Cara Mudah Belanja Online di Amazon dengan Kartu Kredit, Kartu Debit, Gift Card, Indomaret, Alfamart, dan Kantor Pos

Belanja Online di Amazon


Amazon merupakan perusahaan teknologi multinasional asal Amerika yang berbasis di Seattle, Washington. Amazon berfokus pada e-commerce/penjualan dan pembelian barang secara online, komputasi awan/cloud computing, streaming digital dan kecerdasan buatan termutahir (Alexa). Amazon juga merupakan salah satu dari 4 kelompok perusahaan besar bernama "Big Four", yang terdiri dari Facebook, Apple, Amazon dan Google.

Kabar baiknya, teman-teman sibatakjalanjalan juga kini bisa turut berinvestasi pada perusahaan ini dalam bentuk kepemilikan lembar saham online. Adapun emiten saham Amazon dengan nama "AMZN" (NASDAQ) . Saat tulisan ini dibuat harga saham Amazon berkisar pada US$3.312,75 .

amazon logo
logo amazon

Cara Mudah Belanja di Amazon

Cara mudah berikut yang akan penulis jelaskan akan menjadi referensi yang singkat dan mudah dipahami baik bagi pemula dan yang sudah berpengalaman belanja online. Dengan terbukanya pintu informasi, juga dukungan negara terhadap aktivitas baik export dan import akan memberikan peluang bagi teman-teman dapat berinvestasi dan diharapkan membuka usaha yang penuh dengan inovasi dan kreasi. Berikut referensi cara mudah belanja online di Amazon.

Cara Mendaftar dan Membeli Barang di Amazon Dengan Credit Card dan Debit Card (Kartu Debit) VCC

Pada bagian pertama ini, sibatakjalanjalan akan menjelaskan bagaimana membeli barang di Amazon dengan mendaftarkan akun, mencari barang dan membayarnya dengan kartu kredit, dan jangan kuatir.. setelah ini penulis akan menjelaskan bagimana membayar barang belanja di Amazon pada outlet Indomaret, Alfamart dan Kantor Pos.
  1. Sudahkah teman-teman memiliki akun Amazon ? jika belum, berikut caranya dari awal hingga dapat berbelanja di Amazon dengan 7 langkah mudah.
  2. Klik dan buka halaman Amazon International Shopping (langsung klik saja) akan tampak halaman seperti berikut :

    halaman awal marketplace amazon
    marketplace amazon homepage

  3. Buat akun teman-teman dahulu, ini sangat penting karena akan menjadi identitas online saat berbelanja nanti, klik "Account".
  4. Buat akun dengan "Create your Amazon Account". Pada tahap ini teman-teman akan menerima formulir untuk mengisi kelengkapan identitas seperti email, nama, password dan lain-lain. Setelah hal tersebut selesai dan diisi dengan benar, langkah terakhir adalah dengan mengonfirmasi melalui email dan memasukkan kode informasi yang sudah dikirim.
  5. Saatnya memilih barang, teman-teman sibatakjalanjalan dapat mencoba dengan membeli barang yang unik atau mungkin barang terbaru dari Amazon, contohnya seperti memilih buku online terkenal, penulis contohkan dengan membeli buku dengan topik investasi online "The Bitcoin Standard: The Decentralized Alternative to Central Banking" (silahkan klik gambar untuk melihat isi buku).
  6. Bisa juga teman-teman menggunakan keyword pada kolom pencarian, seperti ingin membeli dan melihat referensi smartphone dengan kata kunci "iPhone 13" terbaru : Cek iPhone 13 terbaru di Amazon (silahkan klik)
  7. Isi Alamat Pengiriman dengan lengkap dan pastikan sudah tepat ya teman-teman, agar barang yang dibeli cepat dan tepat sampai ke alamat yang ditentukan, berikut contoh pengisiannya.
    pengisian halaman pembayaran amazon
    alamat pengiriman barang
  8. Langkah selanjutnya silahkan isi kolom metode pembayaran dan jenis pembayaran yang teman-teman miliki. Seperti dengan menggunakan Credit Card ( CC ), Gift Card, Promotional code, Amazon.com Store Card, Bank Account (namun hanya khusus warga negara Amerika saja). Jika anda hanya memiliki Debit Card atau kartu debit, sibatakjalanjalan ingatkan apakah kartu debit teman-teman sudah Virtual Credit Card (VCC) ? jika sudah berikut cara pengisiannya.
    Klik "Add a credit or debit card" lalu isi sesuai dengan kartu yang teman-teman miliki, contoh pada gambar :

    pembelian barang di amazon dengan menggunakan kartu debit
    pembayaran dengan kartu debit di Amazon

  9. Ini adalah langkah terakhir dalam proses pembelian barang di Amazon dengan menggunakan kartu kredit/cc dan atau kartu debit/debit card. Adapun beberapa pilihan metode pengiriman yang dapat dipilih yaitu : Standard International Shipping, Amazon Global Expedited Shipping, dan yang terakhir Amazon Global Priority Shipping. Waktu yang dibutuhkan agar barang sampai dalam rentang 2 hingga 4 minggu, bahkan pengalaman sibatakjalanjalan bisa sampai dengan waktu yang sangat singkat hingga 2 hingga 5 hari. Dan rata-rata waktu yang dibutuhkan agar barang sampai ada di 6 hingga 10 hari.

