Tips Memulai Study Tour Dan Perjalanan Wisata

Tips Memulai Study Tour Dan Perjalanan Wisata

Study Tour Perjalanan Wisata


Study Tour

Hallo teman-teman pembaca www.sibatakjalanjalan.com yang setia dan selalu hadir untuk membaca artikel dari sibatakjalanjalan.com, kali ini penulis sibatakjalanjalan.com akan membagikan kepada teman-teman sekalian mengenai beberapa tips yang dapat teman-teman terapkan dalam memulai perjalanan teman-teman nantinya pada saat study tour

Study Tour sendiri merupakan suatu kegiatan yang dilakukan dengan cara berkunjung dan melihat hal-hal yang ditujukan untuk diteliti, dilihat dan dicari informasinya bersama kelompok, teman atau organisasi. 

Dan study tour yang baik merupakan study tour yang dimulai dengan perencanaan yang baik dan matang, sehingga apa yang direncanakan dan akan hendak dilakukan dapat terjadwal dan dilakukan dengan baik.

orang yang berbahagia


Lalu study tour yang yang baik dan benar itu bagaimana sih ? Dibawah ini ada beberapa tips dan trik yang harus teman-teman terapkan sebelum memulai study tour :

    1. Mempersiapkan dan melengkapi informasi diri
    2. Memiliki alasan dan tujuan yang tepat
    3. Mengetahui dan memiliki informasi tempat yang dituju
    4. Memiliki nomor keluarga, sanak-saudara dan teman yang dapat dihubungi
    5. Memiliki cadangan uang dan pakaian

Penjelasannya dapat teman-teman baca dibawah ini :

    1.       Mempersiapkan dan melengkapi informasi diri


buku passport dan boarding pass


Mempersiapkan dan melengkapi informasi diri dapat berupa kartu identitas sekolah, KTP/Kartu Tanda Penduduk. 

Mengapa memiliki informasi diri dan melengkapi diri dengan informasi penting bagi teman-teman yang sedang study tour ? 

Karena kartu identitas sekolah atau KTP dapat teman-teman gunakan sebagai alat verifikasi diri sebagai warga Negara Indonesia yang baik dan benar. 

Dan beberapa hal lain di luar dugaan dapat membantu teman-teman mendapat pertolongan lebih cepat dan baik apabila dapat mengatakan dan menjelaskan diri teman-teman saat sedang berada di luar daerah atau saat terjadi hal yang tidak diinginkan, seperti kecelakaan. 

Tidak jarang juga teman-teman pembaca sibatakjalanjalan.com, bahwa KTP/Kartu Tanda Penduduk yang kita gunakan nantinya dapat sebagai alat ‘diskon’ atau potongan harga.  Ya, betul, potongan harga

Beberapa tempat wisata yang penulis sibatakjalanjalan.com temui bahkan ada yang member potongan harga penuh untuk wisatawan domestik/Indonesia pada hari-hari besar. 

Dan tidak hanya untuk akses tempat wisata, ada beberapa perusahaan transportasi dalam negeri yang menerapkan hal ini pada hari-hari perayaan kemerdekaan dan hari-hari khusus lainnya. 

Jadi jangan sampai tertinggal dan lupa membawa kartu tanda pengenal atau KTP anda ya teman-teman.


    2.      Memiliki alasan dan tujuan yang tepat


peta dan kamera


Ya, penting untuk teman-teman benar-benar paham apa yang akan teman-teman lakukan saat melakukan study tour dan destinasi tujuan anda saat berjalan-jalan terutama saat pergi ke luar daerah, atau bahkan berada di luar pulau atau Negara teman-teman sekalian. 

Karena daerah ini berada di luar pulau dan atau di luar negeri maka tidak jarang teman-teman akan bingung atau tersesat di tempat dengan suasana berbeda dan tempat berbeda ini, tentunya. 

Dengan teman-teman menyatakan alasan dan tujuan teman-teman kepada orang lain, mungkin orang lain dapat member informasi jalan, tempat-tempat lain yang dapat teman-teman kunjungi hingga pada bantuan yang secara sukarela dilakukan oleh orang lain untuk teman-teman sekalian.


    3.      Mengetahui dan memiliki informasi tempat yang dituju


mencari informasi di internet


Penulis rasa tidak ada yang paling mengesalkan daripada berkunjung ke suatu tempat namun akhirnya mengetahui bahwa tempat tersebut tutup dan atau ada beberapa hal yang harus anda lakukan sebelum dan tidak boleh berkunjung ke tempat tersebut. 

Pernahkah teman-teman pembaca sibatakjalanjalan merasakan dan mendapati hal tersebut ? semoga saja tidak ya teman-teman. 

Di masa pandemi covid19, ada beberapa dan hamper semua tempat destinasi wisata yang tutup dan tidak dapat dikunjungi bersama teman atau keluarga yang padahal kita sudah jauh-jauh dari daerah asal hanya untuk melihat dan menikmati suasana liburan bersama keluarga dan sanak saudara sekalian. 

Namun apa daya, nasib telah menjadi bubur dan kita merasakan ‘zonk’ . Untuk menghindari hal ini maka teman-teman penting untuk mengetahui mengenai informasi destinasi wisata yang hendak teman-teman kunjungi nantinya dan peraturan-peraturan yang berlaku pada daerah tersebut. 

