Cara Cepat Menguasai Listening Bahasa Inggris

Cepat Menguasai Listening Bahasa Inggris

Listening skill dapat dikatakan hampir sama dengan reading skill karena kita harus bisa menyimak bahasa lisan yang diucapkan oleh seseorang, baik berupa kata, frasa, ataupun kalimat mulai dari yang sederhana sampai yang sulit.

cepat menguasai listening bahasa inggris
Cara Capat Menguasai Listening
Cara paling mudah dalam mempelajari listening skill adalah bergaul dengan masyarakat yang aktif berbahasa Inggris, sehingga kita akan banyak mendengarkan percakapan penutur bahasa Inggris tersebut. Namun lagi-lagi hidup di lingkungan yang mayoritas tidak berbahasa Inggris tidak menjadi suatu kondisi yang berkebalikan dari yang diinginkan. Namun, semua itu tidak menjadi masalah berikut akan dipaparkan cara agar bisa mempelajari Listening dengan baik.

Mula-mula kita bisa mempelajari dari reading yang diulas pada artikel sebelumnya. Reading ibarat pintu yang akan membuka jalan menuju kemampuan lainnya. Karena reading memiliki keunggulan sebagai berikut:
  1. Dapat memahami kata
  2. Dapat memahami frasa
  3. Dapat memahami kalimat
  4. Dapat memahami frasa
  5. Dapat memahami grammar

Dalam listening skill reading hanya berfungsi sebagai batu loncatan. Lantas kemudian bagaimana mempelajarinya?

Cara yang selanjutnya adalah dengan menggunakan alat bantu berupa teks dan audio. Teks dan audio disini merupakan satu paket perlatan yang biasanya digunakan dalam menyajikan soal listening. Selain berlatih soal, kita juga bisa melatih skill listening dengan cara lain seperti mendengarkan musik atau menonton film.

Catatan pada saat menonton film upayakan agar tidak ada teks dalam soal. Sehingga kita akan berusaha untuk mengetahui kata apa saja yang disucapkan dalam film. Kuncinya dalam listening skill anda harus menguasai Spelling, Pronounciation, dan alphabet. Karena sebagai orang Indonesia ada banyak ejaan yang dibaca berbeda dengan bahasa Inggris sehingga kita dianjurkan untuk menguasai pengucapan dalam bahasa Inggris. Semisal hurus " a" dalam bahasa Inggris di baca"e". Sehingga pada kata Apple misalnya menjadi Epple.

Selain itu perlu adanya konsistensi. Semua skill menuntut perilau konsisten dalam mereview kembali pelajaran yang pernah dipelajari. Sesuai dengan peruntukannya. Oleh karena itu bagi pembelajar bahasa Inggris perlu ditanamakan dalam diri semangat yang tinggi dan pantang menyerah agar dapat menguasai bahaa inggris dengan baik.
Mari Kita Coba.
Next Post Previous Post