10 Tips dan cara jalan-jalan MURAH di 'Danau Toba, Labuhan Bajo, dan Bali'. Liburan Aman dan Nyaman

10 Tips dan cara jalan-jalan MURAH di 'Danau Toba, Labuhan Bajo, dan Bali'. Liburan Aman dan Nyaman

Tips Jalan-Jalan Murah Dan Terjangkau



berbicara dan memberikan tips


Danau Toba, Labuhan Bajo dan Bali

Banyak cara untuk menikmati liburan di Danau Toba, Labuhan Bajo dan Bali. Dan jangan lupa untuk membaca sampai habis tenxtang bagaimana teman-teman dapat menikmati liburan yang Aman dan Nyaman namun dompet terasa tetap aman. hehe .

balon ekstra besar wonderful indonesia


Hai selamat datang di www.sibatakjalanjalan.com , terimakasih untuk teman-teman yang selalu setia berkunjung dan membaca artikel di situs kecintaan dan kesayangan kita bersama. 

Untuk kali ini, penulis sibatakjalanjalan.com akan berbagi mengenai bagaimana caranya teman-teman dapat berjalan-jalan dan melakukan kunjungan wisata dengan biaya yang MURAH namun tetap aman dan nyaman di Danau Toba, Labuhan Bajo dan Bali.

bangunan indah bali


Siapa yang tidak kenal atau bahkan tidak pernah mendengar nama tempat seperti Labuhan Bajo, Danau Toba dan Bali. 

Bahkan ada sebuah pemahaman pada teman-teman dari luar negeri mengenai Indonesia yang hanya kenal dengan Bali saja, Padahal Indonesia itu sangat beragam dan masih banyak destinasi wisata yang cocok dan menajubkan lainnya seperti Labuhan Bajo dan Danau Toba. 

Sebagai tempat yang kini menyandang status GEOPARK, Danau Toba makin kian terkenal dan menjadi incaran teman-teman yang sangat-sangat ingin melakukan kunjungan wisata yang tidak melulu hanya berpatokan pada Bali saja. 

Jamak penulis temukan para turis-turis mancanegara mulai melirik Danau Toba dan mencari informasi mengenai Danau Toba kepada penduduk sekitar. 

Dan hal ini menjadi nilai jual baru yang amat dan sangat berpeluang untuk masyarakat sekitar kembangkan. 

Dan untuk seorang backpacker/pelancong dengan modal pas-pasan, penulis sibatakjalanjalan.com akan membagikan beberapa tips yang umum penulis temui pada tempat-tempat destinasi wisata dimana cukup ampuh diterapkan dan menjadi andalan sibatakjalanjalan.com .

Berikut beberapa  tipsnya :
    1. Cari referensi dari Internet dan Media Cetak 
    2. Hubungi sanak-saudara, teman dan keluarga 
    3. Miliki persediaan uang, baju, kendaraan, makanan hingga peralatan masak 
    4. Malu bertanya sesat dijalan 
    5. Berikan tips dan tinggalkan hal baik

    1.       Cari referensi dari Internet dan Media Cetak


papan bertuliskan becurious


Sebelum melakukan perjalanan baik dekat maupun jauh, sangat dan penting penulis sibatakjalanjalan.com ingatkan untuk selalu menyediakan informasi dan referensi mengenai tempat-tempat yang akan dan segera teman-teman kunjungi nantinya. 

Baik melalui media online, media cetak dan hal-hal lain yang berhubungan dengan informasi yang dapat dipercaya/valid .  

Selain karena informasi ini akan menambah wawasan teman-teman nantinya. 

Informasi ini juga sangat berguna apabila teman-teman mempersiapkan hal-hal yang diperlukan nantinya di perjalanan menuju tempat destinasi wisata yang akan teman-teman tuju. 



    2.      Hubungi sanak-saudara, teman dan keluarga. Dan simpan nomor penting 


menghubungi saudara

Sangat dianjurkan dan memang teman-teman pembaca sibatakjalanjalan.com harus lakukan mengenai untuk menghubungi teman, sanak-saudara dan keluarga yang berada di destinasi wisata nantinya. 

Nomor-nomor telepon yang dapat dihubungi ini dapat juga berupa nomor-nomor darurat maupun pusat bantuan

Hal ini sangat berguna dan dapat diandalkan apabila teman-teman nanti akan menghadapi masalah atau kejadian yang tidak diinginkan di tempat destinasi wisata yang dituju nantinya.


    3.      Miliki persediaan uang, baju, kendaraan, makanan hingga peralatan masak


uang dollar


Memiliki uang persedian baik dalam bentuk uang tunai dan dalam rekening bank merupakan hal baik dan dapat diterapkan dalam rencana perjalanan wisata nanti. 