Seperti contohnya mencari informasi di mesin pencari google dan atau dengan langsung bertanya pada teman, keluarga, atau sanak-saudara yang berada di wilayah sekitar destinasi wisata dan mencari informasi detailnya. 

Sehingga peraturan seperti memakai masker dan selalu menyediakan alat kebersihan seperti handsanitizer dan sabun cuci tangan selalu dalam tas dan peralatan teman-teman. 

Kebersihan teman-teman dan juga sikap sigap kita saling melindungi ini akan membawa perubahan baik dan tentu juga memberikan kesan bahwa kita peduli dengan sesama dan ingin saling menjaga. 

Agar terhindar segala penyakit dan tidak menyebarkan wabah covid19 semakin melebar, sehingga rantai penyakit dapat terputus dan kita bersama dapat selamat.


    4.      Memiliki nomor keluarga, sanak-saudara dan teman yang dapat dihubungi


berpelukan bertemu dengan keluarga


Penting untuk teman-teman pembaca sibatakjalanjalan.com untuk memiliki informasi mengenai nomor handphone yang dapat dihubungi seperti nomor telepon dari keluarga, sanak saudara dan juga teman-teman yang berada di sekitar wilayah destinasi wisata yang hendak teman-teman kunjungi nantinya. 

Dan tentu juga tidak jarang bahwa informasi dari keluarga, sanak saudara dan teman-teman tersebut merupakan informasi yang jarang dapat kita temui di internet atau merupakan informasi terbaru dan dapat divalidasi kebenarannya. 

Memiliki nomor keluarga, sanak saudara dan teman juga akan sangat-sangat berguna apabila kita sedang berada dalam masalah dan sangat-sangat membutuhkan bantuan segera. 

Dengan menghubungi keluarga, sanak saudara dan teman akan setidaknya dapat membantu dan memberikan referensi jalan keluar dari masalah yang sedang kita hadapi di wilayah destinasi wisata pada saat melakukan study tour nantinya.


Berikut beberapa nomor-nomor darurat untuk seluruh daerah di seluruh Indonesia

    1. Nomor telepon  Ambulans : 118 dan 119
    2. Nomor telepon  Polisi : 110 
    3. Nomor telepon  Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan : 115
    4. Nomor telepon  Bencana Alam : 129
    5. Nomor telepon  Perusahaan Listrik Negara/PLN : 123
    6. Nomor telepon  Pemadam Kebakaran : 113 dan 1131
    7. Nomor telepon  satelit dan seluler : 112
    8. Nomor telepon  Keracunan : (021)4250767
    9. Nomor telepon  Pencegahan Bunuh Diri : (021)7256526, (021)7257826 dan (021)7221810.
    10. Nomor telepon  Konseling masalah kejiwaan Direktorat Pelayanan Kesehatan Jiwa Kemenkes RI : Hotline 500-454.


Alasan kenapa teman-teman harus menyimpan nomor darurat saat berwisata

Nomor darurat di Indonesia tidak hanya berpusat di satu saluran saja, akan lebih baik memiliki nomor darurat untuk daerah tertentu, terutama pada destinasi wisata yang sedang teman-teman sibatakjalanjalan.com kunjungi. 

Dari sekian nomor darurat yang penulis sibatakjalanjalan.com lampirkan selalu ada satu nomor yang memang harus teman-teman ingat, yaitu nomor darurat dari Nomor telepon  Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan : 115 . 

Jika di luar negeri, nomor ini sama pentingnya dengan nomor telepon 911.


    5.      Memiliki cadangan uang dan pakaian


tanaman dan uang


Memiliki uang tunai di kantong dan dompet memang baik, terlebih apabila mesin Anjungan Tunai Mandiri/ATM berada jauh dari tempat-tempat destinasi wisata dari study tour yang sedang kita bersama lakukan dengan teman-teman yang lainnya. 

Namun saran dari penulis sibatakjalanjalan.com untuk teman-teman pembaca sekalian adalah bahwa jangan membawa terlalu banyak uang tunai dalam dompet atau saku celana teman-teman sekalian. 

Selain karena memiliki peluang untuk kehilangan lebih, adapula hal-hal seperti keteledoran dari pribadi kita sendiri. 

Mungkin lupa baru saja menaruh dimana dan mengapa uang tersebut tidak berada di kantung maupun dompet dari teman-teman pembaca sibatakjalanjalan.com . 

Idealnya teman-teman dapat mengantungi uang 500-1juta rupiah untuk perjalanan sehari-semalam. 

Dan untuk pakaian, teman-teman juga harus sudah mempersiapkan untuk daerah-daerah tropis seperti jaket dan minyak angin. 

Agar senantiasa sehat dijalan dan dapat melanjutkan perjalanan nantinya di kemudian hari. 

Tetap semangat ya teman-teman sibatakjalanjalan.com dan jangan lupa selalu utamakan kesehatan dan keselamatan. 

Terutama di masa #pandemicovid19

Demikian artikel sibatakjalanjalan.com kali ini tentang Tips dan trik saat melakukan kunjungan wisata study tour ke destinasi wisata yang berada di luar wilayah teman-teman sekalian.

Posting Komentar

0 Komentar