Tips dan Trik mencari pekerjaan melalui Situs penyedia informasi lowongan Pekerjaan LinkedIn | FreshGraduate Baca ini biar lolos review dan screening test

Tips dan Trik mencari pekerjaan melalui Situs penyedia informasi lowongan Pekerjaan LinkedIn | FreshGraduate Baca ini biar lolos review dan screening test

FreshGraduate Baca ini biar lolos review dan screening test


LinkedIn situs penyedia informasi lowongan pekerjaan

LinkedIn merupakan situs penyedia lowongan dan informasi pekerjaan yang sangat popular terutama bagi teman-teman sibatakjalanjalan.com yang baru lulus kuliah atau ‘freshgraduate’.



Di media social pekerjaan LinkedIn juga teman-teman dapat membagikan milestone/pencapaian yang telah dicapai untuk menjadi bahan pertimbangan pemberi pekerjaan meloloskan teman-teman menjadi kandidat terkuat untuk lowongan pekerjaan yang dibuka.



Dan dibawah ini, penulis sibatakjalanjalan akan membagikan beberapa pertanyaan dan tips maupun trik yang dapat teman-teman lakukan untuk mengoptimalkan upaya teman-teman untuk mendapatkan pekerjaan melalui LinkedIn.

tips dan trik mencari pekerjaan melalui situs penyedia informasi lowongan pekerjaan linkedin freshgraduate baca ini biar lolos review dan screening test


Mengapa sudah lamar pekerjaan via Linkedin tapi belum dapat panggilan ? 

Mengapa saya sudah banyak lamar lowongan pekerjaan namun belum juga mendapat respon ? atau mungkin teman-teman sudah bahkan berulangkali melamar melalui LinkedIn namun tidak ditanggapi ? apakah ada yang salah ?

before and after linkedin


Tentu ada, salah satunya adalah foto profil dan deskripsi yang teman-teman tampilkan pada profil LinkedIn teman-teman. Mungkin masih menampilkan profil sebagaimana foto profil di media social lainnya. Terkhusus untuk LinkedIn, teman-teman cukup menampilkan profil formal. Memberikan deskripsi lengkap dan sesuai, dan kemudian melampirkan pencapaian-pencapaian seperti sertifikat kelulusan atas suatu keahlian, sertifikat pengalaman dan sebagainya.



Apakah saya dapat membagikan apa saja di LinkedIn ?

Ya, tentu saja dapat membagikan apasaja, namun harus yang berhubungan dengan pekerjaan dan pekerjaan yang teman-teman minati dan memiliki dampak positif terhadap pribadi teman-teman sibatakjalanjalan. Teman-teman tidak dianjurkan membagikan foto atau video sedang melakukan pesta nonformal, membagikan quotes atau kalimat cinta, dan hal-hal yang tidak berhubungan dengan professionalitas seorang pekerja. 

Sangat disarankan untuk teman-teman membagikan lowongan pekerjaan yang sedang dibuka ditempat teman-teman bekerja untuk memberikan dampak postifi baik kepada perusahaan dan pribadi teman-teman nantinya di media sosial pekerjaan, LinkedIn.


header linkedin


Apakah LinkedIn bebayar ?

Tidak, namun untuk teman-teman sibatakjalanjalan dapat menikmati fitur-fitur ekslusif LinkedIn, teman-teman perlu mengeluarkan biaya untuk langganan dan premium.

Siapa saja pengguna LinkedIn ? Dapatkah saya terhubung dengan mereka ?

Selama menjadi pengguna media sosial pekerjaan LinkedIn, penulis sudah banyak menemukan jenis orang dan pekerjaan, dari berbagai belahan dunia dan bahkan sangat sering menemukan profil-profil orang-orang sukses di dunia ini. Seperti halnya Bill Gates, Pendiri perusahaan Virgin, Orang-orang dari Geothermal, Pekerja PT Freeport dan bahkan dari kalangan seni maupun kreatif.

Dapatkah saya terhubung dengan mereka ? Ya tentu saja, teman-teman sibatakjalanjalan sekalian dapat terhubung dan berbagi cerita baik dalam komentar dan kiriman di media sosial pekerjaan LinkedIn.

linkedin situs informasi lowongan pekerjaan


Tips dan Trik Agar Lolos dan Mendapat Perhatian HR (Human Resources)

HR dan HRD merupakan kelompok bagian vital yang ada di LinkedIn. Bahkan meskipun teman-teman sibatakjalanjalan melamar melalui media sosial penyedia informasi pekerjaan lain dan bahkan online, HR dan HRD tetap melakukan screening terhadap media sosial teman-teman dan khususnya profil LinkedIn yang teman-teman miliki tanpa sepengetahuan.



Begitu pentingnya menampilkan pekerjaan, deskripsi dan pencapaian serta apa yang teman-teman bagikan menjadi ‘wajah pertama’ yang HR dan HRD lihat sebelum teman-teman dinyatakan lolos review/screening.

Dan berikut sibatakjalanjalan bagikan Tips dan Trik Lolos dan mendapat perhatian HR di LinkedIn :
1. Cek lowongan pekerjaan yang tersedia dan sesuai dengan minat teman-teman pada kolom lowongan di LinkedIn
2. Copy/salin nama lowongan dan filter nama perusahaan yang ingin teman-teman lamar pada bagian “pencarian
3. Klik ‘Show Result
4. Nanti akan tampil lowongan pekerjaan yang tersedia dan profi HR dari perusahaan terkait
5. Klik salah satu nama HR lalu cek postingan lowongan pekerjaan tersebut
6. Lalu klik More pada bagian profil HR tersebut dan pilih “connect
7. Lalu kirim pesan yang isinya dimana teman-teman meminta tolong dengan sopan agar mereview profil LinkedIn teman-teman
8. Lalu kirim dengan klik ‘send
9. Berdoa dan ulangi lagi untuk lowongan pekerjaan lainnya

Jika teman-teman sibatakjalanjalan beruntung, hal tersebut akan menjadi kesempatan teman-teman untuk langsung di review oleh HR apakah cocok dengan lowongan pekerjaan yang sedang terbuka di perusahaan terkait, selain itu hasil reviewnya akan memberikan kesan professional yang tampil di halaman LinkedIn teman-teman.


Adapun isi pesan pada point nomor 7 dapat teman-teman sibatakjalanjalan ubah sesuai dengan kebutuhan nantinya :

Halo Ibu/Bapak (nama orang terkait) semoga sehat selalu, Perkenalkan nama saya (nama teman-teman sibatakjalanjalan.com) memiliki latar belakang (…). Saya melihat perusahaan anda sedang membuka rekruitmen untuk posisi (…). Saya tertarik untuk bias bergabung, dan apabila berkenan saya berharap (Bapak/Ibu) bias mereview profil LinkedIn saya dan dapat terhubung untuk diskusi lebih lanjut. Terimakasih.



Posting Komentar

0 Komentar