Belanja di Amazon dengan Menggunakan Gift Card

Belum memiliki kartu kredit dan kartu debit bisa menjadi hambatan untuk menunjang aktivitas belanja online di Amazon, namun penulis punya cara meskipun teman-teman tidak memiliki credit card dan debit card bisa menggunakan "Gift Card" atau biasa kita kenal dengan "Promo/Hadiah/Diskon" , berikut caranya :
*. sibatakjalanjalan punya kode promo dengan diskon hingga 50% loh di marketplace Indonesia, klik link berikut : (not active yet) 
  1. Masuk ke akun Amazon teman-teman
  2. Pilih menu "Gift Card" lalu masukkan kode yang terdiri dari 14 hingga 15 karakter nomor atau angka. Lalu klik "Apply to your balance" dan saldo gift card Amazon akan langsung ditambahkan, dan menjadi salah satu cara pembayaran pada barang-barang belanjaan teman-teman.

    gift card di amazon
    amazon gift card

  3. Cara penggunaan Gift Card Amazon pada menu pembayaran digantikan pada cara pembayaran dengan debit card/kartu kredit pada langkah ke 6 sebelum bagian ini.
kolom pembayaran di amazon
formulir pembayaran amazon

Pembayaran di Amazon lewat Indomaret, Alfamart dan Kantor Pos

Tahukah teman-teman sibatakjalanjalan bahwa kita tetap bisa membayar Amazon meski tidak memiliki kartu kredit, kartu debit dan gift card. Jika teman-teman tidak memiliki kartu dan layanan tersebut, kita masih bisa mencari pihak ketiga yang siap membantu, contohnya Indomaret, Alfamart dan Kantor Pos. Cara dan langkahnya hampir sama, yang harus dipersiapkan adalah : Kartu Identitas Penduduk (KTP) dan nilai uang yang sesuai dengan barang yang ingin dibeli.
  1. Buka akun Amazon dan pilih produk/barang yang ingin dibeli, pilih opsi Checkout dan pembayaran dengan Western Union.
  2. Untuk mengisi Western Union silahkan kunjungi outlet Indomaret, Alfamart dan Kantor Pos yang menyediakan jasa pembayaran Western Union dengn label/simbol berikut :
    simbol dan label western union
    logo dan simbol western union

  3. Setelah proses pembayaran pada outlet dan pengisian data diri lengkap, dan sekarang tinggal menunggu barang teman-teman sampai.

Sibatakjalanjalan berikan gambaran singkatnya seperti ini :
Belanja di Amazon –> Saat checkout pilih opsi pembayaran “Amazon PayCode” –> Kunjungi agen Western Union dengan PayCode dan KTP –> Bayar Secara Tunai –> Selesai

Cara Belanja di Amazon dengan Jenius

Jenius merupakan sebuah aplikasi yang berfokus pada perbankan digital dimana aplikasi ini dapat membantu pengguna dengan melakukan aktivitas-aktivitas keuangan dengan cara menabung, bertransaksi dan mengatur keperluan keuangan lainnya. Di Jenius teman-teman sibatakjalanjalan juga akan memiliki rekening bank dimana dapat digunakan pada smartphone berbasis Android dan iOS.

Dan daripada fungsi tersebut Jenius juga berlaku untuk dapat melakukan pembayaran pembelian barang yang teman-teman lakukan nantinya di Amazon. Caranya sama saja dengan cara pengisian nomor kartu debit dan kredit. Setelah menyelesaikan pendaftaran dan melakukan Top Up belanja di marketplace global Amazon akan lebih mudah.

kartu jenius
ATM Jenius

Melacak paket Amazon

Mengingat Amazon memiliki gudang di Seattle, Washington, Amerika. Pasti ada keraguan kalau-kalau barang tersebut akan tersesat atau tidak sampai, bisa juga teman-teman sedikit 'kepo', sudah dimana barang tersebut sekarang ?
Berikut sibatakjalanjalan jelaskan cara melacak paket dari Amazon di Beacukai.
  1. Cara yang paling mudah adalah dengan cara langsung mendatangi kantor Bea Cukai di Kementrian Keuangan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Indonesia, namun ada cara mudah, yaitu dengan langsung saja menuju pada halaman : Melacak barang di Beacukai klik link tersebut.

    tracking barang kiriman di dinas beacukai
    situs beacukai Indonesia untuk melacak/tracking barang

  2. Masukkan No AWB/Resi dari barang yang dimaksud
  3. Isi kode sebagai verifikasi di bagian bawah RESI
  4. Klik "Submit"
 Dan sekarang teman-teman sudah dapat mengetahui lokasi dan proses alur barang yang dari Amazon tersebut.

Selamat mencoba.
Next Post Previous Post