Selain untuk uang persediaan, teman-teman juga harus memiliki persediaan pakaian ganti terutama apabila destinasi wisata yang sedang dan akan teman-teman kunjungi merupakan daerah wisata tropis, dimana akan lebih lembab dan curah hujan yang lebih tinggi. 

Untuk uang tunai/cash yang penulis sibatakjalanjalan.com sarankan adalah untuk teman-teman miliki sekitar 1juta untuk 1 hari 1 malam di perjalanan. Dan 1 pasang baju untuk persedian 1 hari 1 malam

Untuk kendaraan pribadi, memang hal ini cukup membuat teman-teman akan berhemat nantinya diperjalanan. 

Selain karena biaya kendaraan yang bisa teman-teman atur ada pula hal lain seperti tempat persinggahan dan tempat-tempat destinasi wisata yang tidak terjangkau oleh angkutan umum. 

Hal ini sangat sering terjadi dengan daerah destinasi wisata yang belum terjamah/belum banyak orang ditempat tersebut untuk berkunjung atau bahkan bermukim.


Dan berikut 5 tips tambahan dari sibatakjalanjalan.com sebelum memulai perjalanan wisata dengan menggunakan kendaraan pribadi :

kendaraan mobil sport merah

  1. Lakukan pengecekan kendaraan ditempat bengkel resmi untuk pabrik kedaraan anda.
  2. Kenali dan sediakan peralatan cadangan untuk bagian-bagian yang mudah rusak dan harus diganti.
  3. Miliki persediaan Bahan Bakar Minyak/BBM untuk destinasi wisata yang sulit dijangkau dan belum banyak penduduknya.
  4. Jangan terlalu banyak membawa beban terutama beban berat dan tidak terlalu penting.
  5. Tahu untuk kapan mengistirahatkan mesin dan jarak tempuh yang akan dicapai dengan kendaraan, terutama kemampuan pada jalur menanjak dan terjal.

Jika teman-teman sudah mempersiapkannya akan sangat baik dan sangat berguna untuk menekan biaya serta mencapai pengeluaran lebih MURAH daripada harus dengan kendaraan umum.


    4.      Malu bertanya sesat dijalan


arah jalan

Tidak ada yang lebih mengesalkan daripada tersesat jauh dari tempat dimana kita harus mencapai tujuan destinasi wisata. 

Pastinya akan sangat lebih-lebih mengesalkan pada saat teman-teman hendak bermain air ke Danau Toba, Labuhan Baju atau Bali dan malah menemukan tempat gersang dan kering. 

Pasti sangat-sangat diluar ekspektasi dan akan lebih banyak mengeluarkan tenaga. Bisa jadi, perjalanan teman-teman kali ini akan gagal atau GATOT, Gagal Total. 

Maka untuk itu akan sangat lebih baik apabila teman-teman mempersiapkan informasi dahulu dan pada saat merasa kebingungan, tidak ada salahnya untuk teman-teman mulai bertanya dan mencari jawaban kepada orang-orang sekitar. 

Bisa jadi teman-teman sudah jauh tersesat atau mungkin nama tempat yang teman-teman kunjungi berbeda dengan tempat yang teman-teman maksudkan. 

Jadi, slogan “Malu bertanya sesat dijalan” tentu sangat benar dan dapat dijadikan panduan dan harap bertanya dengan sopan ya teman-teman nantinya.


    5.      Berikan tips dan tinggalkan hal baik


mesin ketik dan kertas bertuliskan sharing

Tidak ada yang lebih menyenangkan apabila teman-teman dapat benar-benar menikmati liburan seperti yang diharapkan atau yang lebih hebatnya lagi apabila lebih daripada ekspektasi. 

Untuk itu, tidak ada salahnya teman-teman menyampaikan ulasan yang baik dan mengirim hal-hal baik serta tips dan trik bagaimana teman-teman akhirnya dengan baik sampai pada tempat tersebut. 

Selain memberikan tips, ulasan dan komentar yang positif akan membantu teman-teman yang lain untuk berkunjung kembali ke tempat teman-teman yang anda kunjungi.  Hal ini akan menjadi moment/kenangan yang dapat teman ingat nantinya di hari depan. 

Bisa jadi suatu saat nanti teman-teman pembaca dapat kembali ke tempat tersebut.  

Sehingga kenangan dan momentnya akan lebih jelas dan memberikan kesan tersendiri. 

Sekian, tulisan sibatakjalanjalan.com kali ini. 

Semoga informasi yang penulis sampaikan berguna dan dapat digunakan dikemudian hari sebagai informasi perjalanan wisata yang berguna bagi kita semua.

Posting Komentar

0 Komentar