dekat Pelabuhan Benoa dan Pelabuhan padang Bai .

 

Oleh-oleh khas Pulau Lombok

Tidak sah rasanya apabila melakukan perjalanan menuju tempat-tempat destinasi wisata yang menarik dan memiliki cerita sejarah tersendiri, namun tidak serta-merta membawa oleh-oleh atau  buah tangan. 

Baik dalam bentuk souvenir maupun makanan dan minuman. 

Dan untuk itu, penulis sibatakjalanjalan.com akan merekomendasikan makanan, minuman dan souvenir khas Pulau Lombok yang dapat teman-teman coba beli jika nanti akan berkunjung ke tempat wisata Pulau Lombok.


Dodol Rumput Laut

Pulau Lombok yang wilayahnya dikelilingi dengan lautan sepenuhnya, tentu memiliki Sumber Daya Alam (SDA) yang berlimpah dari hasil laut dan sangat baik untuk dapat dimanfaatkan. 

Dan rumput laut merupakan Sumber Daya Alam (SDA) hayati yang menjadi pilihan bahan olahan oleh-oleh khas Pulau Lombok. 

Rumput laut ini kemudian diolah menjadi panganan dengan jenis dodol, yaitu “Dodol Rumput Laut”. Meskipun namanya “Dodol Rumput Laut” namun rasanya bukan serta-merta juga sama dengan rasa rumput laut. 

Namun beberapa dodol rumput laut ini telah diolah rasanya sehingga memiliki beragam rasa, seperti kombinasi rumput laut dengan rasa mangga, nangka, tomat, sirsak, pisang dan lain-lain. 

Untuk harganya sendiri, dodol rumput laut berkisar pada harga antara 13.000 rupiah hingga 50.000 rupiah, dan bilamana teman-teman ingin langsung ke tempat produksinya berada di tempat penjualannnya juga ada di Jalan  A. A Gede Ngurah, Cakranegara, Kota Mataram .


Kain Tenun Sasak


desa sade pulau lombok sumbawa dan bertenun kain sasak


Kain Tenun Sasak, merupakan kain hasil tenunan asli masyarakat nusantara di Pulau Lombok, jika ingin melihat proses penenunan ini teman-teman dapat langsung melihat proses pembuatan kain Tenun Sasak dengan serta merasaksan bagaimana proses pembuatan Kain Tenun Sasak di Desa Sade dan Desa Sukarara

Di sana, Desa Sade dan Desa Sukarara, teman-teman juga dapat melihat model kain Tenun Sasak terkini dan juga tentu hasil tenunan Kain Sasak yang baru selesai. 

Seperti model yang umum terdapat di sana digunakan untuk syal, taplak meja, sarung, kain panjang, baju dan lainnya.


Madu Lombok dan Madu Sumbawa


madu khas lombok sumbawa


Untuk membedakan antara Madu Lombok dan Madu Sumbawa, di masyarakat lazim membedakan dan mengenal madu-madu ini dengan nama ‘akrab’nya. 

Yaitu Madu Trigona dan Seana/Cerana untuk Madu Lombok serta Apis Dorsata untuk Madu Sumbawa. 

Jika teman-teman berniat untuk membeli, harganya estimalsi satu botol madu sendiri, baik Madu Lombok dan Madu Sumbawa berkisar direntang harga 150.000 rupiah hingga 375.000 rupiah. 

Silahkan langsung saja teman-teman dapat berkunjung ke Motong Gamang Kopang, Lombok Tengah untuk membeli kedua jenis madu tersebut, baik Madu Lombok dan Madu Sumbawa.


Mutiara Lombok

Selain jajanan olahan Dodol Rumput Laut Lombok dan kain Tenun Sasak yang sebelumnya penulis bahas, dimana merupakan variasi oleh-oleh yang dapat dibawa dari Pulau Lombok. 

Ada lagi Sumber Daya Alam (SDA) yang dimanfaatkan di Pulau Lombok oleh karena juga kekayaan lautnya yang begitu berlimpah. 

Mutiara Lombok, jenis mutiara yang terdapat di Pulau Lombok sangat beragam dan hingga diketahui terdapat yang merupakan mutiara yang paling langka. 

Untuk jenis mutiaranya sendiri terdapat mutiara putih, mutiara coklat, mutiara hitam dan mutiara kuning keemasan. 

Dimana mutiara yang paling langka ini, yaitu ‘South Sea Pearl’ , dan untuk harganya juga  cukup mahal apabila dibandingkan dengan mutiara air tawar. 

Silahkan saja apabila teman-teman berniat untuk melihat dan membeli untuk langsung ke alamat kerajinan mutiara Lombok di Jalan Sultan Kaharudin, Kelurahan Karang Pule .


Susu Kuda Liar

Teman-teman sibatakjalanjalan.com pasti pernah mendengar tentang susu ini, susu kuda liar. 

Dan penulis berbagi informasi untuk teman-teman, bahwa khasiat dari susu ini sendiri bisa berupa khasiat memberikan peningkatan daya tahan tubuh dan terkenal sebagai penjaga kebugaran. 

Bila teman-teman sedang dan akan berkunjung ke destinasi wisata pulau Lombok, tentu akan mendapatkan susu yang dapat dijamin keasliannya, untuk bisa langsung ke tempat produksi susu kuda liar di Pulau Lombok, yaitu berada di jalan Lintas Sumbawa, Woja, Dompu, Sumbawa. 

Dan untuk mendapatkan setengah liter susu kuda liar, harga di pasaran bisa berkisar di rentang harga Rp. 100.000 per setengah liternya. Lumayan juga ya harganya teman-teman sibatakjalanjalan. 

Namun jika langsung ke produksinya di Lintas Sumbawa, Woja, Dompu, Sumbawa. Bisa jadi teman-teman mendapat potongan harga dan susu asli. 

Oh ya teman-teman sibatakjalanjalan penting ketahui bahwa susu kuda liar ini tidak akan menggumpal meski sudah setahun disimpan loh. 

Susu kuda liar ini juga sangat tidak terpengaruh oleh suhu udara di luar kemasannya, sehingga sering juga susu kuda liar ini diolah menjadi bahan dasar olahan cemilan seperti permen dan sebagainya. 

Penulis harap semoga tulisan sibatakjalanjalan.com kali ini berguna untuk menambah wawasan dan informasi kala berkunjung dan berwisata ke Pulau Lombok nantinya ya teman-teman sibatakjalanjalan.com . 

Demikian artikel sibatakjalanjalan tentang tips wisata ke Pulau Lombok. 

Horasss..
Bagikan:

Posting Komentar

Top Ads

Middle Ads 1

Bottom Ads